5 Hero Terlemah & Terburuk Untuk Ranked (Draft) Mobile Legends


Pada tips Mobile Legends kali ini ane akan membahas hero-hero yang jelek dan sebaiknya kita hindari dalam permainan terutama saat ranked apalagi sendirian (solo queue), menurut ane hero-hero ini adalah hero terlemah (underpowered) dan terburuk serta tidak memiliki kontribusi yang berarti dalam pertarungan.

Inilah daftar 5 hero terlemah dan terburuk baik dalam mode ranked maupun classic di Mobile Legends, yaitu:

1. Estes

hero estes mobile legendsDulu Estes adalah salah satu hero paling ngeselin dan sering di ban pada draft pick, pada saat itu item Deadly Blade (item yang punya efek mengurangi healing 50%) hanya bisa di trigger lewat basic attack dan belum banyak player yang tahu bagaimana cara menghadapi Estes. Skill 1 & 3 nya punya efek heal yang luar biasa, skill 2 nya punya efek slow area yang sangat menyebalkan ditambah skill pasifnya lumayan sakit pada early game/awal permainan.


Namun sayang pada update-update berikutnya item Deadly Blade diubah menjadi bisa mentrigger efek reduce healnya melalui basic attack & skill, belum lagi ditambah munculnya item Necklace of Durance (Deadly Blade untuk mage) yang membuat Estes betul-betul terlupakan dan menjadi hero sampah. Bahkan pada season 6 ini ane ga pernah sekalipun menemukan Estes dipermainan (Classic/Ranked), namun Estes masih sering muncul pada Brawl Mode dan hero ini memang salah satu hero terbagus untuk dimainkan pada mode Brawl.

Apa yang bikin jelek?

Sudah banyak player yang tahu cara menangkal Estes (tinggal build Deadly Blade / Necklace of Durance) sehingga saat ini Rafaela masih menjadi pilihan support yang lebih baik ketimbang Estes.

2. Bane

hero bane mobile legendsBane bisa dikatakan sebagai salah satu hero pusher (push turret) terbaik dalam game ini, terutama dalam mode Brawl, Bane adalah king of Brawl (rajanya Brawl mode), karena bisa push turret dengan ultinya termasuk memberikan heal pada 1 tim dimana pada Brawl mode skill healing sangatlah penting.

Namun sayang jika dipakai pada mode biasa (Classic/Ranked) Bane tidaklah begitu bagus karena hero ini sangat lembek dan tidak memiliki damage yang tinggi, skill ultinya sangat mudah dihindari (hanya bagus untuk push turret), skill 1 dan basic attacknya cenderung lemah, kalaupun di build sebagai tank atau semi-tank juga masih sangat lembek, terlebih Bane adalah satu-satunya fighter yang tidak memiliki skill dash/escape apapun jadi sangat sulit digunakan untuk kabur saat kena gang termasuk mengejar musuh yang sedang kabur.

Apa yang bikin jelek?

Hero ini lembek, tidak punya serangan yang sakit, tidak memiliki skill dash/escape apapun (seperti Layla/Gord), satu-satunya yang bagus hanya ultinya bisa digunakan untuk menyerang turret.

Note: Developer ML sedang menyiapkan update baru untuk hero yang satu ini (Bane rework), jadi kemungkinan besar Bane akan dirombak ulang baik dari penampilan maupun skill-skillnya, semoga saja nantinya hero ini menjadi lebih baik.

3. Vexana

hero vexana mobile legendsBanyak player yang hype pada awal kemunculan Vexana karena melihat damage dari skill 2 nya, bahkan di forum saja banyak yang minta Vexana di nerf, tapi kemana ia sekarang? Ane sendiri jarang sekali menemukan Vexana dalam permainan karena memang hero ini sebenarnya lemah (weak), ia tidak memiliki skill kabur/escape yang baik, tidak memiliki kemampuan untuk mengejar lawan, range skill 1 nya cenderung pendek dan skill 2 nya sangat mudah dihindari. Skill ultinya hanya bagus digunakan pada lawan yang sekarat, itupun sering gagal kalau lawannya punya lifesteal untuk mencegah darahnya habis saat terkena ulti Vexana.

Apa yang bikin jelek?

Skill 1 dan skill 2 nya cenderung lambat dan sangat mudah dihindari, walau damagenya besar tapi apa gunanya kalau tidak mengenai musuh, belum lagi cooldown dan pemakaian mananya sangat besar (boros mana), ultinya juga kurang begitu efektif, hanya bisa digunakan sebagai finisher musuh yang betul-betul sekarat, selain itu Vexana adalah hero mage yang sangat lelet dan mudah di gank seperti Gord.

4. Alpha

hero alpha mobile legendsAlpha walau damage dan skillnya sudah di buff berkali-kali namun hero ini tetap saja lemah karena hero ini terlalu lembek untuk role fighter dan sangat bergantung pada skill. Jika dibandingkan dengan fighter seperti Zilong, Roger, Freya, dan Alucard, basic attack Alpha sama sekali tidak kompeten, ditambah lagi hero ini masih saja lembek walau sudah di build semi-tank, satu-satunya yang bagus dari hero ini hanya efek stun ultimate dan true damage dari skill pasifnya.

Apa yang bikin jelek?

Hero ini gampang sekali mati apalagi dalam tim war, kapabilitasnya sebagai fighter perlu dipertanyakan karena basic attacknya tidak bisa diandalkan terlebih efek lifesteal skill 2 nya sama sekali tidak ada artinya dalam pertarungan (biasa hanya sempat dipakai sekali dalam clash/war setelah itu tewas). Intinya Alpha perlu sedikit kemampuan untuk survive dalam fight entah di buff pada defense atau kemampuan lifestealnya.

5. Sun

hero sun mobile legendsSudah pasti kalau bicara soal hero terlemah/terburuk kurang lengkap rasanya kalau tidak ada Sun. Hero ini memang sejak dulu sudah terkenal dengan jargon “weak” & “underpowered”, walaupun sudah di buff juga masih kurang OP jika dibandingkan dengan hero-hero meta sekarang. Clone Sun tidak memiliki kontribusi yang berarti (namanya juga AI) terlebih musuh malah mendapatkan gold/exp saat membunuh clone Sun (malah jadi feeder).

Apa yang bikin jelek?

Damagenya sangat kecil (kecuali saat ulti) dan skill clonenya sangat mudah dihindari/diatasi, hero ini sama seperti Bane, hanya bagus sebagai pusher/push turret selebihnya tidak memiliki manfaat dalam fight/war, bahkan terakhir ane lihat top 1 global Sun aja winrate nya cuma 64% sedangkan top global 2 & 3 nya WR Sun nya cuma 50-55%.

Top global player Sun juga jarang memakai hero ini di ranked mode, jadi sebaiknya menghindari untuk menggunakan hero ini saat ranked apalagi solo rank, kecuali kalau kamu bisa menemukan kombinasi yang pas dengan tim kamu mungkin itu lain cerita.



Itulah 5 hero terlemah dan terburuk versi ane, selain itu ada beberpa hero fighter yang juga jadi cenderung weak pada mage meta sekarang (season 6) seperti:

  • Alucard (fighter yang lembek dan sangat lemah pada CC apalagi di mage meta sekarang)
  • Ruby (hero yang bergantung pada kerja sama tim, sangat tidak disarankan main solo dengan hero ini)
  • Bahkan Freya pun jarang kita temukan pada permainan karena kurang bagus untuk melawan mage meta sekarang.

Tentu semua hero-hero yang sudah ane sebutkan diatas dipilih berdasarkan pengalaman dan preferensi ane pribadi, jadi kembali lagi kepada siapa yang main dan seberapa jago kita menguasai hero yang dimainkan.

Baca juga: 5 hero terkuat dan terbaik Mobile Legends

Ga usah pesimis kalau hero jagoan kamu disebutkan diatas, karena balik lagi tergantung pada siapa playernya dan cara mainnya. Selain itu hero-hero lemah diatas juga bisa menjadi OP jika kita tahu bagaimana cara mengkombinasikannya dengan hero yang lain, contoh seperti duet antara Bane dan Minotaur sangat bagus untuk push turret pada early game.

Jadi bagaimana, apa hero favoritmu ada diatas? Siapa hero terlemah/terburuk menurut kamu?


Related Posts: