5 Hero Terkuat & Terbaik Untuk Solo Ranked (Draft) Mobile Legends


Pada tips Mobile Legends kali ini ane akan membahas hero-hero yang bagus untuk kita gunakan terutama saat ranked sendirian (draft mode), salah satu penyebab kita sering kalah di ranked selain tim yang jelek adalah karena kita memilih hero yang lemah dan tidak memiliki kontribusi terhadap tim. Note: tips ini khusus untuk player draft pick (rank Epic ++), jadi ane akan bahas satu persatu hero-hero terkuat/terbaik yang harus kita kuasai termasuk hero-hero lemah yang sebaiknya dihindari.

Beberapa hero yang sebaiknya kita hindari/jangan gunakan pada draft mode yaitu:

  • Sun
  • Alucard
  • Alpha
  • Ruby
  • Layla
  • Estes

Mungkin beberapa dari kalian ada yang kurang setuju dengan list diatas, namun biarkan ane memberikan sedikit penjelasan, pertama ini kondisinya adalah solo queue (main sendirian bukan sama temen/squad) sehingga sudah dipastikan kerja sama akan ala kadarnya.

Sun & Alpha sudah ane jelaskan sebelumnya kalau hero ini memang “weak” secara overall, walaupun sudah di buff pada update terakhir namun masih kurang OP jika dibandingkan dengan Argus, Karrie, Karina, dll. Clone Sun walau sudah di buff tetap hampir tidak ada gunanya (namanya juga AI) terlebih musuh malah mendapatkan gold/exp saat membunuh clone Sun (malah jadi feeder), Alpha juga walau damagenya sudah di buff namun hero ini sangat lembek dan sangat bergantung pada skill.


Alucard mungkin banyak player yang suka, tapi ane sendiri jarang sekali bahkan tidak pernah menemukan Alucard di pick pada draft mode, alasannya karena hero ini sangat lembek dan bergantung pada tanker. Ingat ini solo queue, belum tentu tanker tim kita bisa berkoordinasi saat kita melakukan engage, walaupun lifesteal Alucard itu besar tapi jika hero ini terkena stun/disable sebentar saja maka sudah dipastikan ia akan mati. “Kan bisa pakai spell Purify?”, ya benar tapi masalahnya seberapa sering kita bisa pake Purify? Purify adalah salah satu battle spell dengan cooldown terlama (150 detik), ane sendiri suka pakai Alucard namun ane hanya menggunakannya dalam ranked mode sampai tier GM saja.

Ruby adalah hero kerja sama tim. Ingat Ruby sangat bergantung pada teamwork, sehingga sangat amat tidak disarankan menggunakan hero ini saat solo queue.

Layla hero marksman dengan range terjauh, namun sangat disayangkan tidak memiliki mekanisme pergerakan apapun pada ketiga skillnya. Bandingkan dengan hero marksman lain, Bruno punya skill dash yang cukup jauh, Miya punya ultimate (invicible), Clint & Yi Sun-shin punya skill jumping back, Moskov punya dash + knock back (+stun), hanya Layla yang tidak memiliki mekanisme kabur apapun karena itu hero ini sangat bergantung pada tim untuk membackup dan memastikan kita tetap berada pada range aman, mungkin sebagian orang mengatakan bisa pakai Flicker, namun sama seperti kasus Alucard diatas, seberapa sering kita bisa pakai Flicker? Spell 2 menit sekali apakah bisa memastikan kita tidak akan terciduk apalagi saat bermain dengan tim yang kita ga kenal, beda dengan skill-skill escape marksman lain yang paling cooldownya hanya hitungan detik, Layla adalah pilihan yang buruk jika kita bermain solo ranked dengan orang asing.

Estes bisa dibilang antara hero OP dan sekaligus sampah. OP karena hero ini dulu sering sekali di ban pada draft mode jelas karena healing dan skill slow area nya sangat mengganggu dan damage skill pasifnya juga cukup terasa diawal permainan, sampahnya hero ini adalah sangat mudah diantisipasi dengan item Deadly Blade (item ini berfungsi mengurangi semua efek healing 50% baik itu lifesteal, skill-skill healing, regen, sampai battle spell healing), belum lagi ada juga item serupa untuk mage yaitu Necklace of Durance (RIP Estes), tidak heran sekarang kita jarang sekali melihat Estes dipermainan, keberadaan Estes hanya membuat kondisi tim menjadi 4 vs 5 kalau musuhnya ngerti dan build Deadly Blade. Pada tier Epic – Legend hampir semua player sudah aware dengan hal ini, jadi sebaiknya hindari Estes pada ranked mode.


Sebenarnya ane ingin memasukkan Karrie, Argus, Hayabusa, dan Karina kedalam list hero terkuat/terbaik untuk solo ranked, namun berhubung hero-hero tersebut sering masuk daftar auto ban, kemungkinan besar kita tidak akan bisa menggunakan hero tersebut pada ranked mode, kalo ada yang bertanya kenapa 4 hero diatas sering di ban alasannya karena:

Karrie sudah jelas karena true damage dari skill pasifnya bikin tank ga berkutik sama sekali (tank killer). Namun pada update terakhir hero ini sedikit di nerf pada cooldown skill 2 dan ulti-nya jadi mungkin yang sekarang bakal paling sering di ban adalah Hayabusa dan Argus.

Argus karena skill immortalnya bikin hero ini sangat kuat, namanya juga hero baru pasti dibuat sedikit OP sampai nanti kemungkinan di nerf pada update berikutnya dan jadi sampah. Buat yang masih bingung cara mengcounter Argus, sebenarnya gampang, cukup menjauh atau keluarkan skill stun/disable saat Argus dalam mode ulti (lihat kalau ada keluar sayap segera menjauh dari Argus), jangan dilawan karena cuma akan membuat darah dia semakin banyak saat ultinya selesai (lifesteal 40% 5 detik), fight kembali saat sayapnya hilang, cuma satu masalah sulit untuk mengcounter Argus yaitu saat dive turret dan tim war, karena mau ga mau harus dilawan, saran saya antara kita fokus pukul hero yang lain atau stun/disable/ulur-ulur (kit) si Argus sampai ultinya selesai.

Hayabusa sebenarnya untuk team war kurang begitu bagus dibanding assassin lainnya, karena idealnya hero ini spesialis 1 lawan 1 (Hayabusa adalah hero terkuat untuk 1 by 1), namun pemain Epic keatas sering menggunakan Hayabusa untuk strategi 3-1-1, karena ulti Hayabusa bisa menyapu bersih minion dalam sekejap, jadi tidak ada masalah kalau dia def tower sendirian. Selain itu skill 2 nya sangat bagus untuk poke musuh (walau di update terakhir agak di nerf), ditangan pro player Hayabusa sangat mudah mencuri damage dan kabur dengan bebas begitu saja sepanjang permainan.

Karina jelas karena skill ulti nya yang bisa ke refresh (saat ngekill) dan sering dapat Quadra/Penta kill saat team fight. Yang lebih rese adalah atributnya yang magic (assassin magic) sehingga tanker lawan akan terkena damage yang besar kalau salah-salah build item defense.


Sekarang kita masuk pada 5 hero terkuat dan terbaik untuk solo ranked di Mobile Legends, yaitu:

1. Tank = Chou

tutorial tips cara belajar main chouHero ini sebenarnya cukup sering di ban pada tier Legend – Glorious Legend, Chou menjadi salah satu hero terbaik untuk solo ranked karena dua alasan utama yaitu hero ini kuat melawan semua jenis hero dan juga hero ini kuat disegala phase (OP in early-mid-late game).

Namun memang Chou agak sulit dimainkan oleh player yang masih awam, karena itu kita perlu latihan dulu dan belajar untuk menggunakan hero ini dengan baik. Kalau kamu tertarik dengan hero ini, bisa baca panduan dan tutorialnya dibawah ini.

Baca juga: Tutorial & tips hero Chou

Alternatif tanker selain Chou adalah Minotaur, bisa dibilang Minotaur adalah tanker paling OP saat early game, sehingga tidak heran kita sering melihat Minotaur def tower sendirian (strategi 3-1-1). Skill 1 minotaur punya damage yang besar, ditambah efek healing skill 2, dan CC + damage dari skill ultinya, belum lagi kalau masuk mode rage yang bisa bikin hero ini kayak dewa, karena itu ane sarankan untuk pilih Minotaur sebagai opsi kedua setelah Chou. Terkadang ada juga tim yang menggunakan 2 tanker Minotaur dan Chou untuk kombinasi crowd control dan pertahanan yang lebih baik.

2. Fighter = Roger

hero roger mobile legendsHero ini hampir 11-12 dengan Zilong, mereka berdua punya output basic attack yang sangat besar terutama mereka ini sering menjadi game maker saat late game, namun ane lebih prefer Roger karena dia bisa sekaligus menjadi marksman (human mode), sehingga lebih bisa main aman ketimbang Zilong, ingat kalau main solo ranked kita harus sering-sering bisa menjaga diri karena tim kita belum tentu peduli mau nolong/bantu kita disaat kesusahan.

Ditambah lagi skill 1 nya (mode serigala) punya efek immune sesaat, jadi sangat cocok untuk team war ketimbang Zilong dan Alucard, kenapa? Karena saat open war (team fight) kebanyakan hero yang bakal kena CC (crowd control) adalah tanker dan fighter, dan Roger bisa menghindar menggunakan skill 1 nya, atau kabur menggunakan skill human modenya.

Zilong sebenarnya pilihan yang cukup bagus setelah Roger, namun perlu timing yang tepat dan sedikit bantuan tim untuk memaksimalkan hero ini, saran saya untuk fighter pilih Roger pada draft mode, opsi lainnya pilih Zilong kalau Roger sudah di pick oleh lawan.

3. Assassin = Saber

hero saber mobile legendsAda 2 kelebihan utama Saber yaitu poke skill 1 dan CC + damage pada ultinya. Pertama Saber adalah hero yang paling mudah untuk poke (memberikan damage dari jauh dengan aman), gunakan skill 1 untuk mengurangi darah musuh sedikit demi sedikit dan mengurangi defense armor (efek skill pasif, bisa stack sampai 5x selama 5 detik), lalu gunakan skill ulti pada hero yang lembek seperti marksman/mage dan lawan yang sedang sekarat.

Walau crowd controlnya hanya single target, namun Saber sering menjadi kunci kemenangan saat team war, karena ia bisa membungkam marksman atau burst damager tim lawan dan membuat musuh kehilangan carry-nya dalam sekejap.

4. Mage = Aurora

hero aurora mobile legendsBiasanya ada dilema antara memilih Cyclops atau Aurora sebagai hero terkuat dalam draft pick, saran ane kalau kamu hanya peduli pada burst damage (karena di tim sudah ada hero CC) maka pilih Cyclops, tapi kalau didalam tim tidak ada hero CC yang bisa stun/disable, maka tentu kamu harus pilih Aurora.

Hero ini bakal sangat OP jika menggunakan strategi 3-1-1, dengan kombinasi antara Chou, Minotaur, dan Saber.

Namun berhubung yang kita bahas kali ini adalah solo ranked, Aurora juga masih menjadi pilihan terbaik walau tanpa strategi/kombinasi tim karena crowd control (freeze) dan burst damagenya yang tinggi. Terutama saat tim war Aurora bisa membekukan semua tim lawan dan membawa kemenangan. Tidak heran hero ini bakal sering diperebutkan di draft mode.

5. Marksman = Irithel

hero irithel mobile legendsBisa dibilang Irithel adalah marksman paling ideal untuk solo ranked, karena skill pasifnya yang memungkinkan kita bergerak sambil menyerang, membuat kita sangat mudah kabur/mengejar musuh dan mengamankan posisi diri saat team war.

Walau lemah di early-mid game, namun menurut ane Irithel adalah hero marksman yang paling kuat di late game, karena damage ultinya yang sangat besar dan massal (AOE) sehingga bisa membunuh musuh sekaligus dengan cepat.

Ditambah lagi skill 1 nya sangat bagus untuk war (mengurangi defense) dan skill 2 nya memiliki efek slow tertinggi (80%) sehingga hero lawan tidak akan bisa kabur dari kejaran Irithel.



Itulah 5 hero terkuat dan terbaik untuk solo ranked (versi ane), sebagai penutup inilah rekomendasi prioritas hero yang bakal ane gunakan saat ranked mode sendirian (solo queue):

  • Tank = Chou, Minotaur, Tigreal
  • Fighter = Roger, Zilong, Bane (untuk push turret), Argus (kalau ga di ban)
  • Assassin = Saber, Fanny, Karina, Hayabusa
  • Mage = Aurora, Cyclops, Harley
  • Marksman = Irithel, Karrie, Moskov, Clint

Tentu semua hero-hero yang sudah ane sebutkan diatas dipilih berdasarkan pengalaman dan preferensi ane pribadi, jadi kembali lagi kepada siapa yang main dan seberapa jago kita menguasai hero yang dimainkan.

Ga usah pesimis kalau hero jagoan kamu ga disebutkan diatas, karena balik lagi tergantung siapa playernya dan cara mainnya. Jadi bagaimana, apa hero favoritmu ada diatas? Siapa hero terkuat/terbaik untuk solo ranked menurut kamu?


Related Posts: