3 Hal Positif yang Justru Bahaya Bagi Produktivitas Jika Berlebihan


Produktivitas adalah kunci mencapai kesuksesan dalam karir dan kehidupan yang bahagia, karena saat kita produktif kita tahu bahwa kita melakukan sesuatu yang benar (dijalan yang tepat), kita akan selalu menemukan pekerjaan/kegiatan untuk dilakukan, dan terlebih kita menghemat waktu yang ada untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Kalau kita bicara soal produktivitas biasanya orang akan berkata “work smart” daripada sekedar “work hard”, memang betul kerja cerdas bisa membuahkan hasil yang lebih baik daripada kerja keras semata, namun realitanya bekerja didunia nyata itu lebih kompleks dari teori-teori yang ada. Pada artikel kali ini saya ingin memberikan sedikit tips yang bisa membantu Anda menjadi lebih produktif baik dalam bekerja maupun berbisnis.

Jujur saya sendiri tidak tahu apa yang bisa membuat orang semakin produktif, tapi saya tahu apa yang membuat seseorang menjadi tidak produktif, dengan berhenti melakukan hal tidak produktif tersebut otomatis Anda akan menjadi lebih produktif bukan? Ironisnya adalah hal-hal yang mengurangi produktivitas tersebut sangat erat kaitannya dengan tips-tips produktivitas yang sering kita dengar.

Berikut ini adalah 3 hal positif tentang produktivitas yang justru berbahaya dan bisa membuat Anda jadi tidak produktif jika dilakukan berlebihan:


1. Terlalu banyak kerja

Saya bisa saja bekerja 14 jam sehari, 7 hari seminggu, namun apakah itu berguna?

Saya pernah mencoba ngeblog full-time 14 jam setiap hari, dan apa yang terjadi?

terlalu banyak bekerja tidak baik

Dihari ketiga otak saya buntu (pusing), saya malah tidak bisa menulis apapun dalam beberapa hari kedepan, sehingga saya sadar ini bukan hal yang baik terutama jika Anda bekerja dibidang kreatif.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak bisa dipaksakan dengan jumlah jam kerja atau deadline, memang bagus memiliki target dan disiplin untuk mencapainya, tapi apa yang jauh lebih penting dalam bekerja terutama bisnis adalah kesabaran.

Tidak ada kesuksesan apapun yang bisa dicapai dalam semalam, terburu-buru dan memaksakan diri dengan jadwal yang padat hanya akan membunuh Anda diperjalanan, apalagi kalau target Anda mulai tidak realistis atau tidak masuk akal, yang ada hanya akan membuat Anda semakin stres dan frustasi.

Dalam bekerja apa yang jauh lebih penting adalah menikmati proses dan perjalanannya, bahkan terkadang saya tidak terlalu peduli soal hasil karena saya tahu saya akan mendapat hasil yang terbaik selama saya fokus mengerjakan apa yang saya lakukan dan menjalani proses yang ada dengan senang hati.

2. Terlalu banyak mikir

Berpikir itu bagus, work smart itu bagus, tapi kebanyakan mikir tidak akan pernah menyelesaikan apapun, yang terjadi adalah Anda akan semakin khawatir dan ketakutan jika terlalu banyak berpikir.

Contohnya orang yang mau mulai bisnis akhirnya malah ga pernah memulai bisnisnya sendiri karena kebanyakan mikir. Kuncinya adalah jangan kebanyakan mikir, jangan terlalu khawatir, jangan suka membanding-bandingkan bagaimana kalau saya … atau saya ngelakuin …, cukup lakukan apa yang menurut Anda berguna dan produktif sekarang juga.

Baca juga: Cara mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup ini

3. Terlalu banyak informasi

Being well informed of the news used to be desirable. Now it’s practically a disease.

Dijaman dulu mendapatkan berita dan informasi adalah hal yang baik, namun sekarang ini malah menjadi sebuah penyakit. Terlalu banyak informasi yang simpang siur (hoax) terlebih informasi palsu yang bisa menyesatkan akan membuat kita semakin bingung dalam mengambil keputusan.

Saran saya carilah informasi secukupnya saja yang berguna untuk produktivitas Anda melalui blog dan website yang terpercaya, lebih baik gunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi karena infonya lebih akurat dan relevan ketimbang Anda mencari via sosial media terutama Facebook dimana banyak konten-konten clickbait/miss leading bertebaran disana.

Kekurangan informasi membuat Anda tidak tahu harus mulai darimana, terlalu banyak informasi juga membuat Anda bingung harus memulai darimana, jadi gunakanlah informasi secukupnya yang sudah Anda ketahui sekarang juga, seiring berjalannya waktu barulah Anda bisa mencari-cari lagi sedikit demi sedikit informasi lain yang ada.



Itulah 3 hal positif yang tidak boleh dilakukan berlebihan untuk menjaga produktivitas Anda, jangan terlalu banyak bekerja, jangan terlalu banyak mikir, dan jangan terlalu banyak mencari informasi, sibuklah dengan apa yang betul-betul penting untuk Anda, jangan terganggu oleh berbagai informasi, gosip, notifikasi, dan apapun yang ada diluar sana, gangguan akan selalu ada, karena itu dijaman sekarang apa yang paling penting adalah fokus dan perhatian Anda.

Fokuslah menjalani kehidupan Anda sendiri, bekerjalah sebaik mungkin, jangan lupa istirahat (jangan berlebihan bekerja), dan selalu syukuri proses dan perjalanan hidup Anda.


Related Posts: