Enaknya Hidup & Tinggal di Indonesia (Why We Happy So Much)


Berbagai lembaga survey dunia menunjukan bahwa Indonesia adalah negara yang masyarakatnya sangat bahagia terlepas dari angka kemiskinan yang tinggi dan rendahnya kualitas pendidikan yang ada. Bahkan bisa dikatakan Indonesia adalah salah satu negara yang paling bahagia di dunia, memang apa sih enaknya hidup dan tinggal di Indonesia? Tentu ada sebabnya bukan kita sangat bahagia tinggal disini (why we happy so much)?

Inilah beberapa alasan kenapa kita sangat bahagia tinggal dinegeri tercinta tanah air Indonesia:

1. Makanan-makanan terenak didunia ada disini

makanan khas indonesiaRendang, nasi goreng dan sate adalah beberapa makanan khas Indonesia yang masuk kedalam daftar makanan terenak didunia, sudah banyak turis dari mancanegara yang mengakui bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan destinasi kuliner ternikmat yang pernah ada diseluruh dunia.


2. Kaya akan kreativitas dan pilihan alternatif

Bisa dikatakan apapun di Indonesia ada alternatifnya, mulai dari pengobatan sampai jalan alternatif. Walaupun banyak juga alternatif-alternatif yang sesat mulai dari dukun sampai pengganda uang, tapi itu semua menandakan bahwa orang Indonesia itu kreatif dan penuh inisiatif yang luar biasa dengan segala keterbatasannya.

3. Pemandangan alam yang sangat indah

pemandangan indah indonesiaSebagai negara kepulauan beriklim tropis Indonesia memiliki pemandangan matahari baik terbit dan tenggelam yang paling indah di dunia. Banyaknya pegunungan, pantai, dan ribuan pulau dengan keindahan dan ciri khasnya masing-masing. Baik pedesaan maupun perkotaan memiliki keindahannya sendiri-sendiri, banyaknya candi-candi dan bangunan bersejarah lainnya memiliki kesan yang sangat unik untuk masyarakat Indonesia termasuk para turis yang berdatangan dari luar.

4. Biaya hidup yang sangat rendah

Memang Indonesia adalah negara yang miskin (kurang maju) jika dibandingkan negara-negara seperti Eropa dan Amerika, namun biaya hidup (cost of living) disini juga tidak terlalu tinggi, adanya makanan murah seperti Indomie dan warung pinggir jalan betul-betul sangat menghemat pengeluaran hidup kita sehari-hari, pada akhirnya bukan masalah seberapa banyak uang yang kita miliki melainkan kualitas hidup seperti apa yang bisa kita bangun dengan uang-uang tersebut.

5. Kentalnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan

rasa kebersamaan dan kekeluargaanMengapa siswa-siswa di Indonesia adalah yang paling bahagia walau kualitas nilai/pendidikannya tidak baik? Mengapa masyarakat Indonesia bahagia-bahagia saja walaupun penuh kemiskinan? Karena masyarakat kita tidak terlalu peduli masalah uang/kekayaan dan lebih menghargai kedekatan hubungan dengan sesama, khususnya kebersamaan dengan keluarga dan lingkaran sosial yang ada.

Bukan berarti uang itu tidak penting dan tidak bisa membeli kebahagiaan, uang bisa membeli kebahagiaan namun bukan berarti kita tidak bisa bahagia walau tidak memiliki banyak uang bukan? Sebagian dari kita memilih untuk tidak terlalu peduli dengan hal itu dan menekankan pada pentingnya rasa kekeluargaan dan kebersamaan.

6. Orang-orang yang ramah dan penuh senyum 🙂

Khusus hal ini memang relatif, pada akhirnya hal ini kembali pada pribadi masing-masing orang, sebagian orang menganggap masyarakat Indonesia itu cenderung cuek dan gengsian, namun sebagian lainnya (khususnya orang luar negeri) menganggap orang Indonesia itu ramah-ramah dan penuh senyum yang bersahabat. Secara umum bisa dikatakan rakyat Indonesia itu memang murah senyum dan rendah hati.

7. Kaya akan kultur kebudayaan

beragam suku budaya ciri khas unikTidak hanya memiliki ribuan pulau, Indonesia juga memiliki berbagai suku, ras, bahasa, agama, dan budaya yang masing-masing memiliki sejarah dan kulturnya (ritual) sendiri-sendiri. Inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang sangat indah, terlepas dari banyaknya perbedaan kita semua tetaplah satu Indonesia. Semboyan negara yang sangat pas menggambarkan Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika” walaupun berbeda-beda namun tetap satu, kita semua memiliki kebangaan atas asal-usul sejarah dan identitas ras/suku budaya kita, namun yang jauh lebih penting kita semua bangga menjadi bagian dari satu kesatuan Republik Indonesia.

8. Dunia hiburan yang penuh misteri, hoax, dan mitos yang konyol (khususnya televisi)

Ada orang kesurupan di TV, alay-alay yang kena hipnotis, ramalan-ramalan goib mulai dari zodiak, golongan darah, tanggal lahir, feng shui, karakter berdasarkan garis tangan, drama politik dan settingan gosip artis, intinya adalah media di Indonesia tidak akan pernah kehabisan kasus kontroversi dan berita heboh untuk mengguncang masyarakat Indonesia.

Hal ini bisa berarti positif maupun negatif tergantung dari sudut pandang mana Anda melihat, namun kita ambil positifnya saja, artinya di Indonesia kita tidak akan pernah kehabisan bahan hiburan, meme (kita semua tahu untuk urusan meme khususnya di sosmed masyarakat Indonesia itu sangat kreatif dan energik), dan guyonan-guyonan lucu tentang kegelisahan yang sedang terjadi dinegeri ini.

9. Masa-masa sekolah dan kuliah yang penuh kenangan

masa kenangan indah di sekolahTidak dapat dipungkiri masa-masa disekolah adalah waktu terindah yang paling memorable sepanjang perjalanan hidup kita, tidak heran Indonesia menjadi negara dengan siswa yang paling bahagia di dunia. Mulai dari bercanda, bermain-main dikelas sampai diomeli guru dan dihukum bersama-sama, serta ribuan hal-hal konyol lainnya yang kita lakukan disekolah bersama teman.

10. Masa depan Indonesia cerah

Melihat perkembangan Indonesia dalam ekonomi, teknologi, pemerintahan dan pendidikan, saya percaya suatu hari Indonesia akan menjadi bangsa yang hebat dan negara maju khususnya ditangan anak-anak muda yang penuh bakat, talenta, dan semangat dalam membangun negeri tercinta ini menjadi lebih baik lagi.



Itulah 10 alasan enaknya kita tinggal di Indonesia.

Terlepas dari enak dan uniknya hidup di Indonesia tentu ada juga hal-hal yang kurang kita suka dan tidak mengenakan seperti masalah macet, banjir, korupsi, drama politik, kontroversi dan semacamnya, Indonesia memang bukan negara yang sempurna namun pastinya kita semua tetap cinta Indonesia dan bersyukur karena telah lahir dan besar dinegeri yang indah ini.


Related Posts: