Cara Merubah Diri Pribadi Menjadi Orang yang Lebih Baik & Menarik


Sebelum merubah orang lain apalagi mengubah dunia, jauh lebih penting merubah diri sendiri terlebih dahulu menjadi pribadi yang lebih baik. Bagaimana cara merubah diri menjadi orang yang lebih baik? Mungkin Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menghibur teman Anda, berusaha membuat orang lain mencintai/menyukai Anda, apapun itu memang membuat orang lain merasa spesial bisa membuat hubungan kita dengan mereka semakin baik dan dengannya memperbaiki diri kita sendiri sebagai makhluk sosial.

Namun terkadang realita tidak berjalan sesuai keinginan Anda, Anda sudah memberikan hadiah namun mereka tidak menghargainya, Anda berusaha mengumpulkan teman-teman untuk bertemu namun mereka sibuk dengan kehidupannya masing-masing, Anda berusaha menyenangkan atasan dan bekerja keras namun tetap tidak diberikan promosi atau kompensasi atas kontribusi Anda.

Menyebalkan bukan? Mengapa orang lain tidak begitu tertarik kepada Anda, apa ada yang salah dengan diri Anda? Apakah ada yang kurang? Mari perbaiki hal itu.

mengubah diri sendiriKita menilai diri sendiri berdasarkan niat kita.


Anda berniat menjadi orang baik, Anda berniat menjadi orang yang menarik, lalu Anda menilai bahwa Anda adalah orang yang baik dan menarik. Salah besar. Mungkin dikepala Anda, Anda merasa Anda adalah orang yang menarik namun dunia tidak melihat Anda seperti itu, kita semua hidup didalam dimensi pribadi kita masing-masing (pikiran kita sendiri) namun hal ini bisa menjebak pemikiran kita bahwa dunia akan turut merespon segala sesuatunya berdasarkan apa yang kita pikirkan.

Sayangnya tidak ada orang yang melihat kita dengan cara demikian, mereka hanya melihat kita dari tindakan/action yang telah kita lakukan, lebih buruk lagi mereka akan berasumsi berdasarkan hal-hal yang telah kita lakukan dimasa lalu, jika masa lalu Anda adalah seorang penjahat, sebagian orang akan berasumsi bahwa sampai kapanpun Anda akan terus melakukan hal-hal yang buruk dimasa depan.

Intinya adalah tidak ada yang peduli dengan niat Anda, mereka menilai Anda berdasarkan tindakan/aksi yang Anda lakukan. Lebih jauh lagi mereka menilai Anda berdasarkan bagaimana Anda bisa mempengaruhi kehidupan dan perasaan diri mereka sendiri.

Seperti itulah cara semua orang menilai, kita sendiri juga dinilai dari hasil akhir (apa yang sudah kita lakukan/berikan untuk orang lain), dan tidak ada orang yang peduli dengan apa yang ada dipikiran kita sekarang.

We judge others by how they make us feel about ourselves.

Jadi Anda ingin menjadi orang yang lebih baik dan menarik? Maka buatlah orang lain menjadi/merasa lebih baik dan menarik.

Inilah cara-cara merubah diri Anda menjadi lebih baik dan menarik dari sebelumnya:

1. Belajar mengapresiasi dan menghargai orang lain

Tidak ada orang yang suka dengan mereka yang cuek dan tidak bisa menghargai orang lain. Kita hidup dijaman sosial media yang penuh dinamika dan interaksi, berhenti sejenak melebih-lebihkan diri Anda sendiri (less is more), berikan apresiasi yang jujur dan murni kepada orang lain, bayangkan komentar/pujian macam apa yang bisa membuat hati Anda berbunga-bunga? Sekarang lakukan hal itu kepada orang lain.

2. Belajar untuk menemukan passion dalam tindakan Anda

Orang akan cenderung bosan dengan mereka yang jenuh (boring) dengan kehidupannya, apapun yang Anda kerjakan lakukanlah dengan penuh suka cita (passionate), atau Anda bisa lakukan berbagai kegiatan sampingan diluar rutinitas sehari-hari, kejarlah passion Anda, ada 2 cara untuk menjalani passion Anda dalam hidup ini:

  • Anda mengerjakan passion dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama (passion yang dibayar)
  • Anda melakukan pekerjaan lain dan dari situ Anda bisa membiayai passion-passion Anda

Memang tidak semua passion bisa menghasilkan uang, namun tidak ada salahnya dengan hidup bekerja/berbisnis diluar passion Anda dan menjadikan passion tersebut sebagai hobi sampingan bahkan membiayai passion tersebut, karena faktanya sebagian passion itu perlu biaya yang tinggi.

Saya sendiri tidak terlalu ambil pusing dengan passion, intinya hidup ini singkat, apakah Anda mau menghabiskan seumur hidup Anda melakukan hal-hal yang tidak Anda sukai?

3. Belajarlah menjadi kreatif

Kejarlah intuisi Anda, penuhi rasa ingin tahu Anda, hidup ini lebih luas daripada sekedar bekerja setiap hari dari jam 8-5 dan mengurus keluarga, saya sangat menyukai 1 quotes legendaris dari Steve Jobs mengenai hidup yaitu:

When you grow up, you tend to get told that the world is the way it is and you’re life is just to live your life inside the world. Try not to bash into the walls too much. Try to have a nice family, have fun, save a little money. That’s a very limited life. Life can be much broader once you discover one simple fact: Everything around you that you call life was made up by people that were no smarter than you and you can change it, you can influence it, you can build your own things that other people can use. Once you learn that, you’ll never be the same again.

Kita sering diajarkan bahwa dunia sudah berjalan seperti itu dan kita hanya perlu hidup menjalaninya dengan baik tanpa harus melawan arus/aturan yang ada, memiliki kehidupan keluarga yang baik, bersenang-senang, dan menabung untuk masa depan. Namun itu adalah kehidupan yang sangat terbatas, hidup ini bisa lebih luas saat Anda menemukan 1 fakta simpel yaitu bahwa semua hal dalam hidup ini diciptakan oleh orang-orang yang sebenarnya tidak lebih pintar dari Anda, dan Anda bisa mengubahnya, Anda bisa mempengaruhinya, Anda bisa membangun karya/ciptaan Anda sendiri dimana orang lain bisa menggunakannya. Begitu Anda paham, maka Anda akan melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Intinya adalah don’t just live, embrace it. Ciptakan kreasi Anda sendiri:

  • Coba buat website Anda sendiri, sekarang membuat website sudah sangat mudah dan murah (bahkan gratis dengan platform seperti WordPress dan Blogspot).
  • Ciptakan sesuatu yang bisa membuat orang lain terkesan, ciptakan sesuatu yang bisa membuat orang lain merasakan (feel) apa yang Anda rasakan, bisa berupa lagu, tarian, gambar, tulisan, apapun itu.
  • Lakukan hal-hal yang memicu adrenalin entah itu olahraga, seni, berpetualang, travelling, dll.
  • Bangun bisnis/usaha kecil-kecilan, kerjakan beberapa projek yang menarik minat Anda, coba ikuti lomba/kompetisi yang ada.

Kenyataannya menjadi kreatif itu tidaklah sesulit yang Anda bayangkan.

4. Jangan jadi orang negatif dan pesimis

Jika Anda membawa rasa pesimis kepada orang lain, jika Anda membuat orang lain merasa lelah, depresi, putus asa, negatif, atau inferior (lemah), tentu mereka tidak akan suka berada didekat Anda. Solusinya adalah jadilah orang yang optimis, cara tersimpel untuk membawa pengaruh positif terhadap orang-orang disekitar Anda adalah dengan berpikir positif dan optimis akan masa depan.

Anda tentu tahu bahwa stupidity is contagious. Kebodohan itu menular, begitu juga dengan sikap positif dan optimis, perasaan/feeling apapun itu sangat mudah dipengaruhi oleh lingkungan, maka dari itu jangan menjadi orang yang selalu membawa dampak/emosi negatif terhadap lingkungan Anda.

Begitu pula disosial media, jangan menebar kebencian, jangan mudah terpengaruh arus dengan panasnya situasi media dan politik dinegeri ini, saat ini mudah sekali menyebarkan kebencian dan emosi negatif di sosmed, Anda tidak perlu menyiram bensin kedalam rumah yang sudah kebakaran.

5. Buat orang lain lebih bahagia dan berguna

Bill Gates pernah berkata: “As we look ahead into the next century, leaders will be those who empower others”, jika Anda bisa membuat orang lain merasa lebih kuat, lebih pintar, lebih percaya diri, lebih bijak, atau lebih dalam hal apapun, tentu mereka akan menyukai Anda.

Kita semua memiliki sesuatu untuk diberikan kepada orang lain, bahkan sesimpel perhatian kita, dan itulah sebenarnya yang orang-orang butuhkan, mereka butuh perhatian Anda.

Jadi hal terpenting dalam membuat diri Anda sendiri menjadi orang yang lebih baik dan menarik adalah dengan membuat orang lain merasa lebih baik dengan diri mereka sendiri. It’s not about you, it’s about the people and someone you care about.


Related Posts: