Cara Merekam Layar Android Untuk Video Gameplay Mobile Legends


Buat kamu yang ingin merekam gameplay Mobile Legends atau mungkin berkeinginan menjadi youtuber gaming tentunya memerlukan sebuah aplikasi dan tools untuk bisa merekam layar smartphone dengan kualitas yang baik dan tidak patah-patah. Pada artikel kali ini ane akan coba berikan tips bagaimana cara merekam layar android supaya kita bisa membuat video untuk game atau keperluan lainnya. Biasanya untuk pengguna android ada 3 aplikasi/tools yang bisa kita manfaatkan untuk merekam layar dengan bagus, yaitu:

  • AZ Screen Recorder
  • Mobizen Screen Recorder
  • Google Play Games

Bagaimana cara merekam layar android tanpa aplikasi atau tools tambahan? Kalau kamu tipe yang malas install aplikasi tambahan, maka kamu bisa gunakan saja Google Play Games dan dari situ kita bisa langsung merekam layar tanpa perlu mendownload aplikasi apapun, jadi langsung saja buka Play Games pada androidmu, pastikan kamu sudah menginstall game Mobile Legends di smartphonemu, lalu akan muncul tampilan seperti berikut:

cara merekam layar android tanpa aplikasi tools

Tinggal tap saja tombol “RECORD GAMEPLAY” dan pilih settingan kualitas yang diinginkan, dengan begini kita bisa dengan mudah merekam layar android tanpa memerlukan tambahan tools atau aplikasi lainnya, saat launch kita akan langsung masuk ke game dan tinggal klik saja lingkaran tools kecil untuk menentukan kapan mulai merekam dan berhenti record, kita juga bisa menset apakah perlu menggunakan audio dan kamera sebagai tambahan. Kekurangan merekam dengan cara ini adalah tidak banyak setting dan kostumisasi yang bisa dilakukan namanya juga aplikasi bawaan Google jadi fitur seadanya saja dan sangat terbatas.


Ane pribadi lebih suka merekam menggunakan aplikasi karena lebih banyak settingan yang bisa diatur dan jauh lebih leluasa dalam merekam permainan maupun hal-hal lain diluar game. Biasanya user android menggunakan tools aplikasi antara AZ recorder atau Mobizen, ane sudah mencoba keduanya dan sama bagusnya, tapi ane lebih prefer AZ recorder karena saat merekam tidak akan ada watermark yang mengganggu jadi benar-benar pure video dilayar saja 100% tanpa ada logo/ikon lain yang tidak penting.

Cara merekam layar android untuk video gameplay Mobile Legends versi ane:

Pertama download aplikasi AZ Screen Recorder di Google Play Store, setelah install, masuk kedalam settingan aplikasi dengan menekan ikon app dan tombol gear yang muncul pada lingkaran-lingkaran kecil:

cara merekam video gameplay mobile legendsPada menu settings kita bisa menentukan kualitas resolusi layar dan frame rate yang diinginkan, lalu untuk game Mobile Legends gunakan orientation landscape, pastikan smartphone kamu memiliki RAM yang memadai, berdasarkan pengalaman ane menggunakan Xiaomi dengan ram 2 GB, biasanya aplikasi akan crash/tidak kuat saat membuka game Mobile Legends dan aplikasi recording bersamaan, saran ane gunakanlah HP dengan ram minimal 3 GB untuk android (tergantung juga jenis smartphone nya), lalu kalau masih belum kuat cobalah untuk menurunkan resolusi dan kualitas settingan lain, termasuk setting in game Mobile Legends kita.

Nantinya video yang sudah direkam akan masuk ke gallery dan biasanya ada di folder Video AZ Screen Recorder pada galeri foto kita.

Bagaimana cara untuk live streaming Mobile Legends?

Untuk live stream kita bisa gunakan aplikasi YouTube Gaming saja karena sangat simpel dan sudah terintegrasi dengan baik di YouTube, jadi kalau kamu berkeinginan menjadi youtuber gaming atau youtuber Mobile Legends yang suka live stream maka gunakan aplikasi YouTube Gaming dan jangan lupa buat channel YouTube terlebih dahulu.

Untuk merekam gameplay Mobile Legends ada 3 cara yang biasanya dilakukan, yaitu:

  • Main dulu baru di save game dan nanti kita bisa rekam melalui replay
  • Main sekaligus rekam secara bersamaan
  • Live streaming langsung di YouTube saat bermain


Itulah tadi cara merekam layar android untuk membuat gameplay/video Mobile Legends, semoga tips ini bermanfaat dan buat kamu yang serius ingin menjadi seorang youtuber gaming yang sukses, bisa baca tips lainnya disini:


Related Post: