Cara Menyimpan Foto / Gambar / Video Instagram Tanpa Aplikasi


Pada tutorial kali ini saya ingin bagikan cara yang sangat mudah dan simpel untuk menyimpan foto/gambar dan video pada Instagram dengan kualitas yang bagus 100%. Sebenarnya salah satu cara termudah kita bisa langsung menyimpan foto Instagram dengan cepat menggunakan screenshot (SS) secara langsung, tinggal ketik tombol “prt sc” pada desktop atau screenshoot pada mobile dan gambar akan langsung tersimpan, namun biasanya hasilnya kurang maksimal (kualitas sedikit menurun).

Karena itu disini saya akan berikan tutorial singkat dan cara yang lebih baik yaitu dengan langsung menyimpan file gambarnya ke komputer/PC kita tanpa harus menginstall app atau aplikasi pembantu lain.

Anda harus menggunakan desktop atau browser mobile (bukan lewat aplikasi Instagram) untuk melakukan trik ini, saya sarankan gunakan browser yang simpel saja seperti Chrome atau Firefox, pertama buka halaman foto atau video yang ingin Anda simpan pada browser Anda, lalu klik kanan dan “View Page Source”.

cara menyimpan gambar instagramNantinya akan terbuka halaman yang penuh dengan kode html, kita tinggal cari baris atau line kode ini:

  • <meta property=”og:image” (untuk mencari file gambar)
  • <meta property=”og:video” (untuk mencari file video)

Contohnya seperti gambar dibawah:

cara mudah simpan foto video instagramKalau Anda masih kesulitan untuk menemukannya tinggal gunakan CTRL+F (untuk search keyword), dan masukkan kata kunci “og:image” untuk gambar dan “og:video” untuk video, lalu buka link dibagian content sebelah kanan, lihat pada gambar diatas (bagian yang diblok biru), copas url ini ke browser kamu (open link) untuk membuka file gambar atau file video yang ada.

Nantinya kita akan masuk kedalam halaman server gambar/video tersebut dan gambar atau video tersebut bisa langsung kita simpan ke PC/komputer secara langsung, tinggal klik kanan –> save image as / save video as dan simpan.

Note: terkadang saat membuka url file video terjadi invalid request, kita bisa coba gunakan link yang satunya lagi dibawah og:video yaitu link pada bagian og:video:secure_url.

Bagaimana sangat mudah bukan? Tutorial yang singkat dan praktis ga perlu install app atau aplikasi macam-macam, ingat cara ini cuma bisa kita lakukan via browser, jadi pastikan kamu membuka foto/videonya via browser bukan aplikasi Instagram. Akhir kata semoga tips ini bermanfaat.

Baca juga:


Related Posts: