Tips & Cara Menjadi Penulis Artikel Online yang Sukses Berkarir


Sekarang menulis sudah bukan lagi kegiatan yang sekedar hobi atau iseng-iseng belaka, kita bisa menghasilkan uang dari menulis bahkan menjadikannya sebagai karir dan bisnis. Namun tidak semua orang bisa sukses dalam menulis, banyak alasan yang menghalangi seperti malu, takut ga ada yang baca, merasa tulisannya jelek dan sebagainya. Karena itu saya akan coba bagikan (share) dari pengalaman saya sendiri yang tidak memiliki background sama sekali dalam menulis bagaimana cara menjadi penulis artikel baik dimedia online/offline yang bisa sukses menjadikan menulis sebagai karir/bisnis sehingga kita bisa menghasilkan uang dan juga kemungkinan menjadikannya sebagai pekerjaan utama dimasa depan.

Mulai saja dulu

Jujur tidak pernah terpikir sedikitpun kalau suatu hari nanti saya akan menjadi seorang penulis/blogger, saya tidak pernah menulis artikel sekalipun di internet/media online selama 20 tahun lebih, awalnya saya menulis karena iseng, ada artikel dari luar negeri yang isinya menurut saya sangat bagus dan muncullah ide untuk menulis, tanpa pikir panjang saya langsung membuat versi Indonesianya dengan gaya bahasa saya sendiri, dibumbui dengan opini dan pengalaman yang ada serta disesuaikan dengan kondisi/keadaan di Indonesia, lalu saya post di Kaskus (belum punya blog saat itu) dan dalam beberapa hari kemudian artikel tersebut menjadi HT (hot thread) dan mendapat lebih dari 50.000 views.

Berbagai komentar dari kaskuser berdatangan, sebagian besar isinya positif, dan “sudden popularity” ini bikin saya sedikit ketagihan menulis (maklum baru pertama kali dapet HT), lalu beberapa hari kemudian saya coba buat lagi artikel yang lain dan hasilnya jadi HT lagi, begitu terus sampai saya mendapat sekitar 3-4 HT saya mulai berpikir kenapa saya tidak membuat blog sendiri dan menulis disana saja, toh kalau saya menulis di Kaskus yang untung (dapet duit) cuma Kaskusnya, saya paling-paling cuma dapet cendol, akhirnya lahirlah blog Solusik ini yang awalnya bermula dari “sekedar iseng” sampai sekarang menjadi blog dengan 100 ribu visitor/pembaca setiap bulannya.


Intinya adalah mulai saja dulu, tuangkan saja ide yang Anda punya, tulislah apa yang ingin Anda tulis, jangan takut/malu karena jujur saja saya sendiri sampai sekarang juga masih malu dengan tulisan-tulisan saya diawal, justru Anda tidak akan pernah sukses kalau Anda tidak malu dengan hasil tulisan artikel pertama Anda, gapapa jelek diawal lalu perbaiki nanti, istilahnya “goblok aja dulu baru pintar dimasa depan” daripada Anda tidak memulai/menulis sama sekali.

Nah biasanya ada orang yang malah terlalu sibuk baca-baca teori cara menulis artikel, cara jadi content writer/editor, tips jadi copywriter, dll sampai akhirnya malah ga pernah nulis. Memang salah satu kunci sukses seorang penulis adalah rajin membaca, tapi jangan berlebihan juga sampai-sampai Anda sendiri tidak menulis untuk diri Anda sendiri, saya sendiri sangat jarang membaca teori tentang menulis dan nilai bahasa Indonesia disekolahpun juga biasa-biasa saja, yang penting adalah tulisan saya bisa dibaca dan dimengerti oleh manusia.

Lalu yang tidak kalah penting adalah tulislah artikel ditempat yang ada orangnya, tulisan sebagus apapun akan percuma kalau ga ada yang baca, pada akhirnya kita menulis untuk manusia, karena itu kita perlu masukkan dari orang yang real juga, kalau diawal Anda menulis di website/blog pribadi boro-boro dikomentari, dibaca orang saja belum tentu (zero visitor), karena itu cobalah sesekali posting artikel Anda diforum/komunitas/grup sosmed, tujuannya supaya setidaknya ada yang baca dan ada yang komen.

Menentukan karir

menentukan karir tujuan seorang penulisSetiap orang punya selera masing-masing dalam berkarir, saya memilih menulis di blog karena jelas jauh lebih leluasa ketimbang kita menulis untuk orang lain, selain itu saya sendiri kurang suka menulis sesuatu yang dikejar deadline/dibawah tekanan apalagi sampai dipaksa dengan target misal harus menulis 3-5 artikel per hari. Bagi saya kualitas artikel jauh diatas segalanya. Toh buat apa nulis banyak-banyak, di internet sudah kebanyakan artikel, tapi sayangnya di Indonesia masih minim artikel lokal yang betul-betul berkualitas.

Kembali lagi pada pilihan Anda, biasanya beberapa penulis di Indonesia lebih suka bekerja freelance menjadi penulis untuk blog/website orang lain, atau menjadi content writer/content editor untuk blog perusahaan, dan juga menjadi seorang penulis buku.

Lakukanlah dengan gaya, passion dan tujuan Anda sendiri. Milikilah tujuan yang kuat karena tujuan inilah yang akan menjadi landasan energi dalam setiap tulisan-tulisan Anda. Contoh tujuan saya adalah ingin menulis dengan bebas tanpa harus dikejar target kuantitas, saya ingin berbagi secara gratis untuk semua orang, siapa saja orang Indonesia bisa dengan free membaca konten-konten yang saya buat dan lebih bagus lagi saya tetap bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan ini.

Jika Anda masih bingung, berikut ini sedikit tips pilihan karir seorang penulis artikel online di Indonesia:

  • Content writer = seorang content writer biasanya menulis untuk blog/website orang lain (perusahaan), kelebihan utama seorang content writer adalah penghasilannya yang lebih instan ketimbang menjadi blogger (maklum blogger diawal-awal gabakal ada pemasukan), selain itu biasanya topik artikel juga sudah disediakan dan tinggal menulis saja. Kekurangannya adalah terkadang perusahaan menargetkan dengan KPI seperti harus membuat sekian artikel dalam sehari, atau artikel yang Anda buat harus mendapat ratusan/ribuan views.
  • Copywriter = adalah orang yang memasukkan teks dalam suatu penjualan atau marketing, biasanya kita temui di landing page sebuah website, tagline iklan, brosur, caption/postingan sosmed, dll. Yang terpenting adalah copywriter harus bisa memahami psikologi manusia dengan baik, mereka harus pandai bermain kata dan mampu menyihir pembaca/user dengan kata-katanya.
  • Blogger = Anda bisa menjadi blogger secara gratis menggunakan platform seperti WordPress & Blogspot, tapi kalau Anda ingin serius menjadi blogger yang menghasilkan secara jangka panjang, maka saya sarankan buatlah website menggunakan hosting & domain sendiri (.com). Setelah Anda berhasil membuat blog dengan domain pribadi, segera tentukan model monetisasi yang cocok untuk Anda dan pelajarilah cara mendatangkan trafik untuk blog tersebut.
  • Translator = pekerjaan ini membutuhkan keahlian dalam bahasa lain, jika Anda menguasai lebih dari 1 bahasa selain bahasa Indonesia, maka Anda bisa menjadi seorang translator. Seorang translator bisa menerjemahkan tulisan/artikel untuk pemilik website luar negeri yang ingin membuat tulisan kedalam bahasa Indonesia, dan sebaliknya menerjemahkan tulisan-tulisan lokal kedalam bahasa asing. Ada juga translator yang dibayar oleh seorang youtuber/pemilik channel YouTube untuk mengisi subtitle kedalam video-videonya.

Anda bisa saja mengambil lebih dari 1 bidang, Anda bisa menjadi seorang freelancer di marketplace jasa atau situs-situs pencari jasa penulis yang ada di Indonesia, tentunya masih banyak pilihan dan alternatif yang tersedia untuk seorang penulis dijaman sekarang.

Konsisten dan terus berkembang

Pada akhirnya yang menentukan orang sukses dengan mereka yang gagal adalah konsistensi. Mereka yang gagal berhenti terlalu cepat sedangkan mereka yang sukses bertahan lebih lama, pastikan Anda terus mengasah tulisan Anda, rajin-rajinlah membaca untuk memperluas pengetahuan dan ilmu Anda, dan tentu Anda perlu konsisten dalam melakukan apapun yang Anda kerjakan, intinya adalah teruslah menulis dan teruslah berkembang.

Saya sendiri sudah ngeblog selama 1,5 tahun dan masih terus berjalan (still going), sampai sekarangpun saya masih rajin menulis dan membaca, walaupun sebenarnya blog ini adalah kegiatan sampingan (saya masih bekerja sebagai karyawan diperusahaan), tentu saya tetap tidak lupa dengan tujuan saya diawal yaitu ingin berbagi secara gratis kepada semua orang dan sukur-sukur bisa tetap menghasilkan (walau ga banyak).

Baca juga: Kenapa blogger harus punya kegiatan sampingan selain menulis



Itulah tips bagaimana cara menjadi penulis artikel online yang bisa menghasilkan dan juga bermanfaat bagi orang lain. Walaupun bisa dibilang tulisan/blog Solusik ini juga ga sukses-sukses amat (saya yakin masih banyak blogger-blogger master di Indonesia yang jauh lebih sukses), setidaknya saya bisa menjadikan kegiatan menulis untuk memberi dampak kepada orang lain.

Sebagai kesimpulan, berikut ringkasan tips yang bisa Anda praktekkan sekarang juga:

  • Mulai saja dulu, tulislah ide yang ada kedalam forum atau blog/website Anda, jika tidak ada modal bisa gunakan platform WordPress/Blogspot. Kalau Anda betul-betul tidak tahu caranya menulis, Anda bisa gunakan model ATM (amati, tiru, modifikasi), lihat tulisan/artikel orang lain dan perbarui dengan gaya Anda sendiri.
  • Pahami juga pikiran pembaca dengan memperhatikan komentar/masukkan yang ada, pastikan Anda menulis hal yang tepat (jangan menulis tentang teori bumi berbentuk segitiga, karena tidak akan ada orang yang peduli).
  • Rajin-rajinlah membaca, beri makan rasa ingin tahu Anda, karena pada akhirnya kualitas tulisan ditentukan oleh kualitas penulisnya. Terus konsisten dan jangan menyerah, diawal itu biasanya akan terasa berat, maka dari itu tetaplah percaya dengan tujuan Anda menulis dan pastikan Anda berada dijalan yang benar.

Sekian sharing dari saya. Semoga bermanfaat dan tetaplah semangat menulis. Good luck.


Related Posts: