Cara Meningkatkan IQ, Kecerdasan Otak dan Daya Ingat (Mindset)


Apakah mungkin seseorang bisa meningkatkan IQ (intelektual), kepintaran/kecerdasan otak termasuk daya ingatnya? Apakah orang bodoh bisa menjadi jenius? Tentu kita bisa meningkatkan IQ, intelektual, kepintaran, kecerdasan, daya ingat, apapun itu yang kita mau selama kita memiliki growth mindset.

Pada dasarnya manusia memiliki 2 sifat/mindset yaitu:

  • Fixed mindset = Orang yang biasanya memiliki pemikiran dimana segala sesuatu itu tidak/sulit sekali dirubah (fix). Mereka merasa sifat, bakat, kebiasaan itu tidak bisa dirubah karena sudah bawaan sejak lahir/lingkungan bahkan sudah takdir dari sananya.
  • Growth mindset = Orang yang percaya bahwa sifat, kemampuan, bakat, dan apapun bisa dikembangkan melalui belajar, latihan dan usaha (tidak peduli seberapa sulit rintangan yang menghadapi).

Faktanya adalah kesuksesan hampir mustahil dicapai jika Anda tidak memiliki growth mindset, orang dengan fix mindset selalu membatasi kesempatan dan peluang dalam hidup mereka, mereka lebih takut akan kegagalan, karena mereka merasa segalanya sudah fix (tetap), sekali gagal mereka akan merasa seperti pecundang dan takut gagal jika mencoba lagi. Karena itu rata-rata orang dengan fix mindset ini hanya akan melakukan hal-hal yang nyaman untuk mereka (zona nyaman) dan sebisa mungkin menghindari tantangan yang ada, inilah sebab banyak orang bertahan dalam pekerjaan yang menyiksa dan tidak kunjung pindah.

Sebaliknya orang dengan growth mindset tidak terlalu memikirkan kegagalan, mereka melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan terus berkembang. Mereka memiliki pemikiran yang terbuka (open minded), mau menerima masukkan dan pelajaran dari berbagai sumber/orang, mereka dengan senang hati melakukan tantangan baru dan bertahan lebih lama (konsisten) disaat sulit.


Untuk Anda yang minder karena merasa bodoh, pelupa, kurang cerdas, dan sebagainya, ingatlah bahwa kita bisa meningkatkan kecerdasan otak kita sampai kapanpun asal kita juga bersedia (niat) belajar dan memiliki mindset untuk terus berkembang (growth mindset).

Growth mindset juga bisa diaplikasikan dalam hal apapun seperti kepribadian, bakat, kemampuan/skill, daya ingat, pekerjaan, kepercayaan diri dan lain-lain. Memang growth mindset tidak 100% menjamin kesuksesan tetapi hampir tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa memiliki mindset tersebut.

Beruntungnya adalah jika Anda tidak memiliki growth mindset, Anda bisa mempelajarinya, tidak peduli seburuk apapun kondisi/keadaan Anda, kita selalu bisa membuat perubahan menjadi lebih baik.

Lalu bagaimana cara mempelajari growth mindset supaya kita bisa meningkatkan IQ, kecerdasan otak, skill, kemampuan, dan kesuksesan diri kita?

Pahamilah 3 tips simpel berikut ini:

1. Setiap orang itu jenius

semua orang itu jeniusKita sebagai manusia adalah spesies terpintar dimuka bumi ini, Einstein pernah berkata kalau kita menilai ikan berdasarkan kemampuannya memanjat pohon, maka ikan itu akan merasa bodoh seumur hidupnya. Hal ini jugalah yang terjadi pada kita disekolah, kita merasa bodoh dalam pelajaran padahal mungkin memang bakat kita bukan disitu, banyak hal-hal yang tidak diajarkan sekolah/kuliah yang bisa kita kembangkan dan pelajari.

Yang jadi pertanyaannya adalah pentingkah intelektual atau nilai sekolah untuk kesuksesan? Jangan jadikan kecerdasan sebagai batasan bahwa Anda tidak dapat melakukan hal-hal tertentu termasuk menggapai kesuksesan. Berhentilah membanding-bandingkan kepintaran dan kesuksesan dengan orang lain. Kecerdasan itu relatif, semua aspek termasuk kesuksesan dan kecerdasan itu relatif, jadi percayalah bahwa Anda sebenarnya adalah jenius yang mungkin belum ketemu saja dengan passion/bakatnya.

Baca juga: Berhentilah mencari passion/bakat karena Anda sudah menemukannya

2. Selalu ada kesempatan untuk berubah menjadi lebih baik

cara agar menjadi lebih cepat pintarNothing’s really beyond your reach. Sebenarnya orang pintar itu hanyalah orang yang sudah “tahu duluan”, mereka lebih dulu paham dan mengerti sebelum orang lain memahaminya, jadi masalah perbedaan kepintaran sebenarnya hanyalah masalah waktu. Kalau kita juga habiskan effort (waktu dan tenaga) yang sama maka kita juga bisa menjadi seperti mereka.

Artinya adalah selagi masih ada waktu maka selalu ada kesempatan untuk menjadi lebih baik, lebih pintar, lebih berguna bagi sesama dan tentunya lebih sukses dari Anda yang sekarang.

Baca juga: Cara menjadi cepat pintar

3. Berpikir positif dalam keadaan apapun

selalu berpikir positif, hindari pikiran negatifTips terakhir adalah percayalah bahwa kita selalu bisa berpikir positif dalam situasi apapun, berpikir positif memang tidak menjamin keadaan pasti menjadi lebih baik namun coba bayangkan dengan kebalikannya (berpikir negatif)?

Optimislah bahwa kita bisa berubah menjadi lebih baik, lebih cerdas, lebih bijak, dan lebih sukses. Percayalah bahwa Anda memiliki value dalam hidup ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan/kerjakan untuk dunia dan orang lain.

Karena itu berpikirlah positif dan optimis dalam menjalani hidup ini.



Kesimpulannya adalah untuk menjadi lebih pintar dan sukses, milikilah growth mindset, percayalah tidak peduli seberapa parah kondisi/keadaan/situasi Anda, Anda sendiri bisa mengubahnya menjadi lebih baik, pada akhirnya you are the hero you looking for. Anda sendiri adalah pahlawan bagi hidup Anda. Just keep learning and keep growing.


Related Posts: