Contoh & Cara Mengirim Lamaran Kerja / CV via Email (Inggris)


Pada artikel kali ini saya akan berikan contoh simpel bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja dan CV melalui email dalam bahasa Inggris. Saya sangat merekomendasikan Anda untuk menggunakan bahasa Inggris karena Anda akan jauh terlihat profesional dan kompeten, sehingga kemungkinan besar untuk diwawancara/interview jauh lebih besar ketimbang menggunakan bahasa Indonesia (tergantung HRD/perusahaannya juga).

Pertama pastikan Anda menggunakan email yang juga profesional, bukan seperti naruto42@gmail.com atau samuel_gantengs25@yahoo.com, sebisa mungkin hindari menggunakan nama email yang alay dan terkesan bercanda.

Contoh nama email yang baik:

  • samuel_25@yahoo.com
  • jessica42@gmail.com
  • rizal_leonard24@gmail.com

Lebih baik menggunakan nama Anda + kombinasi angka supaya simpel dan mendeskripsikan identitas Anda dengan jelas.


Pada bagian subject isi dengan apa yang perusahaan minta, jika mereka tidak memberikan subject maka Anda bisa isi dengan “Lamaran kerja engineer” (bahasa Indonesia) atau “Job application” (bahasa Inggris), tidak usah muluk-muluk yang penting mereka tahu bahwa surat ini adalah surat lamaran kerja.

Setelah itu isi email dengan surat lamaran (application letter) dan lampirkan CV/resume Anda.

Berikut ini contoh & cara mengisi surat lamaran kerja via email menggunakan bahasa Inggris, kita ambil contoh misalkan seseorang melamar ke email perusahaan yang ia temukan melalui Jobstreet dan posisi yang ingin dia lamar adalah content editor.



Jakarta, 11 October 2017

Dear Sir or Madam

Base of information that I had from jobstreet.co.id about job vacancies, I am enclosing my resume to inform you of my interest to working in your company. I would like being grateful you consider my application for the position that have been advertised as Content Editor.

Firstly allow me to introduce myself. My name is … I am … years old. My interest to join your company is to build my career, looking for new challenges and experience. I like challenge and have willing to learn something new, dynamic, highly motivated and confidence for the opportunity I had given. I believe my education & skills fit your requirements, and I am confident my skills would be an asset to your company.

I am available to meet with you at a time that’s convenient to you. Please contact me to set up a time. I look forward to hear from you soon.

Sincerely Yours,

 

(your name)



Jangan lupa untuk melampirkan CV Anda dalam bahasa Inggris, saya menyarankan untuk membuat CV dalam bahasa Inggris karena sebenarnya sangat mudah dan hampir tidak ada bedanya dengan bahasa Indonesia, berikut ini contoh simpel CV dalam bahasa Inggris:

contoh cv resume dalam bahasa inggrisSebaiknya gunakan bahasa yang formal saja dan simpan dalam format MS Word atau PDF.

Saran saya buat CV sesingkat dan sepadat mungkin (jangan lebih dari 2 halaman), maksimal 2 halaman, kalau bisa 1 halaman saja sudah cukup.

Contoh surat lamaran dan CV diatas bisa Anda coba modifikasi dengan gaya dan bahasa Anda sendiri (fleksibel), yang terpenting adalah isi surat itu jelas, formal, tidak muluk-muluk (to the point), dan menunjukan kesungguhan/niat Anda dalam melamar pekerjaan yang ada.



Bagaimana mudah sekali bukan? Percaya atau tidak kemungkinan Anda lolos ketahap interview akan jauh lebih tinggi hanya dengan sekedar mengganti bahasa dalam surat lamaran Anda (termasuk CV Anda), karena itu biasakanlah untuk belajar menggunakan bahasa Inggris.

Baca juga:


Related Posts: