Cara Mengatasi dan Menghilangkan Rasa Bosan / Jenuh

Salah satu masalah terbesar yang sering kita temui dikehidupan modern ini adalah rasa bosan atau jenuh. Kita mudah sekali merasa kebosanan/kejenuhan karena dengan adanya internet dan informasi yang berkelimpahan membuat kita semakin malas dan pasif.

Apakah Anda sering betanya pada diri sendiri dan gelisah mengenai kegiatan Anda sehari-hari? Apakah Anda sedang merasa bosan dengan hidup Anda sekarang? Seberapa sering Anda merasa jenuh dengan kehidupan Anda? Atau Anda merasa bingung ingin melakukan apa dalam hidup ini?

Jika Anda sering memikirkan pertanyaan-pertanyaan diatas kemungkinan besar Anda sedang khawatir karena memiliki rasa bosan/jenuh yang berkelanjutan, bahayanya adalah jika diteruskan maka ini bisa mengarah pada rasa depresi dan stres. Faktanya adalah orang lebih mudah stres karena tidak ada kerjaan (bosan) ketimbang tidak ada uang. Mereka yang sedang bosan cenderung mudah:

  • Menjadi depresi/stres
  • Gelisah dan khawatir dalam hal-hal sepele
  • Memiliki performa kerja/belajar yang buruk
  • Kemampuan bersosialisasi/bergaul yang rendah (minder)
  • Bahkan bisa sampai bunuh diri

Tentu merasa jenuh/bosan berkepanjangan bukanlah hal yang baik, ada 2 karakter yang menyebabkan orang mudah sekali bosan, yaitu:

  • Adventurer = Orang yang suka mencari tantangan/sensasi dalam hidupnya, mereka biasanya membutuhkan stimulus lebih untuk merasa tertarik (excited), hal-hal yang umumnya menarik/menegangkan bagi orang biasa menjadi hal yang biasa saja bagi mereka, sehingga mereka-mereka ini membutuhkan tantangan yang lebih memacu adrenalin dari biasanya.
  • Sensitif = Orang yang terlalu perasa (baperan), mereka sebenarnya ingin melakukan hal-hal yang menarik/menegangkan dalam hidupnya, namun karena mereka terlalu sensitif biasanya mereka memilih untuk tetap berada didalam zona nyamannya (tidak mau terluka/terhina/gagal/dll).

Kedua karakter diatas dapat menimbulkan rasa bosan/jenuh yang akhirnya menyebabkan seseorang bingung ingin melakukan apa dalam hidupnya. Tetapi ada sisi positifnya kita merasa kebosanan, rasa bosan memotivasi kita untuk melakukan hal-hal baru dalam hidup ini, rasa jenuh membuat kita berpetualang mengexplore tempat-tempat baru, kegiatan-kegiatan baru, hobi/passion baru, dan tentunya membuat diri kita sendiri menjadi lebih menarik.

Tanpa rasa bosan/jenuh maka kita semua hanya akan berdiam diri, tidur bermalas-malasan seharian dan tidak berkembang.

Lalu bagaimana caranya mengatasi/menghilangkan rasa bosan dan jenuh tersebut?

Kuncinya adalah engagement. Anda harus merasa terikat pada suatu hal apapun itu, entah hobi Anda, passion Anda, bakat Anda, apapun itu yang bisa menjadi candu (adiktif) bagi diri Anda. Faktanya adalah manusia harus memiliki keterikatan pada suatu hal, kita semua harus menemukan adiksi diri kita sendiri, sayangnya sebagian orang memiliki kecanduan yang buruk (seperti merorok/judi/narkoba), karena itu cara terbaik melawan rasa bosan termasuk kecanduan yang buruk adalah dengan menemukan adiksi yang baru yang lebih positif.

Cobalah ingat apa sesuatu yang membuat Anda begitu mudah melupakan waktu, seperti:

  • Ngobrol bareng/nongkrong dengan teman-teman atau pacar
  • Bermain game, fitness, olahraga, dll
  • Melakukan hobi-hobi seperti dance, menggambar, bernyanyi atau ngeblog

Cara terbaik menemukan sesuatu/aktivitas yang bisa menarik bagi hidup Anda adalah dengan mengkombinasikan antara apa bakat Anda dan apa hobi/passion Anda (dan lebih bagus lagi jika Anda dibayar dalam hal tersebut).

rahasia suksesCarilah sesuatu yang menantang namun realistis untuk dikerjakan, jika suatu pencapaian terlalu mustahil Anda akan kehilangan motivasi, sebaliknya jika terlalu mudah Anda akan merasa kebosanan, kuncinya adalah menemukan keseimbangan antara idealisme dengan realita yang ada, jangan terlalu banyak berkhayal sampai delusional, tapi juga jangan terlalu minder dan tidak percaya diri dalam mengambil suatu tantangan.

Intinya adalah kita sebagai manusia harus terus menantang diri kita sendiri tapi jangan sampai kelewatan, pada akhirnya jika Anda merasa bosan cobalah mencari tantangan baru dalam hidup Anda yang achieveable (bisa dicapai dan dikerjakan sekarang juga bukan sekedar dibayangkan), jangan terlalu mudah putus asa dalam masalah/tantangan, mulailah optimis menatap masa depan dan temukan hal-hal baru dalam hidup Anda.

Saran saya cobalah untuk melakukan:

  • Freelance, kerjakan berbagai projek baru yang bisa menambah pengalaman/skill Anda serta menghasilkan uang tambahan.
  • Cobalah buat bisnis online, blog, website, toko online, apps, startup, dan semacamnya.
  • Carilah olahraga atau hobi yang bisa memacu adrenalin seperti bermain skateboard dan breakdance.

Kesimpulannya adalah untuk menghilangkan rasa bosan/jenuh Anda harus terus bergerak, jangan sampai Anda berdiam diri pasif tidak melakukan apa-apa, semakin lama Anda diam semakin mudah Anda merasa bosan dan semakin bingung ingin melakukan apa. Ingatlah apapun itu entah bisnis/karya apapun yang ingin Anda kerjakan kuncinya adalah “mulai saja dulu” baru perbaiki nanti. Just do it and you will find a way.


Related Posts: