Cara Menghemat Uang dan Tips Hidup Hemat Dengan Sederhana


Dalam mengatur keuangan cara kita menghabiskan uang bisa jauh lebih penting dari cara kita mendapatkan uang, oleh karena itu sudah seharusnya kita belajar bagaimana cara menghemat uang yang ada dan mulai menerapkan tips hidup hemat dan sederhana.

Sebenarnya untuk berhemat itu sangat simpel yaitu pengeluaran yang ada harus lebih kecil dari pemasukan/pendapatan (income > spend), sehingga sisa uang yang ada bisa kita tabung, tentu semakin banyak uang yang bisa kita simpan akan semakin bagus, idealnya orang menyisihkan sekitar 20-50% dari gaji/penghasilannya setiap bulan, dalam kasus yang ekstrim orang bisa menabung sampai 80-90% dari penghasilannya.

Biasanya mereka yang menabung sampai diatas 70% gajinya memiliki beban seperti hutang, cicilan, atau ingin membeli sesuatu yang mahal seperti mobil dan rumah, menurut saya sendiri menyisakan gaji 50%/bulan juga sudah cukup baik, namun tetap semua kembali pada preferensi dan gaya hidup masing-masing orang.

Pada artikel kali ini kita akan belajar cara menghemat uang dalam kehidupan sehari-hari, mungkin terlihat simpel, tapi jika tips-tips ini diterapkan setiap harinya ternyata bisa membawa keuntungan yang masif dalam hidup Anda, pada kenyataannya banyak hal-hal kecil yang kita sepelekan yang ternyata merugikan finansial Anda secara jangka panjang, karena itu sangatlah bijak untuk menghemat pengeluaran Anda sampai detail terkecil karena walau hanya receh itu tetap berdampak pada keuangan Anda.


Inilah cara menghemat uang dan tips hidup hemat sederhana yang bisa Anda lakukan sekarang juga:

  • Jika Anda memiliki kartu kredit maka segera stop, selain ada biaya administrasi bulanan, sebenarnya kartu kredit bisa menggoda Anda menjadi lebih konsumtif tanpa Anda sadari, apalagi dijaman serba online dan instan seperti ini sangat mudah menghambur-hamburkan uang dengan sekali klik diinternet.
  • Gunakan rekening tabungan yang bunga dan biaya administrasi bulanannya lebih murah bahkan gratis.
  • Saat ingin belanja suatu barang/produk lebih baik belilah secara online karena biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah, selain itu kita juga lebih hemat ongkos, waktu, dan tenaga, kalaupun Anda tetap mau belanja offline cobalah cek/riset terlebih dulu harga pasaran diinternet supaya bisa membandingkan harganya, untuk mencari harga termurah Anda bisa cari di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak.
  • Kalau Anda mau membeli/mengganti smartphone terbaru yang lebih canggih, saya sarankan gunakan smartphone Xiaomi (bukan promo) karena harganya yang murah dan spesifikasinya pun cukup tinggi.
  • Berhenti merokok, minum-minum alkohol, dan hal-hal bodoh yang tidak ada gunanya untuk hidup Anda.
  • Jika bisa cobalah memasak makanan Anda sendiri, selain lebih hemat tentu makanan yang kita makan jauh lebih bersih dan terjaga.
  • Hentikan berbagai program langganan yang tidak produktif untuk hidup Anda, jika Anda memakai layanan internet unlimited, pilihlah yang harganya paling sesuai dengan kecepatan/speed yang Anda butuhkan, selain itu gunakanlah wifi saat dirumah ketimbang memboros-boroskan kuota HP.
  • Stop menggunakan asuransi kesehatan, tergantung keperluan dan perspektif masing-masing orang, namun bagi saya BPJS jauh lebih baik dibanding asuransi kesehatan, begitu pula dengan asuransi dalam bentuk lain, selama Anda tidak melakukan hal yang aneh-aneh saya rasa asuransi tidak begitu penting untuk hidup Anda.
  • Beli motor/mobil yang hemat bensin, bukan untuk gaya-gayaan. Mungkin terlihat sepele, pada awalnya memang tidak akan terasa bedanya, namun setelah bertahun-tahun Anda akan terkejut berapa banyak uang yang bisa Anda hemat dengan ongkos bensin tersebut.
  • Coba manfaatkan aset yang Anda miliki seperti menyewakan kamar kosong yang ada dirumah, sewakan kendaraan yang ada daripada motor/mobil tersebut nganggur dirumah, atau bisa juga dengan menempel stiker iklan pada motor/mobil Anda sehingga bisa mendapatkan penghasilan kecil-kecilan saat berpergian.
  • Saat mengalami kendala teknis pada komputer/smartphone, coba cari solusinya dulu di Google, karena biasanya masalah-masalah IT bisa kita selesaikan gratis hanya dengan bantuan internet, jangan langsung apa-apa bawa ketukang servis, bawalah ketempat servis jika memang sudah mentok tidak menemukan solusi sama sekali.
  • Sebelum membeli buku, e-book, mengikuti seminar atau workshop berbayar dan semacamnya, pastikan ilmunya memang hanya bisa didapat melalui medium tersebut, sebenarnya hampir semua ilmu-ilmu terbaik itu sudah tersedia secara gratis diinternet, entah melalui blog, YouTube, dll.
  • Jika ingin makan mewah direstoran, travelling, atau kebutuhan tersier lain cobalah cek terlebih dahulu di Groupon (atau situs daily deals lainnya) siapa tahu tempat yang Anda tuju menawarkan diskon/potongan harga atau ada promo lain yang lebih murah.
  • Gunakan provider GSM/CDMA yang paketnya lebih murah, manfaatkan public wi-fi dan tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis, hematlah penggunaan kuota menggunakan aplikasi lite version (versi ringan).
  • Saat menggunakan smartphone atur brightness (kecerahan layar) secukupnya saja dan hapus aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai, tujuannya supaya kita bisa lebih hemat penggunaan baterai dan tidak terlalu sering ngecas.
  • Manfaatkan event atau program diskon seperti di Indomaret dan Alfamart untuk belanja barang-barang kebutuhan sekaligus, jadi tidak ada salahnya membeli banyak barang yang sedang didiskon terutama yang memang berupa kebutuhan seperti sabun, sampo, minyak, dan keperluan rumah tangga lainnya. Begitu pula jika Anda ingin traveling atau jalan-jalan cobalah manfaatkan promo tiket/tour yang ada.
  • Manfaatkan juga event dan promo yang suka ada di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, biasanya mereka suka memberikan diskon dan cashback menjelang hari besar/hari raya, gunakan momen tersebut untuk membeli barang yang sedang diperlukan.
  • Coba investasikan uang Anda dengan syarat Anda mengerti jelas program investasi tersebut dan paham bagaimana cash flow dan keuntungan didapat, kalau memang Anda tidak mengerti dunia investasi dan punya banyak uang yang nganggur ditabungan, maka depositokan saja uang tersebut di bank.

Hidup hemat itu simpel dan mudah, dengan melakukan hal-hal sederhana diatas Anda sudah berhasil menghemat banyak sekali pengeluaran, dengan begitu Anda bisa menyimpan uang yang ada untuk keperluan lain atau berjaga-jaga saat sesuatu yang tidak diharapkan terjadi.

Pada akhirnya memang berhemat saja tidaklah cukup untuk bisa hidup sukses, Anda juga harus meningkatkan penghasilan secara bertahap, jadi sembari berhemat tetaplah berusaha untuk mencari uang dan menambah pundi-pundi pemasukan yang ada.


Related Post: