Cara Menghadapi, Mengatasi, dan Menyelesaikan Masalah Hidup


Bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam hidup ini, terutama menghadapi dan mengatasi masalah yang besar? Ketika dihadapkan pada masalah besar dan kompleks kita mudah merasa putus asa dan hopeless, daripada merasa terbebani seperti itu toh tidak akan membantu menyelesaikan masalah yang ada, cobalah tips simpel dan sederhana ini.

Fokus pada masalah-masalah kecil

Pada dasarnya hampir semua masalah besar dimulai dari masalah-masalah kecil yang dibiarkan begitu saja, akhirnya semua masalah menumpuk menjadi satu dan tidak lagi bisa Anda tanggung sendirian, bayangkan seperti Anda punya hutang yang berbunga 10% setiap bulannya, walaupun diawal terlihat kecil tapi jika dibiarkan tentu akan semakin besar, maka dari itu coba fokus pada masalah-masalah kecil yang sekarang Anda punya, percayalah Anda tidak akan menyesal dengan memikirkannya sekarang, jika Anda perhatikan semua bisnis besar disekitar kitapun dimulai dari penyelesaian masalah-masalah kecil.

Amazon dulunya hanya menjual buku, begitu mereka telah menguasai pola belanja online, sekarang mereka menjual segalanya (apapun yang bisa dijual online). Coba terapkan hal yang sama dalam pikiran Anda. Contoh:


Masalah: Bagaimana saya bisa menjadi orang kreatif?

Solusi kecil: Mulai cari tahu Anda ingin berkarya/kreatif dalam bidang apa, kalau Anda ingin jadi penulis cobalah mulai buat 1 artikel di blog/forum, jika Anda ingin menjadi pelukis, cobalah buat 1 gambar/sketsa di sosial media, jika Anda ingin menjadi youtuber, cobalah upload 1 video menggunakan tools seadanya seperti kamera HP/laptop.

Mulailah rajin mencari tahu (manfaatkan Google) ilmu/skill yang betul-betul bisa membantu Anda mewujudkan keinginan tersebut, salah satu anugerah terbesar hidup dijaman ini adalah semua jawaban sudah tersedia selama Anda juga ingin mencarinya, dengan banyaknya informasi tanpa batas di internet sudah tidak ada lagi masalah kurangnya ilmu/pengetahuan, yang Anda perlukan adalah kerja keras dan kemauan yang kuat.

Contoh beberapa artikel yang mungkin bisa membantu masalah Anda:

Begitu Anda mencari jawaban yang logis, masuk akal, praktikal, dan realistis, Anda mulai sadar bahwa jalan akan terbuka, Anda mulai melihat sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin menjadi mungkin/possible selama Anda juga mau membayar harga yang harus dibayar.

Perkecil fokus Anda terhadap masalah yang lebih dekat dan realistis dengan hidup Anda, sesuatu yang sekarang juga bisa segera Anda selesaikan, sehingga Andapun menjadi lebih bertindak (talk less do more), dan jauh dari rasa tidak berdaya atau putus asa.

Jangan muluk-muluk, karena hal ini berlaku dalam semua aspek kehidupan Anda, entah dalam hubungan percintaan, kesuksesan karir, pencapaian tujuan/mimpi, serta kebahagiaan, banyak orang yang gagal dalam hal ini karena terlalu delusional dengan sesuatu yang besar, mereka hanya melihat gambar besar dan justru lupa bahwa apa yang lebih penting sebenarnya adalah kenyataan-kenyataan kecil yang ada dihadapan mereka sekarang.

Jadi bagaimana cara menyelesaikan masalah dalam hidup ini? Mulailah dari masalah-masalah yang kecil, realitanya sebagian besar orang sudah tahu apa masalahnya dan bahkan cara menyelesaikannya namun mereka merasa malas karena melihat masalah tersebut terlalu besar untuk dikerjakan, kerjakanlah selangkah demi selangkah, perbaiki hidup Anda perlahan-lahan, kembangkan potensi Anda sedikit demi sedikit, dan pastinya nikmatilah perjalanan hidup Anda karena pada akhirnya tujuan dan proses adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, so enjoy your life, enjoy your problems.


Related Posts: