Cara Mengecek Broken Link (URL Mati) di Blog / Website


Pada artikel kali ini saya akan membagikan panduan cepat dan simpel tentang bagaimana cara mengecek broken link/broken url/dead link/url mati pada situs blog atau website Anda dengan mudah. Memang kenapa kalau ada broken link pada blog/website kita? Apakah bermasalah?

Ya, broken link pada situs Anda akan menjadi masalah jika dibiarkan begitu saja karena link mati tersebut akan memperburuk pengalaman pengguna (user experience) dan juga menurunkan tingkat engagement visitor Anda yang berakibat pada menurunnya peringkat SEO pada hasil pencarian.

Menghapus broken link di blog/website Anda sangatlah mudah, Anda hanya cukup mencarinya dengan tools online di internet secara gratis dan mengedit/menghapus url tersebut.

Internet sudah menyediakan banyak sekali cara mengecek broken link baik secara manual maupun otomatis dengan tools/software yang ada. Namun pada kali ini saya akan membagikan 2 cara yang selalu saya gunakan untuk mengecek broken url/link mati pada situs saya, yaitu menggunakan:

  • Online broken link checker (Brokenlinkcheck.com) dan
  • Siteliner (Siteliner.com)

Saya pribadi lebih prefer menggunakan website yang pertama (broken link checker) karena lebih simpel dan praktis.

1. Online broken link checker

Pertama buka situs Brokenlinkcheck.com setelah itu masukan url situs Anda pada kolom yang sudah disediakan dan klik “Find Broken Links”.

cara mengetahui link mati pada websiteSetelah itu masukkan captcha/security code dan pilih antara 2 opsi yaitu:

  • Report distinct broken links only, atau
  • Report all occurrences of each dead link (may be slower)

Saran saya gunakan opsi yang kedua, karena biarpun prosesnya lebih lambat, namun report dan segala penyebab broken link dapat kita ketahui secara lengkap. Setelah itu klik “Find broken links now !”.

cara mengecek broken link di blogTunggu sampai setiap page/halaman pada situs Anda diproses, biasanya sekitar 5-10 menit akan selesai (tergantung banyaknya jumlah url pada web Anda) dan akan keluar hasil analisa semua broken link/url mati pada situs Anda.

cara menghapus link matiPada kolom “Page where found” Anda bisa melihat link “url” pada halaman manakah broken link tersebut berada, dan jika ingin lebih spesifik letaknya Anda bisa lihat pada link “src”. Selanjutnya Anda tinggal menghapus saja link tersebut atau menggantinya dengan link yang baru.

2. Siteliner

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan website Siteliner.com, Siteliner ini sebenarnya lebih ditujukan untuk memeriksa website secara keseluruhan mulai dari duplicate content, broken link, page size, speed, dan semacamnya.

Sama seperti broken link checker diatas, Anda hanya perlu buka situs Siteliner dan masukkan url situs Anda pada kolom yang disediakan, setelah itu klik “Go”.

panduan mendeteksi dead url di blogTunggu beberapa menit dan seteleh hasilnya keluar klik “Broken Links” pada menu dikiri atas.

cara mengecek link mati via sitelinerPada halaman ini Anda akan disajikan semua broken link pada situs Anda, untuk mengecek lebih detail silahkan klik saja url tersebut sehingga Anda bisa tahu letak url mati tersebut dan segera menghapus/menggantinya.



Itulah 2 cara mengecek broken link dengan mudah yang saya lakukan untuk blog ini, karena itu jangan sampai Anda lupa mengecek broken link pada situs Anda, toh hanya butuh waktu beberapa menit dan tidak ada ruginya Anda memeriksa kembali url situs Anda setiap 1 atau 2 bulan sekali.


Related Post: