Cara Memperbaiki dan Mengatur Manajemen Waktu Hidup Anda


Semua orang pasti pernah mengalami masalah manajemen waktu dalam hidupnya, terutama dalam mengatur waktu yang ada untuk mencapai tujuan-tujuan hidup kita, kita semua punya banyak hal yang ingin dilakukan namun biasanya selalu ada satu hal yang menghalangi yaitu “ga punya waktu”. Faktanya kita semua punya waktu yang sama 24 jam setiap hari, lalu kenapa ada orang yang bisa lebih cepat sukses dan mencapai impiannya sedini mungkin? Ya karena mereka berhasil memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin dan tidak lagi mencari alasan/menunda-nunda apalagi menggunakan kata “ga ada waktu” sebagai alasan.

Kita semua punya tujuan kesuksesan (goal) yang ingin dicapai, kita merasa mimpi ini adalah hal terpenting dalam hidup kita, namun dalam perjalanan mencapai impian tersebut akan selalu ada gangguan/rintangan secara konsisten, gangguan ini biasanya bersifat “urgent” sehingga tentu akan mengalihkan waktu dan perhatian Anda dalam mencapai tujuan hidup. Kita semua memiliki dilema yang sama, disatu sisi kita ingin meraih mimpi kita diujung sana, namun ada saja “gangguan urgen” yang mendesak terus-menerus, jika kita terlalu lama sibuk dengan gangguan-gangguan ini maka perlahan impian kita akan mati.

Jadi ada 2 hal yang harus kita perhatikan dalam hidup ini, pertama yaitu tujuan Anda (atau sesuatu yang penting bagi hidup Anda) dan kedua adalah gangguan urgen yang konsisten terus menghantui hidup Anda selamanya, gangguan ini akan selalu ada (limitless) mulai dari keadaan ekonomi, biaya hidup, beban utang, faktor lingkungan, masalah keluarga, dan biasanya masalah/gangguan ini sifatnya “urgent” sehingga harus diselesaikan secepat mungkin kalau tidak maka Anda bisa mati atau tidak bisa move on maju kedepan.

Kunci untuk mengatur manajemen waktu dalam hidup Anda adalah dengan fokus pada apa yang penting (tujuan) dan menekan “gangguan urgen” yang ada. Cobalah perhatikan apa yang Anda lakukan sehari-hari, kemungkinan sebagian besar pasti bukan karena pilihan Anda, tetapi karena tuntutan orang lain, maka dari itu mulailah belajar cara memperbaiki dan memanage waktu Anda dengan:


1. Belajar berkata tidak

Jangan takut untuk menolak orang lain apalagi kalau memang hal itu tidak terlalu penting, ingat Anda punya tujuan yang ingin dicapai dan WAKTU ANDA TERBATAS. Kita terbiasa mengatakan “ya” saat seseorang meminta/menuntut sesuatu dari kita, ingatlah bahwa itu artinya kita sedang memperlambat proses pencapaian tujuan kita.

Realitanya Anda perlu mengorbankan sedikit kenyamanan sosial untuk menyelamatkan hidup Anda sendiri, dan sisi positifnya adalah terkadang orang-orang bisa lebih respek pada mereka yang berani berkata tidak/berani menolak dan tidak selalu setuju dengan opini yang ada.

2. Matikan notifikasi

Saya jamin 90% notif yang ada di smartphone Anda tidaklah begitu penting, kita suka merasa notif itu adalah sesuatu yang urgen dan harus kita cek dengan segera, namun faktanya tidak demikian, kita malah mondar-mandir cek sosmed, login Facebook, liat-liat Instagram Story, ngecek WA, sampai akhirnya tersesat disebuah video random di YouTube selama 2 jam, sudah berapa banyak waktu yang Anda sia-siakan hanya untuk melihat konten & notif meaningless di smartphone Anda?

Solusinya sangat simpel, matikan notifikasi, cukup cek smartphone Anda saat memang Anda punya waktu luang/sedang kosong.

3. Buat rencana/jadwal untuk prioritas hidup Anda

Terkadang kita ini lucu, jika kita mau bertemu teman maka kita akan sibuk mengatur jadwal dan waktu, tapi jika untuk hal-hal yang lebih penting seperti mencapai tujuan hidup, kita malah tidak membuat rencana/mengatur jadwal kapan tujuan tersebut akan terealisasi.

Solusinya adalah buat jadwal rinci dalam pencapaian tujuan Anda, berikan tenggat waktu yang jelas dan realistis, dan mulailah untuk berkata tidak pada gangguan-gangguan yang ada selama diperjalanan.

4. Fokus

Diluar sana selalu ada jutaan hal yang bisa Anda lakukan, ingatlah apa yang paling penting dalam hidup Anda sekarang (tujuan Anda), lakukanlah sebagian langkah kecil untuk menuju kesana SEKARANG JUGA. Ingat nantinya akan ada “gangguan urgen” yang mengalihkan Anda, jadi fokuslah hari ini pada tujuan Anda mumpung belum ada gangguan-gangguan yang datang.

Otak kita biasanya sudah mengetahui apa yang harus kita lakukan, sesuatu yang dari dulu ingin Anda lakukan namun tidak pernah ada waktu untuk melakukannya, masalahnya kita lebih sering memprioritaskan sesuatu yang jangka pendek (gangguan) ketimbang yang jangka panjang (tujuan), jadi selama gangguan tersebut bukan sesuatu yang urgen dan tidak akan membunuh Anda, selalu pilih tujuan jangka panjang ketimbang gangguang jangka pendek yang ada, in the long run hal simpel seperti ini akan membuat perubahan yang sangat besar dalam hidup Anda.

5. Lakukan sekarang

cara mengatur jadwalMulai lakukan hal penting yang ingin Anda lakukan sekarang juga, jangan lagi menunda, jangan berikan waktu pada otak Anda untuk memikirkan hal lain, just start. Memulai itu biasanya adalah bagian yang paling sulit, namun kabar baiknya adalah sesuatu yang sulit dimulai biasanya juga sulit dihentikan jika sudah berjalan. So start NOW.



Itulah 5 cara simpel untuk memperbaiki dan mengatur manajemen waktu dalam hidup Anda, ingatlah bahwa gangguan akan selalu ada, alasan akan selalu ada sampai kapanpun, semua orang sukses berani mengambil keputusan yang sulit dan mereka mau mengorbankan kenyamanannya untuk mencapai sesuatu yang lebih penting.

Pada akhirnya mereka yang berhasil mencapai tujuan-tujuan hidupnya juga punya keberanian untuk mengorbankan sesuatu dalam hidupnya, you can’t have it all, maka dari itu gunakan waktu yang ada sebaik mungkin dan pastikan Anda memilih sesuatu yang betul-betul penting (the most important thing) dalam hidup Anda.

Good luck 🙂


Related Posts: