Cara Mengatasi Susah Tidur / Insomnia (Tips Agar Cepat Tidur)

tips agar supaya cepat tidurMendapatkan tidur yang cukup terkadang menjadi hal yang sulit didapatkan dijaman modern ini, kekurangan tidur bisa mengakitbatkan hari-hari Anda menjadi lebih melelahkan secara mental dan fisik, jika Anda mengalami masalah kurang/sulit tidur disaat yang tepat, ada tips yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur lebih cepat dan memperbaiki kualitas tidur Anda, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi susah tidur/insomnia:

1. Perbaiki kebiasaan Anda (fix your habit)

Salah satu alasan terbesar seseorang susah tidur dimalam hari adalah karena kebiasaan begadang (sayapun juga mengalaminya), biasanya ini disebabkan karena kita sibuk bermain smartphone/laptop di ranjang menonton YouTube, cek sosial media dan browsing-browsing internet sampai larut malam, akhirnya ini menjadi kebiasaan yang sulit dihentikan, beberapa contoh kebiasaan buruk yang tidak baik bagi kualitas tidur Anda dimalam hari yaitu:

  • Tidur siang terlalu lama
  • Main HP/laptop/internet sampai larut malam
  • Main game/menonton TV sampai larut malam

Khususnya bagi Anda yang suka buka internet, begitu Anda melihat sesuatu yang menarik maka otak Anda akan menstimulus tubuh untuk terus sibuk melihat/mencari hal tersebut lebih dalam lagi, tanpa terasa berjam-jam akan berlalu dengan cepat, karena itu cobalah matikan semua perangkat elektronik seperti TV, smartphone, laptop, khususnya saat Anda ingin istirahat (jam tidur). Matikan berbagai notifikasi pada smartphone (silent mode), tentu akan sangat menganggu jika Anda terbangun disaat hampir tidur karena suara notif dari HP.

Siapkan tubuh Anda untuk tidur disaat/jam yang sama setiap malam, ini akan membentuk kebiasaan sehingga tubuh akan menyesuaikan walaupun Anda tidak merasa mengantuk. Ketahui berapa banyak jam yang Anda perlukan untuk tidur, setiap orang memiliki waktu istirahat yang berbeda-beda, biasanya orang dewasa membutuhkan waktu tidur yang lebih sedikit dari anak-anak. Normalnya waktu tidur yang diperlukan manusia adalah:

  • Balita = 12-16 jam setiap hari
  • Anak-anak/remaja = 8-10 jam setiap hari
  • Orang dewasa = 7-9 jam setiap hari

Usahakan berhenti beraktivitas satu jam sebelum tidur, sangat penting bagi tubuh untuk rileks/istirahat sejenak sebelum Anda tidur, karenanya cobalah hentikan kegiatan apapun dimalam hari satu jam menjelang tidur sehingga otak dan tubuh bisa lebih tenang dan Anda bisa tidur dengan lebih pulas.

2. Jaga makanan/minuman Anda dimalam hari

Hindari minum kopi/kafein dimalam hari, kafein dapat menstimulus tubuh menjadi lebih siaga dan memperlama proses tidur dimalam hari, akhirnya Anda menjadi semakin susah tidur, artinya Anda harus menghindari berbagai minuman yang mengandung kafein seperti kopi (termasuk kopi bebas kafein), soda, dan teh non-herbal. Cokelat juga mengandung sejumlah kafein, sebaiknya Anda hindari makanan/minuman yang mengandung cokelat sebelum tidur.

Sebisa mungkin hindari makan 2 jam sebelum tidur, salah satu masalah dari makan sebelum tidur adalah tubuh mendapat ekstra kalori dari makanan yang membuat Anda semakin berenergi dan terjaga sepanjang hari, jika Anda makan saat jam tidur khususnya makanan yang mengandung gula, tentu tubuh Anda akan semakin terjaga sama seperti saat Anda mengkonsumsi kafein, jadi sebaiknya hindari makan 2 jam sebelum tidur, jika memang Anda merasa lapar cobalah makan sesuatu dengan porsi sedikit dan rendah gula seperti sepotong kecil apel/alpukat dan buah-buahan.

Jika Anda merasa haus cobalah minum teh herbal (yang tidak mengandung kafein) atau air hangat.

3. Matikan semua lampu/cahaya diruangan kamar tidur Anda

Menonton TV atau layar smartphone dimalam hari bisa sangat mengganggu kualitas tidur Anda karena layar elektronik memiliki pancaran sinar biru yang bisa menekan melatonin (hormon yang mengatur tidur) sehingga Anda menjadi terjaga lebih lama. Sama seperti saat Anda bermain HP/laptop diranjang, pancaran sinar layar ini sudah terbukti dapat menekan rasa kantuk dan membuat Anda tetap bangun sepanjang malam, kalaupun Anda memang tetap ingin bermain smartphone/internet dimalam hari, coba turunkan brightness/kecerahan layar Anda seminimal mungkin.

Selain itu cobalah untuk tidak menggunakan lampu tidur dikamar, jika Anda merasa tidak nyaman tidur dengan kondisi gelap total, gunakan lampu tidur yang memiliki warna gelap (dark light).



Itulah 3 tips simpel supaya Anda bisa cepat tidur, bagi Anda yang masih mengalami gangguan tidur, atau merasa susah tidur/insomnia padahal sudah melakukan berbagai cara/tips yang dianjurkan, sebaiknya konsultasikan masalah Anda pada dokter karena susah tidur juga bisa menjadi pertanda/gejala suatu penyakit yang serius (lebih baik mencegah daripada mengobati).


Related Posts: