Cara Mengatasi Rasa Kesepian & Tips Buat yang Hidup Sendirian


Mungkin kalian pernah merasa kesepian khususnya bagi yang perantauan dan jauh dari keluarga, pastinya bakal sering menjalani hari-hari sendirian saja, namun hidup sendiri juga ada bagusnya selain punya banyak waktu untuk diri sendiri, mereka yang hidup sendiri juga bisa jadi lebih mandiri. Rasa kesepian memang sering bikin kita gelisah apalagi buat yang jomblo terkadang dibayangi rasa panik akan ngenesnya hidup sendirian selamanya, namun jangan khawatir berlebihan karena ada beberapa cara dan tips yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan/mengatasi rasa kesepian tersebut.

Berikut ini tips untuk mengatasi rasa kesepian khususnya buat kamu yang hidup sendirian dan jomblo:

1. Memelihara hewan peliharaan

Cara yang paling gampang adalah dengan memelihara hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Bahkan terkadang hewan itu bisa jauh lebih baik dan lebih setia daripada temanmu, memelihara hewan yang lucu seperti kelinci dan marmut juga bisa memperbaiki mood kita sehari-hari.


2. Kurangi penggunaan sosial media

Sosial media sekarang bukan lagi jadi tempat interaksi antar sesama teman, tapi lebih ke tempat ajang pamer kehidupan apalagi banyak anak-anak kekinian jaman now yang suka pamer di Instagram atau Facebook posting sesuatu yang ga ada faedahnya sama sekali.

Bukan berarti sosmed itu buruk tapi gunakan secukupnya saja, jangan terlalu sering ngescroll halaman newsfeed karena selain bisa bikin kamu geram tanpa alasan juga bisa bikin kamu tambah kesepian karena melihat glamornya kehidupan orang-orang lain di sosmed yang “seolah” membahagiakan.

3. Atur suasana menjadi lebih bersemangat

Tips simpel supaya hidup kamu ga terlalu sepi:

  • Jika sedang dirumah jangan suka gelap-gelapan, biarkan cahaya matahari menyinari ruanganmu atau nyalakan lampu supaya suasana jadi lebih terang.
  • Jika memungkinkan lakukan kegiatan/pekerjaan kamu diluar, misalnya kamu blogger cobalah untuk bawa laptop kamu keluar rumah, menulislah di suatu cafe atau food court atau ditempat yang ramai seperti taman, intinya adalah kalau kamu mulai merasa kesepian sendiri cobalah keluar untuk bersosialisasi dengan dunia luar.
  • Coba setel musik yang bisa meramaikan suasana jadi ga kaku hening tanpa suara sama sekali, kalau kamu butuh ketenangan bisa coba setel lagu jazz yang slow atau musik-musik background dan instrumental lainnya seperti lagu-lagu yang sering diputar di Gramedia.

4. Cari tahu sumber penyebab rasa kesepian kamu

Apa yang membuat kamu merasa kesepian? Apakah karena kamu ga punya pacar? Atau ga punya sahabat yang bisa diajak curhat?

Setidaknya dengan mengetahui kenapa kamu merasa kesepian kamu bisa sedikit demi sedikit mencari solusi untuk menghilangkan rasa kesendirian tersebut, biar bagaimanapun kita manusia adalah makhluk sosial, ga bisa hidup sendirian aja tanpa bantuan siapapun, kalau memang butuh seseorang maka hubungilah mereka.

Alasan terbesar kenapa seseorang terus sendirian biasanya karena gengsi ga mau inisiatif duluan, ga mau ngehubungin orang lain duluan, ga mau sms/telpon duluan, bahkan sekedar say hello di WA atau message Facebook atau DM Instagram itu semua bisa menjadi awal dari perjalanan hubungan baik yang panjang kedepannya, namun itu semua sirna karena ga ada yang mau inisiatif memulai duluan.

Jadi mau sampai kapan jual mahal? Waktu kamu terbatas loh.

5. Biasakan diri dengan kesendirian

Kalaupun tips-tips diatas masih ga bisa menghilangkan rasa sepi di hati kamu, maka coba biasakanlah dengan dirimu sendiri, yang artinya belajarlah mencintai diri kamu sendiri karena kamu ga akan pernah bosan kalau kamu juga menikmati dirimu sendiri, menikmati kehidupanmu dan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati hidupmu adalah dengan mencari apa passionmu dan segera melakukannya, carilah sesuatu yang sejak dulu ingin kamu lakukan atau kamu impikan namun tidak pernah ada waktu untuk melakukannya, lakukanlah sekarang.

Nikmatilah dirimu sendiri, nikmatilah kehidupanmu, karena sebenarnya telah banyak nikmat yang telah diberikan padamu didunia ini.

Just enjoy yourself.


Related Posts: