Cara Menenangkan Hati & Pikiran Diri yang Kacau Dengan Mudah


Bagaimana cara menenangkan hati & pikiran diri yang sedang kacau? Apakah Anda sedang mengalami kegalauan tersebut? Untuk Anda yang sedang merasa gundah gulana dan bingung dalam menjalani hidup ini, tenanglah, dengarkan baik-baik, biarkanlah diri Anda merasa galau, biarkanlah diri Anda sedih sesaat, biarkanlah hati dan pikiran Anda kacau sementara, jangan melawan perasaan/emosi tersebut. Sifat dasar manusia pada dasarnya semakin dilarang akan semakin memberontak (reverse psychology), begitu pula dengan diri kita sendiri, semakin kita berusaha untuk melupakan sesuatu kita malah semakin ingat, semakin kita berusaha menghilangkan rasa galau/sedih kita malah semakin larut dalam kesedihan, jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menerima saja (pasrah) dengan emosi yang ada, jangan dilawan karena hanya akan memperburuk keadaan Anda, berikan diri Anda waktu untuk merenung/menyendiri dan menenangkan hati & pikiran Anda.

Ingatlah bahwa disaat Anda kacau/bimbang, akan selalu ada orang diluar sana yang berusaha membuat Anda menjadi lebih baik (contohnya saya), jika Anda merasa tidak pernah mendapat respek/perhatian yang cukup, disaat Anda sedih sebenarnya banyak orang yang akan bersedia membantu Anda baik itu dari keluarga dan lingkungan terdekat Anda, tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain disaat sedih daripada menjadi depresi dan menanggung semuanya sendiri, selalu ingat bahwa setiap orang juga memiliki masalah mereka sendiri-sendiri dan pada akhirnya semuanya akan tetap berjalan seperti biasa, semua orang pasti pernah mengalami luka hati/pikiran yang dalam namun seiring berjalannya waktu semua akan menjadi normal kembali, so give it time and move on.

Bagaimana cara mudah menenangkan hati dan pikiran yang kacau disaat kita sedang sendiri?

Salah satu mantra saya dalam menghadapi rasa sedih, galau, bimbang, termasuk mengatasi hati/pikiran yang sedang kacau adalah dengan bersyukur (as simple as that), selalu tanamkan ini dikepala Anda: Shut up and be grateful.


Diluar sana akan selalu ada orang yang keadaannya lebih parah dibanding Anda, masih banyak orang yang tidak memiliki rumah/tempat tinggal, bahkan banyak orang yang mungkin hari ini tidak bisa makan dan kelaparan, mengapa kita masih tidak bersyukur dengan nikmat yang sudah diberikan dalam hidup ini? Apakah kita selemah itu hanya karena masalah sepele sampai berlarut-larut dalam kekacauan/kesedihan padahal diluar sana ada jutaan orang yang sedang mati-matian memikirkan bagaimana supaya bisa bertahan hidup hari ini?

Faktanya jika Anda membaca tulisan ini berarti Anda sudah lebih kaya dan terdidik dari 50% penduduk dinegara ini, Anda punya akses informasi (internet) yang setengah dari orang Indonesia masih belum bisa dapatkan, artinya Anda memiliki kemampuan untuk mengedukasi diri Anda sendiri dalam subjek tertentu dan itu adalah modal yang sangat powerful jika digunakan dengan baik.

Kita hidup dijaman paling damai yang pernah ada dalam sejarah, kita hidup dijaman teknologi dimana semuanya serba mudah, kita hidup dijaman internet dimana semua informasi bisa kita dapatkan dengan gratis dimana orang-orang jaman dahulu harus membayar mahal untuk mengetahui apa yang bisa kita ketahui cuma-cuma sekarang.

Anda mungkin merasa tidak bahagia dengan keadaan keluarga karena broken home or something, tapi hampir 1/3 penduduk dunia hanya memiliki 1 orang tua (ayah/ibu), dan lebih dari 100 juta anak-anak tumbuh besar tanpa orang tua sama sekali (yatim piatu), bersyukurlah jika Anda masih memiliki orang tua dan keluarga yang lengkap.

Anda mungkin merasa minder karena tubuh yang gemuk/tidak ideal, tapi setidaknya Anda masih bisa menikmati makanan yang enak, Anda masih bisa mencari cara untuk mengubah keadaan dengan diet dan berolahraga.

Jika Anda bisa menempuh pendidikan SMA bahkan sampai kuliah, Anda sudah sangat beruntung, karena Anda bisa mengenyam pendidikan yang sebagian besar anak-anak Indonesia tidak bisa dapatkan, dan kemungkinan besar Anda tidak akan hidup susah apalagi mati kelaparan karena tidak mendapat pekerjaan.

Anda mungkin jomblo atau merasa kesepian, tapi setidaknya Anda masih memiliki keadaan sosial yang lebih baik dimana Anda bisa berkomunikasi dengan jutaan orang di internet, join dengan komunitas tertentu, bertemu orang-orang baru dengan mudah, menggunakan website/aplikasi dating, mencari teman dan jodoh online.

Tapi mungkin Anda sudah sering mendengar fakta-fakta diatas dan itu tetap tidak membantu Anda? Ya Anda memang beruntung tapi keberuntungan itu juga tidak cukup untuk menghilangkan rasa cemas, galau, sedih, dan penderitaan yang sedang Anda rasakan, Anda masih merasa stres karena masalah finansial seperti ada hutang yang harus dibayar, hubungan dengan pasangan yang sedang kacau, keluarga mengalami masalah, dan lain-lain, padahal Anda masih bisa hidup hari ini, makan enak setiap hari, punya akses internet, bisa tidur dikasur yang empuk, punya kendaraan pribadi, namun Anda tetap sedih karena hidup Anda tidak seperti seorang raja atau milyarder.

Faktanya adalah kalaupun Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda akan tetap saja merasa sedih/kacau disaat ada masalah baru datang, kebahagiaan bukan datang karena faktor keadaan, orang yang hidupnya bahagia adalah mereka yang bisa bersyukur dan menghargai apapun yang sudah mereka miliki apapun keadaannya.

Anda sudah sangat diberkati dalam hidup ini, kita semua yang sekarang bisa membaca tulisan ini sudah diberikan banyak kemudahan dalam hidup ini, dan ironisnya Anda akan tetap lupa dengan semua itu setidaknya sampai Anda ingat sendiri atau orang lain seperti saya mengingatkan Anda.

Choose to be grateful.

Percayalah seburuk apapun situasi Anda, semua bisa menjadi lebih buruk jika Anda terus-terusan berpikir negatif dan tidak bersyukur dengan apa yang sudah ada, pada dasarnya memang otak manusia cenderung lebih mudah berpikir negatif secara alami, secara psikologi kehilangan sesuatu akan terasa 2-3 kali lebih menyakitkan ketimbang kebahagiaan karena mendapatkan sesuatu yang sama. Inilah sebab banyak orang kaya dan terkenal lebih mudah stres disaat ada masalah, padahal kita merasa hidup mereka sudah sangat bahagia/makmur, semakin banyak kita mendapatkan sesuatu semakin banyak juga beban, tanggung jawab, dan ekspektasi yang diharapkan dari kita.

Itulah juga sebab media dan berita selalu menyajikan informasi negatif, karena hal-hal negatif lebih mudah viral (dibagikan/share), itulah sebab kita suka kepo melihat jika ada orang berkelahi atau kecelakaan, itulah sebab orang-orang suka nonton drama dan gosip di internet, namun ingatlah bahwa yang kita lihat dimedia/internet itu sebagian besar hanya yang buruknya saja, masih banyak hal-hal baik dan positif yang setiap hari terjadi didunia ini, ingatlah untuk selalu bersyukur, karena percaya atau tidak, bersyukur adalah cara terbaik untuk menyembuhkan semua emosi negatif dalam hidup ini, dan yang paling penting adalah it’s a choice, bersyukur adalah pilihan, apakah Anda mau bersyukur atau terus fokus pada hal-hal negatif dalam hidup ini?

Anda bisa bersyukur hari ini, detik ini sekarang juga. Kalaupun Anda masih merasa kesulitan untuk bersyukur, cobalah lakukan 1 hal simpel yang positif, 1 hal kecil saja yang bisa membuat Anda menjadi lebih baik, contoh seperti memberikan pujian pada karya orang lain diinternet, mengucapkan terima kasih pada seseorang yang sudah membantu Anda, meminta maaf pada orang yang pernah Anda kecewakan, post kalimat inspirasi di grup WA, Facebook/Twitter/Instagram, atau tersenyum saat berbicara dengan orang lain.

Mungkin Anda akan merasa aneh atau sulit melakukannya, tapi cobalah saja dan lihat apa yang terjadi, saya jamin tidak ada ruginya untuk Anda. Jadi ingat jangan lupa untuk bersyukur hari ini.

Good luck with your life 🙂


Related Posts: