Cara Unik Mencari Ide Bisnis / Peluang Usaha (Share Pengalaman)


Banyak orang yang buntu dalam mencari ide bisnis atau menemukan suatu peluang usaha untuk dijalankan, padahal sudah mondar-mandir ke berbagai blog/website, belajar dari buku-buku bisnis, mencari-cari mentor sampai ikut seminar/workshop motivasi usaha tapi tidak kunjung berbisnis pada akhirnya. Sayapun dulu juga begitu, saya luntang-lantung ga jelas mencari buku, seminar, arahan mentor, video-video YouTube dan sebagainya sampai akhirnya malah lebih banyak ngabisin waktu untuk mencari ketimbang melakukan.

Apa yang ingin saya tekankan adalah jangan terlalu lama mencari karena seiring berjalannya waktu kita malah menjadikan pencarian tersebut sebagai alasan untuk tidak bertindak (tidak berbisnis secara real). Anda pasti sudah sering mendengar ribuan cara untuk mencari ide bisnis/ide usaha diluar sana, namun disini saya akan berbagi (share) berdasarkan pengalaman saya pribadi yaitu dengan cara menolong diri Anda sendiri.

Apa maksudnya berbisnis dengan cara menolong diri sendiri? Saya sendiri sebenarnya juga baru menyadari hal ini, banyak bisnis diluar sana yang dibangun dengan pola helping yourself, saya sudah banyak sekali melihat pola serupa, seseorang yang melepas pekerjaannya lalu memutuskan untuk membuka usaha/bisnis dan mendapat ide untuk menolong orang lain dibidang yang sebenarnya ia butuhkan sendiri. Contoh:

  • Motivator yang merasa dirinya sendiri sulit termotivasi (pengalaman pribadi)
  • Pembimbing/pelatih kesehatan yang memiliki masalah dengan tubuh dan kesehatannya sendiri
  • Ahli psikologi yang punya pikiran negatif atau masalah kepribadian
  • Ahli marketing yang dagangannya tidak laku dan malah ngajarin orang lain (menjual buku/seminar) cara melakukan marketing yang baik dan benar
  • Tukang MLM yang ngajarin orang lain cara menjadi kaya padahal dirinya sendiri juga belum kaya

Tidak heran banyak orang mengatakan mahasiswa psikologi itu sebenarnya kuliah sambil berobat jalan, lucunya banyak bisnis diluar sana yang dibangun karena masalah pribadi dari para foundernya.


Kita semua sebenarnya melakukan dan menginginkan hal yang sama, basically we all want the same thing, kita ingin sukses, kita ingin bahagia, tapi yang jadi pertanyaan kita harus kemana untuk mencapai itu semua? Jika Anda bingung maka mulailah dari diri Anda sendiri, tolonglah diri Anda sendiri (help yourself), saya sendiri membuat blog Solusik ini karena ingin memotivasi banyak orang termasuk diri sendiri, tanpa sadar saya menulis artikel demi artikel, tak terasa hampir 2 tahun berjalan sekarang blog ini sudah memiliki ratusan artikel dan ratusan ribu visitor setiap bulannya.

Dulu setiap hari saya berkunjung ke berbagai blog motivasi, blog bisnis, dan blog mengenai kehidupan, membuat berbagai banyak rencana bisnis (business plan) sampai akhirnya saya sadar bahwa saya menggunakan perencanaan sebagai alasan untuk bermalas-malasan, menggunakan “rencana” sebagai bagian dari tindakan (padahal rencana itu adalah bagian dari penundaan).

Untuk menghindari hal itu saya mencoba untuk melakukan hal terdekat yang bisa saya lakukan sesegera mungkin (bisnis online) dan berusaha mengambil tindakan selangkah demi selangkah setiap hari. Saya juga harus menjual keahlian saya, bukan hal yang sekedar saya suka atau bisa, dalam dunia bisnis ada ribuan kompetitor yang siap mencuri market Anda, karena itu kita harus lebih baik atau setidaknya lebih beda untuk bisa menghadapi persaingan yang ada.

Jadi kalau Anda masih bingung bagaimana cara mencari ide bisnis/peluang usaha, cobalah:

  • Lihat aktivitas keseharian Anda, kita semua memiliki passion namun sering mengabaikannya dengan terus mencari, lihat history browser Anda, apa yang mendominasi keseharian Anda, apa yang selalu ada dibenak Anda setiap hari, pasti ada topik/sesuatu yang selalu Anda pikirkan namun sayangnya tidak pernah Anda kerjakan/lakukan.
  • Coba pahami apa masalah Anda, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cobalah menolong orang lain dibidang yang juga Anda butuhkan, karena dengan begitu Anda bisa menolong orang lain sekaligus menolong diri Anda sendiri.

Ironisnya sebagian besar dari kita sudah tahu jawabannya namun masih tidak melakukannya karena takut, takut mencoba dan tidak mau gagal.

Untuk menutup artikel ini saya ingin gunakan quotes unik dari seorang petinju, seorang petinju yang tidak takut dengan siapapun namun hanya satu yang ia takuti. Dia berkata “You know who I was scared of? It wasn’t the opponent who was faster than me. It wasn’t the opponent who was stronger/bigger than me. It wasn’t the opponent who trained harder than me. It was the fighter who never stopped coming after me”.

Petinju itu tidak takut dengan siapapun walau lawannya lebih cepat, lebih kuat, lebih besar, bahkan jika lawannya berlatih lebih keras sekalipun, ia hanya takut pada petarung yang tidak pernah kenal lelah untuk terus melawannya (pantang menyerah).

Begitu pula dengan bisnis, when you start a business, it will be a fight, never stop fighting. Jangan pernah menyerah, jangan pernah berhenti, teruslah berusaha sekecil apapun usaha Anda entah itu dengan menulis 1 artikel, mengupload 1 video, menjual 1 produk, atau membuat 1 karya, tetaplah berjuang, Anda tidak akan kalah selama Anda masih bertarung.


Related Posts: