Cara Memulai Usaha / Bisnis Online (Tips Mencari Peluang di Internet)


Banyak yang bertanya gimana sih cara memulai usaha atau bisnis online di internet, gimana cara/tips mencari peluang di internet? Kali ini saya akan coba membagikan tips berdasarkan pengalaman pribadi mencari dan memulai usaha online, apa saja yang perlu kita lakukan diawal dan apa langkah-langkah selanjutnya yang harus dikerjakan. Tanpa banyak basa-basi, mari kita bahas satu persatu:

1. Mencari dan memvalidasi ide

tips mencari peluang internetTahap pertama tentu kita harus mencari ide untuk dikerjakan, usaha apa yang ingin Anda kerjakan, tidak usah terlalu bingung Anda cukup jawab beberapa pertanyaan ini:

  • Apa kelebihan/bakat Anda? Tulis semuanya satu-satu.
  • Apa keinginan/kesukaan/passion/hobi Anda?
  • Berapa banyak tabungan/modal/uang yang Anda punya sekarang dan seberapa banyak uang yang Anda rela untuk kehilangan jika seandainya gagal?
  • Apa kira-kira bisnis online yang Anda ketahui dan bisa Anda kerjakan sekarang juga dengan apapun yang sudah ada, detik ini juga?

Yang terpenting adalah pastikan semua itu REALISTIS untuk dikerjakan sekarang juga, bukan sesuatu yang idealis namun faktanya hanya bisa dibayangkan dikepala Anda saja, kalau memang kenyataannya Anda kekurangan modal/ilmu/skill maka cobalah mencari modal terlebih dahulu dengan bekerja, selalu ada pekerjaan yang bisa Anda lakukan di Jobstreet dan kerjaan freelance di Projects (modal bisa dicari kalau kita niat), cobalah belajar dan cari ilmu/skill yang Anda perlukan (via forum, blog, googling, dll), contoh saat saya dulu memulai sebagai berikut:

  • Saya suka browsing dan berselancar di internet (online seharian), saya suka melihat perkembangan e-commerce di Indonesia, rajin baca segala sesuatu tentang startup, entrepreneurship, online shop, dan blogging.
  • Saya memiliki sedikit skill coding, bisa membuat website seadanya dengan WordPress dan CMS lain yang sudah ada, tahu basic-basic tentang cPanel, hosting, dan webmail.
  • Saya punya modal saat itu 2 juta rupiah, dan sudah siap & rela kehilangan uang 1,5 juta kalau memang seandainya apa yang saya kerjakan gagal.
  • Peluang yang saya lihat saat itu “available” dengan modal (1,5 jt) & skill yang sudah ada adalah membuat toko online (berbasis dropship) atau membuat blog.

Kalau Anda masih bingung mencari bisnis apa yang bisa dikerjakan, coba lihat beberapa peluang usaha modal dibawah 10 juta berikut, selain itu pastikan juga Anda tidak mengikuti program/usaha yang berbau scam dan penipuan. Sebenarnya untuk mengenali dan menghindari penipuan di internet gampang-gampang susah, gampangnya karena kita cukup lihat apakah bisnis tersebut “too good to be true” karena hampir semua bentuk penipuan online selalu too good to be true, susahnya adalah penipu terus berinovasi dengan tipuannya setiap hari dan malangnya masih banyak orang yang terus tergiur dengan iming-iming palsu hanya karena dijanjikan cepat kaya, kerja gampang dan hasil yang instan. Beberapa artikel sharing berikut bisa membantu Anda untuk menghindari penipuan online:

2. Selalu mencari tahu

Semua orang yang berbisnis awalnya juga tidak tahu apa-apa, sedikit rahasia hidup bahwa sebenarnya semua pebisnis sukses yang sering kita lihat itu bukan sukses karena mereka tahu apa yang harus mereka lakukan, mereka sering memulai tanpa tujuan, bahkan mereka memulai tanpa petunjuk, dan mereka menemukan pilihan tersebut diperjalanan mereka, dan saat menemukannya mereka mengejar peluang tersebut secepat mungkin dan terus-menerus, dan pada saat yang tepat mereka siap meloncat kepada pilihan berikutnya yang lebih baik.

Dalam bisnis, jika kita mau mempertanyakan segalanya (question everything), memikirkan segala sesuatunya lebih dalam dan bekerja keras, maka kita bisa belajar berbisnis dengan lebih cepat (kenyataannya tidak sesulit yang Anda bayangkan). Ketika saya memulai bisnis online berbasis dropship, saya mengirim email kepada CEO dari salah satu pemilik startup e-commerce di Indonesia (tanya-tanya dan minta tips seputar toko online), saya bertanya tips & trik marketing online shop pada seorang CEO digital agensi, dan saya terus mencari ilmu dari pakar-pakar dibidang yang saya butuhkan secara langsung (first hand experience), entah dengan ikut workshop, menonton livestream, browsing diberbagai blog/forum, sampai bertanya langsung secara pribadi.

Tentu yang tidak kalah penting adalah dipraktekan, mau buat toko online? Segera buat nama toko dan buat akun di Facebook, Twitter, Instagram, dll dengan nama brand kita, segera cari nama domain, cari supplier (googling), beli hosting + CMS, marketingkan online shop kita di sosmed, forum, SEO, dll. Kalau Anda cukup tertarik dengan perjalanan saya memulai bisnis dropship dari nol, Anda bisa baca rincian step-by-step nya lengkap disini:

Share pengalaman reseller dropship

3. Minta pendapat orang-orang didekat Anda

Salah satu kesalahan bodoh yang saya lakukan diawal adalah merahasiakan bisnis saya dari teman-teman bahkan keluarga, akhirnya saya menjadi “self-center” dan merasa segala sesuatunya akan setuju dengan pemikiran dan selera saya. Seringkali saya menjual produk yang tidak ingin dibeli/dibutuhkan orang, seringkali saya menulis artikel yang tidak ingin dibaca/diminati orang, maka dari itu kita perlu bantuan orang lain untuk ikut menilai dan “menginvestasikan ide” mereka kedalam bisnis kita.

Bahkan mereka juga bisa mengetahui apakah kita sedang menjalani bisnis yang salah, apakah kita sedang stuck dan tidak berkembang, karena saat berbisnis kita sering lupa diri dan sibuk dengan rutinitas kita sendiri, tanpa sadar kita tidak tahu bagaimana perkembangan sebenarnya dari bisnis yang kita jalani, apakah kita benar-benar berkembang atau justru sedang menggali lubang kuburan sendiri?

4. Jangan takut salah

Jagan ragu mencoba hal-hal baru dan melakukan kesalahan (selama itu tidak membunuh Anda), jika Anda menemukan metode/peluang marketing baru, cobalah gunakan/kerjakan secepat mungkin, rajin-rajinlah bereksperimen karena salah satu kelebihan bisnis diawal yang masih kecil adalah kita lebih mudah berubah (fleksibel) dan konsumen/user tidak akan terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Saat saya berdagang online dulu bahkan saya menjual peralatan olahraga dan alat-alat self-defense (padahal saya jualan aksesoris komputer), dan ternyata laku keras, inilah yang membuat saya akhirnya berani menyetok aksesoris olahraga yang laku keras tersebut dalam jumlah banyak dan mulai beralih menjadi seller tangan pertama di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak (naik kelas dari reseller-dropship menjadi tangan pertama).

Blog Solusik ini juga awalnya hanya membahas soal motivasi dan kehidupan, lalu saya mulai coba-coba menulis kategori tentang bisnis, karir, blogging, online shop, dan yang terbaru saya mulai menulis tentang gaming. Teruslah bereksperimen kecil-kecilan, jika memang berhasil maka maksimalkan sebaik mungkin, jika gagal yasudah toh tidak ada ruginya buat Anda.

Faktanya tidak ada yang begitu peduli dengan kesalahan Anda, yang terpenting adalah Anda melakukan apa yang memang perlu Anda lakukan untuk terus maju dan berkembang setiap hari.

5. What’s next?

Apa yang selanjutnya harus dilakukan? Just do it, keep moving forward, walaupun saya sekarang memiliki blog yang sudah menghasilkan jutaan rupiah setiap bulan, saya tetap tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya, apakah blog ini akan gagal atau semakin sukses, apakah diujung jalan sana nantinya kita akan mendapatkan kesuksesan yang kita inginkan atau mungkin hanya kegagalan lain yang sedang menunggu?

You’ll never know unless you keep moving forward.

Anda tidak akan pernah tahu kecuali Anda terus melangkah, masalahnya adalah apakah ini jalan yang benar atau jalan yang salah? Artikel ini bisa memberi petunjuk untuk Anda yang sedang galau dengan apa yang Anda kerjakan sekarang:

Apakah saatnya berhenti atau maju terus



Walau orang-orang diluar selalu mengatakan bisnis online itu mudah dikerjakan, memulai usaha di internet itu ga butuh modal dan bla.bla.bla, pada akhirnya saya percaya bahwa bisnis online itu tetap butuh modal, tetap butuh ilmu dan skill, tetap butuh kerja keras dan tentu ada resikonya.

Bahkan saya berani katakan kompetisi bisnis online itu jauh lebih kompetitif daripada bisnis konvensional karena jelas pemainnya lebih banyak, mereka bersaing satu sama lain memperebutkan market yang terbatas, dan hanya sedikit yang bisa bertahan sampai akhir, mereka-mereka inilah yang sering kita lihat sukses diatas sana padahal dibalik itu semua ada ratusan pebisnis online lain yang gagal/bangkrut karena tidak mampu bersaing, jadi untuk Anda yang ingin berbisnis online, perlakukanlah bisnis Anda dengan lebih serius dan profesional. Good luck.


Related Posts: