Cara Membuat Blog / Website Menghasilkan Banyak Trafik & Uang

Jika Anda memiliki blog atau website bisnis online, pastinya Anda perlu mencari trafik/customer potensial yang nantinya akan membeli/melakukan sesuatu di website Anda, seringkali kita bingung bagaimana cara membuat blog atau website yang sudah kita buat jadi ramai pengunjung (visitor) dan terlebih bagaimana mereka akhirnya melakukan pembelian/transaksi yang kita inginkan, karena itulah kita melakukan berbagai jenis marketing.

Marketing itu sendiri kadang simpel kadang juga bisa rumit, tidak ada satu perusahaan/brand yang bisa membuat dirinya terus diperhatikan, karena itu kita harus menyampaikan apa yang ingin kita sampaikan kepada customer sesingkat dan sepadat mungkin. “Here is the product and here are the features”, dalam waktu sesingkat-singkatnya pastikan customer tahu apa yang Anda jual dan keuntungan/value apa yang bisa mereka dapatkan dari sesuatu yang Anda tawarkan.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan trafik dan uang (customer) untuk blog/website/bisnis saya?

Try everything. Then, double down on anything that works even a little.

Coba semua cara yang Anda bisa, lalu fokuskan pada chanel yang membawa hasil sekecil apapun itu dan lipat gandakan. Contoh seperti blog ini yang menghasilkan ratusan ribu trafik setiap bulannya, saya memulai dari mencoba marketing dengan SEO, sosial media (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube), forum marketing, sosial bookmark, email marketing, SMS, iklan (ads), dan guest blogging, dari situ lalu saya fokuskan pada channel-channel yang bisa membawa trafik dan melipat gandakan channel yang menyumbang trafik terbesar untuk situs ini yaitu SEO.

Jika Anda memiliki blog/website bisnis online dan ingin mendapatkan trafik potensial, maka cobalah:

  • SEO (baca juga: Belajar SEO cepat dan mudah)
  • Sosial media marketing (coba buat Facebook Page, akun Twitter dan Instagram, termasuk channel YouTube)
  • Direct sales (gunakan SMS, email, cold calling/telfon, brosur, dll untuk mempromosikan bisnis dan website Anda)
  • Jika tidak mau repot Anda bisa gunakan jasa digital marketing (digital agensi)
  • Jangan sungkan untuk promosi menggunakan iklan/ads (seperti Facebook ads, Google AdWords, dll)
  • Manfaatkan konten marketing, ciptakan tulisan/blog yang bisa menarik orang untuk datang ke website Anda
  • Kerja sama dengan blogger/influencer atau pemilik website/bisnis lain yang bisa menciptakan situasi win-win
  • Adakan event/kampanye kreatif seperti lomba dan undian berhadiah yang bisa menciptakan efek viral

Kita semua tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda, cobalah semuanya yang Anda bisa, lalu lipat gandakan pada yang bisa membawa hasil, faktanya diawal-awal bisnis lipat gandakanlah apapun yang bisa membawa Anda kepada 1 customer/penjualan, karena dari 1 penjualan, artinya Anda bisa mendapat 2 penjualan, dan seterusnya sampai 10 penjualan dan ratusan penjualan.

Lalu muncul pertanyaan kalau ga laku gimana?

Apapun bisa laku asal kita tahu cara memarketingkannya.

Karena itulah orang yang bekerja dibidang kreatif/seni juga harus bisa bisnis dan marketing karena sebenarnya tidak ada barang/karya yang tidak laku, yang ada hanyalah barang yang dipasarkan secara salah. Apapun bisa dijual dan laku asal Anda tahu kapan dan dimana harus menjualnya.

Contoh produk Apple yang mahal-mahal seperti iPhone dan Mac masih bisa laku di Indonesia karena mereka tahu bagaimana memosisikan brandnya, mereka menarget orang-orang golongan atas dengan branding mereka yaitu “Think Different” kita tahu bahwa dijaman sekarang dalam branding menjadi lebih beda lebih baik daripada menjadi lebih baik (in branding different is better than better), tidak heran walaupun smartphone Android memiliki harga lebih murah dan spesifikasi lebih bagus namun iPhone masih bisa tetap laku dan bersaing disini, rasa “berbeda” inilah yang menjadi daya tarik Apple bagi orang-orang kaya (golongan atas) karena tentu mereka ingin menjadi kelompok yang spesial/berbeda dengan menggunakan produk-produk yang spesial juga.

Sebaliknya, produk yang murah-murah seperti Xiaomi juga bisa laku di Indonesia karena mereka tahu sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan golongan menengah kebawah tapi tetap ingin memiliki smartphone yang mumpuni dengan spesifikasi terbaru, tidak heran berbagai smartphone Android laku keras di Indonesia.

Intinya adalah selama kita tahu kapan dan dimana harus memarketingkan produk-produk kita maka apapun yang kita jual bisa laku, yang salah adalah jika Anda berusaha menjual produk yang bisa memuaskan semua orang, Anda merasa market bisnis Anda adalah semua orang, jika target market Anda adalah semua orang sama saja Anda tidak memiliki market karena artinya produk yang Anda jual tidak memiliki karakter sama sekali, tanpa karakter maka tidak ada branding yang bisa Anda sampaikan pada customer.

Itulah resiko bisnis, Anda harus siap menciptakan blog/website/karya/produk yang mungkin bisa disukai orang dan juga dibenci orang, faktanya jika tidak ada 1 orangpun yang belum membenci Anda (haters) kemungkinan Anda belum begitu sukses.



Jadi bagaimana cara membuat blog/website/karya/produk yang sukses?

It’s simple, coba semua cara yang Anda bisa dan fokus pada yang bisa membawa hasil terbaik. Kalau tidak laku, coba periksa kembali cara marketing Anda (ingat kebanyakan karya/produk tidak laku karena dimarketingkan secara salah), jika masih tidak laku, coba cek karya/produk Anda apakah berkarakter dan mentarget market tertentu (market semua orang = no market), dan terakhir kuncinya adalah fokus. Fokus pada apa yang bisa membawa hasil terbaik dan maksimalkan sebaik mungkin.


Related Posts: