Cara Membentuk Disiplin Belajar Diri Sendiri Dengan Cepat & Mudah

Apakah Anda memiliki masalah dalam disiplin, baik itu disiplin dalam belajar maupun bekerja? Bagaimana cara membentuk disiplin belajar/bekerja dengan mudah & cepat? Kenyataannya menjadi orang yang disiplin itu tidaklah mudah, namun setidaknya Anda bisa mendapat dorongan yang kuat atau motivasi lebih dengan mempraktekkan 3 tips simpel berikut ini.

membangun rasa disiplin kerja1. Milikilah tujuan yang lebih besar

Yang pertama adalah miliki tujuan yang jelas. Sebelum membulatkan tekat, tanyalah dulu mengapa Anda ingin disiplin. Anda tidak akan bisa menjadi disiplin jika Anda tidak mengetahui tujuan dari kedisiplinan Anda. Apakah ada suatu goal/tujuan yang ingin Anda capai? Apakah tujuan tersebut cukup besar dan menantang? Jika tidak maka segera cari tujuan yang lebih besar, karena tujuan-tujuan yang kecil itu mudah sekali dilupakan dan disepelekan, akhirnya kita menjadi semakin malas dan terus menunda-nunda.

Dengan tujuan yang lebih besar tentu Anda akan mendapatkan hadiah/reward yang lebih besar, dengannya Anda akan lebih termotivasi, lebih semangat, dan lebih merasa “worth it” dalam berjuang, maka dari itu visualisasikanlah dengan jelas tujuan Anda, tanyalah:

  • Apa yang akan saya dapatkan dari tujuan/goal yang akan saya capai?
  • Seberapa keras saya harus berusaha, disiplin dan konsisten untuk mencapai tujuan tersebut?

Tujuan ini harus spesifik, tidak bisa seperti hanya berkata “saya ingin sukses” atau “saya ingin kaya”, jika tujuan Anda mengambang (ga jelas) seperti itu, maka saya yakin Andapun akan bingung mau disiplin dalam hal apa.

Coba buat tujuan yang lebih jelas seperti “saya ingin buat toko online kaos polos yang bisa menghasilkan penjualan 10-20 item per hari dengan profit rata-rata 500 ribu sehari”, buatlah detail tujuan Anda dengan spesifik dan realistis, lalu buat rencana/tindakan yang didalamnya perlu kedisiplinan sehingga tujuan itu bisa tercapai dengan nyata.

2. Pilih lingkungan yang bisa membantu membentuk rasa disiplin Anda

Saya selalu mengatakan bahwa pengaruh lingkungan itu sangat-sangat penting dalam hidup ini, secara tidak langsung semua aspek dalam kehidupan Anda dipengaruhi oleh lingkungan, lingkungan ini tidak terbatas pada lingkungan fisik tetapi juga bisa seperti forum yang sering Anda kunjungi di internet, website/blog yang Anda baca, video-video internet yang Anda tonton, grup sosial media dan semacamnya, semua itu juga termasuk lingkungan.

Sekarang coba renungkan kembali apakah lingkungan Anda membantu pencapaian goal/tujuan Anda? Apakah mereka (lingkungan) bisa memberikan semangat/dorongan/motivasi dalam membentuk rasa disiplin Anda dalam mencapai tujuan?

Jika tidak maka segera ganti lingkungan Anda, percaya atau tidak nasib kita semua sebagian besar dipengaruhi dan ditentukan oleh lingkungan, maka dari itu jangan sampai Anda salah memilih lingkungan, faktanya jauh lebih mudah menjadi rusak karena pengaruh teman dan lingkungan ketimbang menjadi baik karena lingkungan. Manusia pada dasarnya lebih mudah tergoda pada sesuatu yang negatif/buruk karena jadi orang yang “bad” itu sangatlah mudah, sedangkan jadi orang yang sukses dan disiplin itu jauh lebih boring dan melelahkan.

Karena itu bijak-bijaklah dalam memilih lingkungan.

3. Membangun kebiasaan (habit)

profesi menentukan masa depanSetiap orang memiliki caranya masing-masing dalam membangun habit/kebiasaan dan memang cara termudah untuk mencapai suatu tujuan adalah dengan membangun kebiasaan yang bisa membawa kita selangkah lebih dekat dengan tujuan kita.

Tidak usah berpikir yang muluk-muluk, saya selalu berprinsip “think big, act small”, miliki tujuan yang besar namun tetap mulailah dengan tindakan-tindakan kecil yang nyata dengan konsisten, pada akhirnya impian sebesar apapun tidak ada artinya tanpa adanya eksekusi.

Pada awalnya kita mungkin membutuhkan motivasi yang kuat untuk bertindak (karena itulah kita merenungkan tujuan kita diawal), setelah itu mulailah membangun kebiasaan dengan terus konsisten setiap hari selangkah demi selangkah mencapai tujuan itu sampai akhirnya Anda tidak lagi membutuhkan motivasi untuk terus maju, bahkan tanpa sadar Anda akan bergerak dengan sendirinya mencapai tujuan itu.

Contohnya seperti saya dulu itu malas sekali ngeblog, waktu saya menulis 20 artikel pertama itu rasanya bosan dan melelahkan, tapi saya tetap menulis dan menulis, saya memotivasi diri sendiri setiap hari untuk menulis, sampai akhirnya tanpa sadar saya telah menulis ratusan artikel diblog ini, pada awalnya memang terasa berat dan membayangkannya bikin malas/ga semangat, karena itulah kita perlu memotivasi diri kita setiap hari, kembali lagi pada tujuan diawal, visualisasikan dengan jelas tujuan Anda, jika memang tujuan Anda “worth it” maka pastinya Anda akan terus bergerak selangkah demi selangkah menggapai impian tersebut.

Cara lain memotivasi diri Anda bisa juga dengan membaca quotes-quotes motivasi, atau buku-buku inspirasi, atau bisa juga blog dan video yang memberikan semangat dan energi positif untuk kehidupan.

Pada akhirnya semua kembali pada gaya/selera Anda sendiri, dengan cara apa Anda ingin memotivasi dan membangun kebiasaan dalam pencapaian hidup Anda? Andalah yang menentukan jalan hidup Anda.



Itulah tadi 3 cara simpel untuk membantu Anda membentuk rasa disiplin entah dalam belajar, bekerja, atau berbisnis, akhir kata cobalah mempraktekkan mantra simpel ini yang selalu efektif dalam setiap pencapaian hidup yaitu: Think big, act small.


Related Posts: