Cara Menjalani Gaya & Pola Hidup Sehat Dengan Mudah (Tips Simpel)


Kita semua tahu bahwa kesehatan adalah kekayaan yang sangat berharga dalam hidup ini melebihi uang dan kekuasaan, namun lucunya adalah kenapa masih banyak orang miskin yang suka merokok dan merusak kesehatannya sendiri? Sudah miskin kok malah membuat dirinya makin miskin dengan merusak harta satu-satunya yang justru paling berharga dalam hidupnya. Sebenarnya banyak cara untuk menjalani gaya dan pola hidup sehat dengan mudah, Anda tidak perlu mengikuti berbagai panduan khusus, bergabung member fitness atau bahkan menghire dokter/konsultan kesehatan.

Diluar sana banyak orang sakit yang rela melakukan apa saja dan mengeluarkan uang berapapun supaya bisa sehat kembali, jadi bagi Anda yang masih sehat sangat tidak bijak jika Anda tidak menjaga harta mahal tersebut karena pada akhirnya apapun yang Anda miliki akan percuma jika kesehatan Anda tidak terjaga dengan baik. Menjaga diri untuk tetap sehat itu tidaklah sulit, tidak perlu banyak pengetahuan/ilmu khusus, bahkan gaya dan pola hidup sehat bisa dilakukan dengan gratis, yang Anda perlukan hanyalah pikiran yang positif dan menjaga fisik tubuh dengan makanan yang sehat serta berolahraga.

Berpikir positif

Hampir segala penyakit berawal dari pikiran, orang yang suka berpikir negatif (mikir yang engga-engga) cenderung lebih gampang stres dan terkena penyakit, bahkan memikirkan kalau diri kita akan sakit (padahal ga sakit) juga bisa menjadi awal dari penyakit pikiran yang berujung pada rasa depresi dan penyakit jiwa (mental illness). Namun jangan takut karena kita sebagai manusia memiliki otak dan pikiran untuk berpikir secara positif, bahkan sebenarnya kita bisa berpikir positif dalam keadaan apapun asal tau cara mengakalinya.


Jadi langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menuju pola dan gaya hidup yang sehat adalah dengan berpikir secara positif, jangan berpikir yang aneh-aneh, milikilah tujuan atau goal yang jelas, karena biasanya seseorang mudah terganggu pikirannya saat sedang nganggur dan tidak memiliki sesuatu untuk dicapai.

Baca juga: Tips mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup

Makan makanan sehat

Selain menjaga kesehatan pikiran kita juga perlu menjaga kesehatan tubuh (fisik) dengan makan-makanan yang sehat dan menghindari konsumsi zat-zat yang berbahaya seperti rokok, alkohol, dan obat-obatan yang tidak baik bagi tubuh.

Banyak orang mengira untuk menjaga pola hidup sehat itu akan terasa tidak menyenangkan, mungkin karena mereka berpikir kita harus makan sayur setiap hari atau menjadi vegetarian untuk menjalani gaya hidup sehat, padahal cara hidup sehat bisa dilakukan dengan mengimbangi makanan antara daging dan sayur secara konsisten, kita juga masih bisa ngemil yang manis-manis dan makan apapun yang kita suka selama bukan hal-hal yang memang merusak seperti rokok/alkohol, kuncinya adalah jangan makan secara berlebihan dan imbangi dengan sayur/makanan organik supaya tubuh kita tidak hanya terisi oleh daging/lemak semata.

Olahraga

Kalau Anda orang yang termasuk sibuk karena rutinitas dan pekerjaan maka bisa sempatkan diri pada hari libur (Sabtu/Minggu) untuk berolahraga sesaat, bahkan dengan sekedar latihan pemanasan 15 menit setiap hari seperti push up dan sit up, kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan merilekskan otot-otot yang kaku selama bekerja dengan sangat mudah, apalagi bagi Anda yang sering bekerja duduk seharian didepan komputer, jangan lupa untuk bangun dari kursi Anda selama beberapa menit untuk memperbaiki posisi tulang dan sendi Anda agar tidak kaku.

Kalaupun Anda malas untuk melakukan gerakan yang berat seperti push up, Anda bisa lakukan senam ringan seperti meregangkan tangan keatas/kesamping, melompat ditempat, menekuk lutut dan punggung, serta memutar-mutar sendi dibagian kepala sampai kaki secara perlahan, itu semua sangatlah simpel bahkan kita terkadang melakukannya tanpa sadar dengan sendirinya (refleks tubuh).



Itulah bagaimana cara menjalani gaya dan pola hidup sehat dengan mudah, sebenarnya semua orang bisa menjalaninya tapi masih banyak orang yang tidak melakukannya dengan alasan seperti keadaan lingkungan, tuntutan kerja, batasan waktu, dan semacamnya, namun tetap pada akhirnya kesehatan adalah yang paling penting, apapun yang Anda punya semua akan percuma jika kesehatan Anda yang menjadi korbannya, jadi janganlah menyia-nyiakan harta yang paling berharga dalam hidup ini yaitu kesehatan.

Kesimpulannya adalah jangan lupa untuk berpikir positif, imbangi makanan yang Anda makan, dan berolahragalah sejenak untuk menjalani hidup sehat setiap harinya.


Related Post: