Tips Cara Cepat & Mudah Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula


Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa asal benua Asia yang cukup banyak penggunanya, karena kemajuan pengetahuan dan teknologi terutama dibidang robotika, banyak ilmuwan serta pelajar dari negara lain yang berbondong-bondong menuju Jepang untuk belajar. Otomatis, karena negeri matahari terbit ini sangat menjunjung tinggi nasionalisme negaranya, para pendatang yang ingin belajar harus mau pelan-pelan belajar bahasa Jepang.

Sebelum menjadi negara yang semaju sekarang, Jepang juga pernah mengalami kehancuran hebat di masa Perang Dunia II. Di tahun 40-an, Jepang bekerjasama dengan Jerman untuk menyerang negara-negara Asia dan Pasifik demi mengukuhkan eksistensi sebagai negara besar. Jepang menguasai hampir sebagian negara-negara Asia, termasuk Indonesia dalam kurun waktu beberapa tahun saja. Hal itu disebabkan teknologi yang sudah semakin maju dan mental prajurit Jepang yang berani mati di medan pertempuran.

Di Indonesia sendiri semenjak penjajahan Jepang masuk, sudah mulai banyak para pemuda dan juga pejabat yang belajar bahasa Jepang untuk berkomunikasi dengan perwakilan Jepang. Bahkan menurut beberapa pendapat ahli sejarah, pembagian daerah kewilayahan dari provinsi hingga kelurahan itu merupakan warisan negeri sakura. Di Jepang juga dikenal pembagian daerah yang mirip dengan negeri Indonesia hanya berbeda penyebutannya.

Jepang juga memiliki kontur geografis yang berisiko tinggi munculnya gempa dan tsunami, dengan kondisi alam yang cukup tidak bersahabat itulah maka penduduk Jepang memiliki karakter kerja keras tinggi dan beradaptasi untuk bisa terus maju. Untuk Anda yang kagum dengan budaya, karakter, kedisiplinan atau ingin traveling ke negara tersebut, rasanya cukup perlu belajar bahasa Jepang agar bisa sedikit-sedikit berkomunikasi di sana. Bagaimana cara belajar bahasa Jepang dengan mudah untuk seorang pemula? Apakah ada tips cara cepat dan gampang belajar bahasa Jepang secara otodidak?


Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang, inilah beberapa kiat/tips cara belajar bahasa Jepang untuk pemula:

1. Kuatkan niat

Temukan apa niat Anda untuk belajar bahasa Jepang, apa motivasi Anda? Perlu diketahui jika dalam bahasa Jepang ada tiga jenis huruf yang harus Anda kuasai. Sebagai pembelajar dasar, Anda harus menguasai katakana dan hiragana. Namun jika Anda ingin bisa lebih lancar berkomunikasi dan traveling dinegara tersebut tanpa bantuan penerjemah, maka Anda harus menguasai ratusan huruf kanji paling dasar yang paling sering ditemui di jalan-jalan dan juga berbagai fasilitas umum di Jepang. Jika niatnya sudah kuat dan Anda juga memiliki alasan yang bisa memaksa Anda belajar secara rajin, pasti semangat belajar tidak akan turun hanya karena gangguan kecil.

2. Beli flashcard hiragana dan katakana

Hiragana dan katakana adalah karakter huruf paling sederhana yang serupa huruf-huruf dalam aksara jawa dalam pelafalannya. Hiragana digunakan untuk membantu Anda membaca huruf kanji atau sebagai partikel dalam sebuah struktur kalimat. Katakana digunakan untuk menjelaskan kalimat dari serapan bahasa asing. Belilah flashcard hiragana dan katakana atau bisa juga mendownload aplikasi yang banyak tersedia gratis di Playstore. Hafalkan satu huruf tiap hari dengan latihan menulis dibuku tulis. Pada ejaan Jepang tidak ditemukan konsonan kecuali huruf ‘n’.

3. Hafalkan kata-kata dasar dalam kehidupan sehari-hari

Jika Anda sudah bisa hafal seluruh hiragana dan katakana dengan cara menulisnya, mulailah untuk menghafal kosakata sederhana yang sering dipakai dikehidupan sehari-hari. Yang pertama adalah hafalkan bilangan, nama hari, cuaca dan juga salam. Orang Jepang sangat suka membahas cuaca dan juga terkenal dengan ketepatan waktunya, sehingga jika mereka menyebutkan jam atau nama hari, Anda bisa mengerti dengan baik.

Acara berita mengenai ramalan cuaca adalah program yang sangat disukai masyarakat Jepang karena mereka tidak ingin terganggu dalam bepergian hanya karena perubahan cuaca. Ucapan selamat pagi, siang dan malam serta kalimat sederhana seperti selamat makan juga menunjukkan sopan santun yang dijunjung tinggi di negara Jepang.

4. Menonton anime, drama dan mendengarkan lagu Jepang

Mendengarkan adalah salah satu elemen terpenting dalam mempelajari sebuah bahasa asing. Langkah berikutnya setelah menghafal kata-kata dasar dan kalimat dalam kehidupan sehari-hari adalah menonton acara dan mendengarkan lagu dalam bahasa Jepang. Jangan memilih yang berat-berat, pilihlah anime (film kartun Jepang) yang menarik hati Anda misalnya Doraemon yang sangat lucu.

Dengarkan juga lagu-lagu Jepang yang enak didengar, coba pelajari lirik lagu beserta artinya dan ikutlah bernyanyi sembari mendengarkan lagu. Cara lain yang tak kalah ampuh adalah menonton dorama atau drama Jepang. Anda bisa mengetahui bagaimana penggunaan kosakata yang telah dipelajari digunakan dan cara pengucapannya oleh penutur asli.

5. Praktek berbicara

Menghafal dan mendengarkan saja tanpa praktek adalah sebuah kesia-siaan dalam pembelajaran bahasa asing. Prakteklah berbicara di depan kaca sambil merekam suara Anda. Bandingkan dengan pembicara asli. Lebih beruntung lagi jika Anda bisa menemukan kawan yang telah mahir berbahasa Jepang atau native speakernya. Seringlah gunakan kosakata dalam kehidupan sehari-hari seperti mengucap ‘itadakimasu’ sebagai ucapan sebelum mulai makan atau ‘arigatou’ saat berterima kasih. Jelaskan pada keluarga dan kawan-kawan Anda jika Anda sedang dalam proses belajar. Meski mereka mungkin akan tertawa geli pada awalnya, namun berani bicara walau masih banyak kesalahan adalah kunci untuk memperbaiki kemampuan bahasa Jepang Anda.

6. Mulai pelajari tata bahasanya

Jika sebelumnya Anda sudah sering melafalkan dan menghafalkan kalimat-kalimat dalam bahasa Jepang, maka pada step paling penting adalah pelajari tata bahasanya. Struktur kalimat bahasa ini sedikit berbeda dengan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Struktur kalimat sederhana adalah Subjek+Objek+Predikat. Bentuk predikat pun mengalami perubahan sesuai konteks kalimat dan waktu penggunaannya.

Baca juga: Cara belajar bahasa Inggris otodidak dengan cepat & mudah

Kiat-kiat di atas jika dilakukan tiap hari pasti akan menambah kemampuan Anda dalam hal dasar. Jika Anda merasa kesulitan untuk belajar secara otodidak, bisa juga untuk mengikuti les atau kursus yang sudah banyak tersedia baik secara offline maupun online. Tetap semangat dan jangan putus asa dalam belajar adalah kuncinya.


Related Post: