Cara Beriklan di Google Ads (AdWords) Tanpa Kartu Kredit (Transfer Bank)

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Google Ads atau Google AdWords, di Indonesia sendiri mayoritas periklanan digital masih didominasi oleh Google Ads. Walaupun harga yang ditawarkan per click/impressions lebih mahal ketimbang Facebook Ads, namun AdWords jelas menawarkan “high quality ads” yang tersegmentasi dengan sangat baik. Karena itu pada artikel kali ini, saya akan memberikan tutorial singkat bagaimana cara beriklan di Google Ads (AdWords) dengan menggunakan transfer bank (tanpa kartu kredit).

Note: Panduan ini menggunakan akun Google dengan settingan bahasa Inggris.

Inilah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pembayaran Google Adwords via transfer bank:

1. Pertama-tama masuk ke akun AdWords Anda dan klik icon gear (roda gigi) dibagian kanan atas.

panduan google adwords transfer bank2. Klik menu “Billing” dan masuk ke “Billing settings”, pada kolom payment/pembayaran pilih opsi “Funds Transfer”. Jika Anda tidak melihat pilihan “Fund Transfer” sebagai opsi, klik “+Add a new payment method” lalu pilih metode transfer bank/manual payment (Funds Transfer).

cara beriklan di google dengan transfer atm3. Klik “Make a payment” dan Anda akan diarahkan ke halaman informasi pembayaran.

google ads via transfer bankAnda bisa print halaman info pembayaran tersebut atau mencatatnya di kertas dan segera datang ke bank untuk melakukan pembayaran/transfer uang. Lakukan pembayaran sesuai dengan saldo yang ingin diisi ke akun AdWords Anda, perlu diingat bahwa mungkin ada jumlah minimal tertentu yang bisa diterima oleh Google.

4. Setelah melakukan transfer uang pastikan Anda menyimpan semua bukti pembayaran yang ada dan silahkan menunggu sampai pihak Google menerima pembayaran Anda. Jika pembayaran telah diterima maka Google akan memberikan notifikasi/konfirmasi melalui Gmail Anda (email) dan saldo kredit pada akun AdWords Anda akan bertambah. Setelah saldo terisi maka iklan/campaign Anda akan mulai berjalan.

5. Proses ini mungkin bisa berbeda antara satu bank dengan bank lainnya, jadi cobalah tanya pada pihak bank Anda untuk detail/petunjuk spesifiknya.



Beberapa tips penting:

  • Gunakan akun Gmail/AdWords dengan informasi yang benar (jangan pakai akun bodong), usahakan nama dan alamatnya terisi lengkap sesuai dengan informasi rekening yang Anda gunakan untuk melakukan pembayaran.
  • Pastikan saat membayar, Anda menyertakan nomor referensi unik (unique virtual account number) pada formulir transfer bank Anda.
  • Simpanlah semua bukti pembayaran yang diberikan bank, dan tunggu sampai Google menerima pembayaran Anda, proses ini bisa berlangsung antara 5-10 hari tergantung keadaan, untuk memastikan apakah pembayaran sudah berhasil Anda bisa cek rekening Anda apakah saldo sudah ditarik atau belum, jika masih ada kendala lain silahkan hubungi pihak bank Anda.
  • Jika pihak bank tidak ada masalah namun Google masih belum memproses pembayaran Anda lebih dari 2 minggu, maka hubungi pihak Google dan lampirkan bukti pembayaran yang sudah Anda simpan beserta informasi pendukung lainnya.

Baca juga: Cara beriklan di Facebook tanpa kartu kredit


Related Posts: