Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat Untuk Pemula (Otodidak)


Pada artikel kali ini saya ingin membagikan bagaimana cara saya belajar bahasa Inggis dengan cepat secara otodidak, tidak melalui kursus atau perlatihan/training tertentu, yang kamu butuhkan hanya komputer/laptop dan koneksi internet. Kita bisa belajar bahasa Inggris hampir darimana saja, seperti buku, sekolah, guru, melalui percakapan dengan orang asing, internet, dan film bioskop, namun menurut saya berdasarkan pengalaman pribadi sumber belajar yang paling bagus untuk cepat belajar bahasa Inggris adalah melalui video game dan film/movie. Mengapa? Karena biasanya kita penasaran dengan cerita/alur yang ada sehingga kita mencari tahu sendiri apa arti dari percakapan/dialog yang ada, minat belajar yang dilandasi keingintahuan (curiosity) inilah yang membuat kita bisa dengan cepat memahami dan berkembang secara otodidak.

Berikut ini adalah beberapa cara cepat untuk mengusai dan belajar bahasa Inggris secara otodidak:

1. Melalui video-video sketsa di YouTube

Menurut saya ini adalah cara paling cepat dan praktis, karena dengan menonton video-video sketsa dari para youtuber (luar negeri) kita bisa dengan cepat memahami percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris (daily conversation), video vlog juga bisa membantu kita lebih cepat mengenali komunikasi real life dalam bahasa Inggris.


Untuk pemula lebih baik coba gunakan bantuan subtitle di YouTube dan Google Translate, saran saya cobalah mulai dari menonton video sketsa pendek sekitar 3-4 menit, dan belajar memahami isi video tersebut, biasanya lebih mudah bagi kita untuk cepat belajar dari video-video pendek karena isinya lebih singkat dan padat.

Setelah kita mulai bisa mengerti beberapa video pendek, cobalah untuk tidak menggunakan subtitle dan gunakan bantuan Google Translate seminimal mungkin, biasanya kamu akan mulai mahir setelah berhasil menonton dan memahami 10-20 video pendek.

2. Membaca artikel-artikel bahasa Inggris di internet

Kalau kamu tipe yang ga suka nonton, maka cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca artikel dalam bahasa Inggris, tempat yang paling bagus untuk belajar bahasa Inggris adalah forum luar negeri karena kita bisa melihat bagaimana orang-orang saling berkomentar/diskusi dalam bahasa Inggris, contoh seperti Reddit, namun berhubung Reddit di blok oleh Kominfo (internet positif), kita bisa coba alternatif lain seperti situs tanya-jawab (Q&A) Quora atau membaca artikel-artikel berkualitas di Medium.

Selain itu kita juga bisa belajar dari lirik lagu musik-musik terkenal, melihat percakapan dikolom komentar YouTube, dan blog-blog yang berbahasa Inggris.

3. Bermain video game

Kalau kedua cara diatas menurut kamu membosankan, maka cara yang paling fun dan efektif untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan bermain video game, saya sendiri lebih banyak belajar kosa kata (vocabulary) baru melalui game ketimbang sekolah/buku, ini adalah cara belajar yang paling menyenangkan karena kita ga merasa belajar saat melakukannya.

Jika kamu bukan gamer/tidak suka main game, kamu masih bisa mencari cara belajar lain yang fun seperti menonton video-video lucu di YouTube, mengunjungi situs-situs meme luar negeri seperti 9gag, dan situs hiburan lain yang berbahasa Inggris.



Itulah 3 cara cepat belajar bahasa Inggris untuk pemula secara otodidak, selain itu kita juga harus praktek bukan sekedar pasif menjadi pendengar/pembaca karena itu cobalah ikut berkomentar/berdiskusi dengan bahasa Inggris seperti di komen YouTube atau forum luar negeri, lalu jika ada kesempatan bicaralah dengan orang asing menggunakan bahasa Inggris.

Jangan minder kalau bahasa Inggris kamu masih pas-pasan, cukup pahami bahwa semua orang bisa menjadi pintar, kamu cuma perlu sabar dan terus belajar untuk menjadi lebih baik. Akhir kata semoga tips ini bermanfaat dan selamat belajar.

Good luck 🙂


Related Posts: