3 Alasan Blogger Harus Punya Kegiatan Sampingan Selain Menulis


Sebagai seorang full time blogger dipertengahan tahun 2016 saya pernah mengalami bagaimana stresnya melakukan kegiatan blogging (menulis) setiap hari, saat itu sekitar 2-3 bulan saya betul-betul hanya fokus ngeblog tanpa memiliki kegiatan sampingan apapun, hasilnya bukan kepuasan yang didapat tapi rasa depresi bahkan penyakit yang saya alami, mulai dari sakit mata, sakit punggung, sampai badan yang kaku karena jarang olahraga (ya iyalah depan latop terus seharian).

Maka dari itu saya ingin share membagikan pengalaman saya mengapa kita sebagai seorang blogger harus memiliki kegiatan sampingan diluar aktivitas blogging/menulis dan apa akibatnya kalau Anda hanya fokus pada menulis, menulis, dan menulis saja.

Berikut ini adalah 3 alasan kenapa Anda harus memiliki pekerjaan/kegiatan sampingan diluar kegiatan blogging:

1. Uang bakal lama datang


Terus terang saja pasti beberapa dari kita ngeblog karena tujuan ingin mendapatkan uang, namun sayangnya blog bukanlah cara yang cepat untuk mendapatkan uang, bahkan saya bisa katakan kalau blog is a suck business. Tidak banyak blogger di Indonesia yang bisa menghasilkan banyak uang dari kegiatan bloggingnya.

Hasilnya? Anda bakal melakukan berbagai cara untuk mendatangkan trafik (supaya mendapat lebih banyak uang) dan akhirnya malah ketergantungan dengan rumus CPM/CPC/conversion rate.

Kenyataannya blogger yang bisa sukses itu butuh waktu bertahun-tahun (tahunan loh ya bukan bulanan) sampai bisa menjadikan blognya sebagai penghasilan utama, sedangkan jika kita dari awal sudah ingin menjadi full-time blogger pada akhirnya hanya rasa kecewalah yang akan Anda dapatkan.

Karena itu saya sangat menyarankan Anda untuk memiliki pekerjaan/penghasilan diluar blog, karena terus terang saja di Indonesia blogging itu belum bisa menjanjikan penghasilan yang baik dan stabil, kecuali blog Anda sudah berhasil mendatangkan ratusan ribu sampai jutaan visitor setiap bulannya barulah Anda boleh mulai menjadikan blog sebagai kegiatan dan penghasilan utama Anda.

Rata-rata blogger yang saya kenalpun memiliki pekerjaan lain diluar kegiatan ngeblog, blogger-blogger yang mengatakan penghasilannya jutaan dengan hanya ribuan trafik biasanya memiliki sumber income lain seperti menjual produk/jasanya sendiri, jadi bukan blognya yang menghasilkan melainkan sebagai jembatan untuk sumber penghasilan yang lain.

Tips: Saya sarankan sejak awal Anda menentukan satu jenis monetisasi yang menurut Anda sesuai untuk blog Anda dan fokus untuk menghasilkan trafik & uang dari 1 sumber tersebut terlebih dahulu. Jadi fokuslah mengembangkan blog Anda mulai dari 1 sumber trafik dan 1 jenis monetize.

2. Bakal gampang bosan dan lelah

Saya dulu pernah menulis artikel setiap hari (1-3 artikel/hari), kejar target kuantitas, tapi malah jadinya keburu cape dan bosan. Jika Anda hanya mengurus blog sendirian sebenarnya 1 artikel per hari pun sudah kebanyakan, yang ada adalah Anda menjadi semakin bosan ngeblog karena merasa terpaksa apalagi kalau dengan segala usaha itu trafik dan penghasilan tidak kunjung naik.

Hasilnya? Anda mulai kehilangan motivasi ngeblog, Anda mulai jenuh dan tidak kreatif dalam menulis.

Maka dari itu saya sangat-sangat menyarankan Anda memiliki pekerjaan atau kegiatan sampingan, selain untuk menghilangkan rasa jenuh, hal positif lain yang bisa kita dapat adalah kita bisa menemukan ide-ide menulis yang lebih baru dan segar diluar sana.

Selama full-time ngeblog 2-3 bulan, saya jarang keluar rumah, alhasil kepala mumet, gampang stres, bosan, dan cape sendiri, yang lebih parah hasil tulisanpun makin kurang kreatif dan sekedar apa adanya. Ide itu harus digali, ide tidak bisa datang begitu saja dengan sendirinya, jika Anda tidak memiliki banyak kegiatan dan pengalaman diluar sana, saya yakin pengetahuan dan ide-ide Anda akan sangat terbatas, akibatnya Anda semakin gampang kehabisan ide/bahan untuk menulis.

Karenanya pastikan Anda punya aktivitas lain yang bisa buat pikiran refreshing sejenak, lebih bagus lagi kalau aktivitas tersebut melibatkan banyak kegiatan fisik seperti olahraga.

3. Anda akan mudah kesepian dan depresi

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, ngeblog itu terasa cukup kesepian apalagi saat diawal. Kerjaannya hanya didepan laptop sendirian, menulis artikel seharian dan paling-paling browsing internet untuk menghilangkan rasa penat sesaat. Akibatnya adalah kita mudah sekali stres, merasa kesepian dan depresi.

Karena itu saya sarankan beraktivitaslah diluar dengan lingkungan Anda, carilah kegiatan sosial atau pekerjaan yang bisa mengisi hari-hari Anda bersama orang lain, jangan sampai Anda terus-terusan menulis seorang diri lalu lupa untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ada didunia nyata.

Anda bisa coba untuk aktif dalam kegiatan organisasi atau bergabung dengan komunitas yang ada, selain itu cobalah miliki pekerjaan sampingan untuk mendapat extra income (pemasukan tambahan), seperti yang saya katakan diawal, blog is a suck business, Anda tidak bisa purely hidup dari blogging pada tahun-tahun pertama, jangan menggantungkan semuanya pada blog, blog itu lebih cocok dijadikan sebagai investasi jangka panjang, karena itu milikilah sumber penghasilan lain untuk menghidupi diri Anda sendiri.

Beberapa jenis pekerjaan lain yang biasanya cocok dilakukan oleh seorang blogger adalah:

  • Content writer, content editor, translator, proofreader, copywriter dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia tulis-menulis.
  • Digital marketing, internet marketing, influencer/endorser, atau bisa juga bergabung dengan digital agensi.
  • Search engine marketing, SEO/SEM specialist, youtuber & vlogger.
  • Social media marketing (SMM), social media optimization (SMO), FB ads specialist, dan lain-lain.


Itulah 3 alasan utama mengapa kita sebagai blogger harus memiliki pekerjaan/kegiatan sampingan diluar aktivitas menulis/ngeblog. Akhir kata tetaplah semangat menulis dan jangan lupakan motivasi awal kita dalam membuat blog. Keep writing, keep blogging and keep sharing. Good luck.


Related Post: