Cara Menjadikan Blog Sebagai Mesin Penghasil Uang


Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua blogger membuat blog untuk menghasilkan uang. Tidak sedikit juga orang yang menjadikan blog sebagai bisnis atau memulai karirnya sebagai seorang blogger. Karena itu bagi Anda yang berencana atau sudah membuat blog, Anda bisa menjadikan blog tersebut sebagai mesin penghasil uang.

Banyak orang yang menganggap blogger hanyalah hobi atau pekerjaan yang tidak realistis, di Indonesia masih sedikit blogger yang bisa menjadikan blog sebagai penghasilan utamanya. Mungkin ok sebagai penghasilan tambahan, namun tidak untuk dijadikan pekerjaan/bisnis yang utama. Karena itu blog hanya digunakan sebagai penghasilan semi-pasif dan pekerjaan sampingan.

Kenyataannya memang dibutuhkan waktu 6-12 bulan sampai blog baru bisa menghasilkan uang, dan ini semua jauh dari kata “pasif”. Saat Anda memutuskan membuat blog untuk menghasilkan uang, maka Anda sudah bukan lagi sebagai seorang blogger, melainkan seorang pebisnis, dan blog Anda adalah “bisnis kecil” yang sedang Anda bangun.

Membangun blog sama seperti bisnis, butuh dedikasi, waktu, tenaga, dan tentu tidak bisa dilakukan setengah-setengah atau pasif.


Pada artikel sebelumnya: Cara Agar Blog Baru Bisa Menghasilkan Jutaan Setiap Bulan (Share Pengalaman), saya menyarankan untuk tidak menggunakan iklan dan affiliate untuk mencari uang, melainkan menjual jasa atau produk Anda sendiri.

Nah, pada artikel ini saya akan bahas bagaimana cara menjual produk/jasa Anda sendiri supaya blog Anda bisa menjadi mesin penghasil uang walaupun trafik Anda tidak begitu “wow”.

Mari kita mulai:

1. Juallah jasa, bukan produk

cara blog menghasilkan uangMengapa? Karena jauh lebih baik Anda membuat sebuah toko online daripada blog kalau yang Anda jual adalah produk.

Masalahnya adalah mayoritas pengunjung blog itu bukanlah orang yang berada dalam “buying mode”, mereka berkunjung ke suatu blog tanpa ada niat membeli apapun, karena itulah biasanya iklan affiliate konversinya sangat-sangat kecil, karena visitor memang tidak pernah melakukan pembelian melalui blog, mereka tahu kalau jauh lebih baik membeli produk di marketplace seperti Tokopedia/Bukalapak, atau mencari sendiri toko online yang menjual produk bersangkutan.

Jadi jangan menghabiskan waktu untuk menjual produk fisik (produk yang bisa dikirim melalui kurir). Lain halnya kalau produk tersebut adalah produk digital seperti template, e-book, dan sejenisnya, maka menjual produk melalui blog masih bisa menjadi pertimbangan.

Cara tercepat untuk menghasilkan uang melalui blog adalah dengan menjual jasa atau layanan.

Menjual jasa jauh lebih efektif dan menghasilkan ketimbang Anda menjual iklan/affiliate/produk apapun, karena Anda menjual jasa artinya Anda harus membangun reputasi secepat mungkin.

Banyak orang yang tidak mau menggunakan jasa seorang blogger karena terkadang blog itu sendiri tidak meyakinkan. Blog yang Anda bangun adalah portofolio pertama anda, setidaknya buatlah blog Anda meyakinkan dengan memberikan artikel-artikel berkualitas, dan dapatkan ranking alexa (or anything) yang cukup tinggi.

Setelah itu barulah Anda lanjut ke poin 2 yaitu …

2. Fokus pada satu jasa/layanan

fokus pada satu hal

  • Jika Anda menjual jasa di social media, maka fokuslah pada satu saja misal Facebook atau Twitter, jadilah ahli disana dan fokus pada 1 layanan tersebut.
  • Jika Anda menjual jasa content writer, maka fokuslah pada satu topik saja yang Anda kuasai misalnya tentang kesehatan dan terus perdalam ilmu Anda dibidang kesehatan.
  • Jika Anda menjual jasa copywriting, fokuslah disana (copywriting), jangan mengambil semua area content marketing lainnya karena itu menjadikan Anda tidak profesional.

Ribuan orang lain bisa mengerjakan hal yang sama, yang membedakan adalah seberapa ahli dan fokus Anda dalam satu bidang tersebut.

Jadilah spesialis di satu layanan, daripada menjual beberapa layanan sekaligus, dengan begini jauh lebih mudah membangun reputasi Anda diawal, dan Anda bisa memikirkan ekspansi belakangan.

Untuk memutuskan layanan apa yang ingin Anda jual, tulislah skill, ilmu, dan pengalaman yang sekarang sudah Anda miliki, pilihlah mana yang paling Anda tertarik dan orang lain mau membelinya, cukup fokus pada satu keahlian saja, jadilah master dalam layanan tersebut, dedikasikan waktu dan tenaga untuk terus belajar dan bekerja dibidang itu, inilah cara tercepat untuk Anda membangun reputasi yaitu menjadi spesialis disatu layanan.

3. Mulai menjual dari hari pertama

mulai menjual dari hari pertamaSeperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dengan menjual jasa Anda sendiri maka Anda bisa langsung menjual dari hari pertama, tujuannya adalah untuk memotivasi.

Jika Anda ngeblog tanpa menghasilkan apapun akan sulit untuk terus menulis dan termotivasi, begitu pula kebalikannya, jika Anda bisa menghasilkan sedikit demi sedikit uang dari kegiatan blogging tentunya ngeblog menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Angkanya juga tidak harus besar, tidak perlu penghasilan sampai puluhan atau ratusan juta, setidaknya bisa menghasilkan jutaan saja di tahun pertama juga sudah merupakan pencapaian yang baik.

Bukankah menyenangkan jika apa yang Anda kerjakan ada hasil dan dampaknya? Ini semua akan memotivasi Anda setiap harinya dalam mengembangkan blog supaya menjadi lebih baik lagi.

4. Blog sebagai mesin penghasil uang

cara agar blog baru menghasilkan jutaan“Lah kalau kita harus jualan jasa seperti itu berarti blog cuma sebagai alat marketing doang dong? Kita yang menghasilkan uang (menjual jasa) namun blog itu sendiri tidak menghasilkan apa-apa?”

Pada awalnya iya, karena memang tidak ada blog yang bisa menghasilkan uang dengan sendirinya kalau trafiknya masih sedikit, blog sebagus apapun tidak ada artinya tanpa ada angka yang membackup (trafik).

Namun seiring berkembangnya blog, Anda mulai bisa menjual banyak hal seperti:

  • Iklan mandiri atau menjadi publisher jaringan periklanan seperti adsense
  • Paid review, sponsored post, atau native ad sejenis
  • Affiliate marketing, endorse, paid promote, dan lain-lain

Anda juga bisa berekspansi menambah layanan/jasa dibidang lain karena reputasi yang sudah Anda bangun akan mempermudah penjualan layanan baru yang berikutnya, tetapi saya menyarankan Anda tetap fokus pada satu layanan tadi dan memperdalam ilmu Anda disana. Intinya semakin banyak trafik yang Anda miliki, semakin banyak opsi untuk menghasilkan uang.

Memang agak miss-leading jika blog dikatakan sebagai mesin penghasil uang, mungkin lebih tepat dikatakan sebagai pengakumulasi, walaupun awalnya sulit, tetapi nantinya menghasilkan uang jauh semakin mudah karena trafik dan reputasi Anda terus terakumulasi seiring berjalannya waktu.



Kesimpulannya adalah jika Anda ingin menjadikan blog untuk mencari uang, maka cara tercepat adalah dengan menjual satu layanan dan menjadi ahli disana. Bangunlah reputasi blog dan layanan Anda terus-menerus, lalu seiring berkembangnya trafik Anda mulai bisa berekspansi memperluas layanan Anda, namun pilihan terbaik adalah tetap fokus pada satu jasa/layanan utama Anda dan jadikan diri Anda spesialis dibidang tersebut.

Contoh jika Anda membuat blog seputar internet marketing, maka fokus terbaik Anda adalah dengan menjadi ahli SEO atau sosial media marketing. Pilihlah satu saja misal SEO, setelah itu jadilah spesialis disana (SEO), Anda bisa mulai menjual jasa SEO, menawarkan link-building, menawarkan tools/produk orang lain untuk mengoptimasi SEO (affiliate), dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mesin pencari.

Galilah lebih dalam lagi, dan jadikan diri Anda sebagai otoritas yang populer dalam bidang SEO. Dalam 1 bidang saja banyak hal yang bisa dimonetize.

Lakukan ekspansi hanya jika Anda benar-benar tidak memiliki pilihan lain selain memperluas niche Anda untuk terus berkembang.

Jadi fokus adalah kunci utamanya. Jadilah spesialis.


Related Posts: