Cara Agar Blog Baru Bisa Menghasilkan Jutaan Setiap Bulan (Share Pengalaman)


Percayakah Anda kalau blog baru bisa menghasilkan jutaan setiap bulannya?

Saya tidak akan membual memberikan tips cara menghasilkan uang dari blog sampai ratusan juta bahkan milyaran yang sering ditulis oleh blogger-blogger (yang saya rasa juga pemasukan blognya tidak sampai ratusan juta) untuk mengundang sedikit elemen clickbait pada judulnya (kata “penghasilan ratusan juta sampai milyaran” siapa yang tidak penasaran?).

Tidak usah banyak bermimpi dulu, bagi blogger-blogger baru seperti saya bisa menghasilkan jutaan saja (<5 juta/bulan) sudah merupakan kebanggaan tersendiri.

Disini saya tidak akan memberikan janji apapun, namun hanya murni menjelaskan journey perjalanan blog ini (Solusik) menghasilkan jutaan setiap bulannya. Selama kurang lebih 7 bulan ngeblog saya sudah melakukan berbagai jenis monetize dan biasa step-stepnya akan saya share di kategori monetize.


Bagaimana blogger menghasilkan uang?

Intinya yaitu Anda menciptakan konten untuk mendatangkan trafik, membangun audience lalu menawarkan produk/jasa untuk audience yang sudah Anda bangun tadi.

Prosesnya memang simpel tapi kenyataannya sangat sulit dilakukan. Mendatangkan trafik bisa sangat kompleks dan diperlukan trik-trik khusus untuk bisa menghasilkan jutaan views setiap bulannya. Jujur saya sendiri belum menghasilkan trafik sampai ratusan ribu setiap bulannya namun dengan trafik seadanya saya tetap bisa menghasilkan jutaan setiap bulan, bagaimana bisa?

Kenyataannya jarang sekali blog baru (<1 tahun) yang bisa menghasilkan uang, jangankan mendapat uang, ditahun pertama blogger-blogger pemula masih berjuang mendatangkan trafik dan memilih jenis monetize yang tepat.

Jika Anda visitor lama pasti sempat bingung mengapa blog ini sering menggonta-ganti iklan dan jenis monetize, karena memang blog ini masih dalam tahap eksperimen dengan berbagai jenis monetize sekaligus supaya saya bisa membagikan secara pengalaman pribadi (share) berbagai cara untuk memonetisasi blog Indonesia.

Dari perjalanan Solusik selama 7-8 bulan, inilah beberapa tips yang bisa saya bagikan:

1. Jangan menjual iklan

Blog ini telah menjual iklan dari berbagai network advertising dan hasilnya? Nihil. Ya nihil, kalau dapatpun juga cuma recehan 🙁

Iklan bukanlah pilihan yang tepat setidaknya untuk blog yang masih baru (<1 tahun), contohnya AdSense, blog baru khususnya blog Indo bisa diterima AdSense saja sulitnya bukan main, dan kalau keterima juga penghasilannya tidak seberapa.

Butuh ratusan ribu pageviews untuk mendapatkan setidaknya jutaan rupiah, sedangkan berapa banyak blogger yang belum berumur setahun bisa menghasilkan ratusan ribu PV setiap bulannya?

Salah satu pilihan iklan terbaik untuk blog ini adalah WordAds, mengapa?

Karena blog ini termasuk blog gado-gado sehingga akan sulit sekali terjadi konversi menggunakan iklan CPC (seperti AdSense), karena itu sistem CPM akan jauh lebih efisien. Namun sayangnya penghasilan yang didapat sangatlah kecil, rata-rata revenue per 1.000 views adalah $1 (bisa naik turun tergantung situasi), artinya blog ini harus mendapatkan 100.000 pageviews untuk mendapat $100, sedangkan blog ini dalam sebulan hanya mendapatkan puluhan ribu views.

Jadi penghasilan yang didapat dari WordAds selama sebulan hanya mencapai ratusan ribu (tidak sampai sejuta), but it’s ok, karena memang blog ini sendiri juga masih fokus pada konten dan trafik, sehingga uang hanyalah bonus tambahan sampai saat ini.

Setidaknya bagi blog yang trafiknya masih dibawah 50.000 PV/bulan, iklan bukanlah pilihan yang tepat. Mungkin Anda bisa menawarkan ruang iklan mandiri (ad space) namun sebenarnya ini juga bukan pilihan yang cocok untuk blogger diawal, begitu pula dengan sponsored post.

2. Jangan menjual produk orang lain (affiliate) jika blog Anda adalah blog gado-gado

Blog gado-gado lebih cocok menjual iklan ketimbang bermain affiliate karena visitornya yang random dan tidak tersegmentasi dengan baik.

Jika blog Anda adalah blog niche maka affiliate bisa menjadi pilihan yang lebih baik dengan catatan Anda juga harus mengerti produk yang akan Anda jual. Blog ini juga pernah menggunakan berbagai jenis affiliate dan hasilnya? Mengecewakan.

Mengapa? Karena:

  • Saya tidak menggunakan produk/jasa yang saya referensikan
  • Saya tidak memberikan penjelasan/review tentang apa yang saya tawarkan
  • Blog ini adalah blog gado-gado

Karena itulah iklan masih menjadi opsi yang lebih baik ketimbang affiliate jika blog Anda adalah blog gado-gado. Sebaliknya bagi blog niche maka affiliate adalah pilihan yang jauh lebih baik ketimbang menjual iklan.

3. Juallah produk atau jasa Anda sendiri

cara blog menghasilkan uangHasilnya? Sangat memuaskan 🙂

Saya menjual jasa saya sendiri berupa jasa like facebook, dan total penjualan (sales) yang dihasilkan berasal dari blog ini saja mencapai Rp 2-3 juta setiap bulannya. Memang bukan angka yang fantastis, tapi penghasilan ini didapat dari blog yang hanya memiliki puluhan ribu pageviews setiap bulannya.

Jika menggunakan iklan seperti AdSense/WordAds maka diperlukan setidaknya 200-300 ribu PV untuk menghasilkan income yang sama. Artinya menjual produk Anda sendiri bisa menghasilkan potensi income sampai 10x lipat ketimbang menggunakan iklan atau metode lain apapun.

Tapikan bikin produk atau jasa sendiri repot, perlu waktu, tenaga, kalau ga sempet gimana?

Ya, memang repot karena Anda harus menambah “extra” projek diluar kegiatan blogging. Dengan menjual produk/jasa sendiri mau tidak mau ada “biaya” dalam bentuk lain yang harus Anda bayar baik itu modal, waktu dan tenaga, tetapi hasil dari effort tersebut tetap jauh lebih menguntungkan daripada menjual iklan/produk orang lain.

Setidaknya bagi blogger baru, menjual produk sendiri adalah pilihan monetize terbaik yang bisa Anda lakukan.

Mengapa Anda (khususnya blogger-blogger yang masih baru) harus menjual produk/jasanya sendiri?

karena Anda bisa langsung menjual dari hari pertama. Memang apa untungnya bisa jualan dari hari pertama?

Karena ini akan memotivasi Anda.

Hampir semua ad network memerlukan trafik minimal dan rata-rata dibutuhkan 3 bulan (dari awal membuat blog) sampai kita bisa lolos seleksi sebagai publisher di jaringan tersebut (publisher abal-abal). Terus terang saja jaringan periklanan yang betul-betul menghasilkan profit REAL (jutaan) kebanyakan adalah publisher premium sekelas AdSense.

Sedangkan kita tahu untuk bisa diterima AdSense saja diperlukan minimal waktu 6 bulan dan trafik sekitar 1.000-2.000 visitor/hari. Itu baru seleksi penerimaan, belum bicara hasil. Rata-rata blogger yang saya kenal menghasilkan 1 juta pertamanya (payout) setelah 5-9 bulan sejak pertama kali mereka diterima oleh AdSense.

Artinya Anda perlu menghabiskan waktu 1 tahun (atau lebih) hanya untuk menghasilkan 1 juta rupiah. Bagaimana? Mulai lemas?

Jika Anda tidak menghasilkan apapun dari kegiatan blogging maka akan sulit sekali untuk terus termotivasi ngeblog. Anda tidak perlu penghasilan besar sampai ratusan juta atau milyaran, bahkan sekedar melihat blog Anda bisa menghasilkan 1 juta/bulan juga bisa menjadi motivasi yang positif dan menambah semangat Anda setiap harinya untuk terus meningkatkan trafik dan penghasilan Anda.

Juallah produk/jasa Anda sendiri, namun jangan pernah memaksa (spamming) visitor untuk membeli. Biarkan mereka tahu apa yang Anda tawarkan, biarkan mereka sendiri yang memutuskan untuk membelinya atau tidak. Cukup pastikan mereka tahu keberadaan produk dan layanan Anda (soft-selling).

Tapi saya bingung harus jualan apa?

Kalau Anda saja bingung, apalagi saya. Andalah yang paling mengerti apa kelebihan Anda. Beberapa hal yang bisa Anda jual:

  • Mengajar di internet seperti kuliah online, les/kursus online, webinar
  • Menjual jasa design, penulis lepas, internet marketing, programming
  • Menjual produk fisik seperti buku, elektronik, aksesoris, barang bekas
  • Menjual produk digital seperti template, software, fotografi, game, e-book
  • Menawarkan premium konten, sponsored post, paid review

Bagaimana kalau saya tidak mau jualan produk sendiri?

Tidak masalah, namun pastikan Anda bisa survive selama 1 tahun kedepan dengan income yang ada (diluar blog), kalau memang Anda tidak memiliki apapun untuk dijual maka iklan/affiliate juga bukanlah opsi yang buruk.

Bukannya ingin menakut-nakuti tetapi kenyataannya banyak sekali blogger yang akhirnya berhenti sebelum mencapai tahun pertamanya karena memang tidak berhasil mendapatkan income yang signifikan dari blognya, terlebih mereka yang hanya mendewakan AdSense sebagai motivasi bloggingnya (keburu capek duluan sebelum berhasil).

Blog bukanlah cara cepat menghasilkan uang, bahkan blogger populer seperti mas Sugeng membutuhkan waktu 2 tahun lebih untuk baru bisa menghasilkan uang dari blognya.

Pada akhirnya semua kembali pada motivasi Anda membuat blog.

Entah itu untuk menghasilkan uang atau membantu orang lain, toh tidak ada yang peduli juga apapun tujuan Anda, dan faktanya semua orang pasti mencari uang, jadi tidak ada salahnya kalau motivasi Anda ngeblog untuk mencari uang.

Jika memang uang bisa memotivasi maka usahakan jual produk Anda sendiri sejak awal, dan jika tidak memungkinkan maka tingkatkan trafik untuk mendongkrak penghasilan Anda melalui berbagai cara monetize lain seperti iklan, affiliate, sponsored post, paid review, dll.

Ingat sesuatu yang dikerjakan tanpa motivasi tidak akan menghasilkan apapun. Jika motivasi Anda adalah cepat kaya melalui blog, maka berhentilah sekarang juga, karena blog adalah cara yang lama untuk menghasilkan uang.

Baca juga: Cara Menjadikan Blog Sebagai Mesin Penghasil Uang

Apa motivasi saya membuat blog?

Karena apa yang saya tulis ada dampak dan hasilnya.

Bukankah sangat menyenangkan bisa memotivasi orang lain, membantu hidup orang lain, membagikan ilmu & pengalaman kita, menginspirasi ribuan orang, terlebih kita bisa menghasilkan uang dari semua ini.

Jadi apa motivasi Anda?


Related Posts: