Berhentilah Mencari Karena Anda Telah Menemukan Passion Anda


Apakah Anda masih mencari passion Anda? Masih mencari tujuan hidup Anda? Masih mencari jati diri dan sebagainya? Mulai dari sekarang berhentilah mencari karena sebenarnya Anda telah menemukan semua itu didalam diri Anda.

Banyak orang berputar-putar mencari passion/tujuan hidupnya padahal mereka sudah tahu apa passion dan apa tujuan hidupnya. Mereka mencari-cari buku, artikel, seminar, motivator dan semacamnya bukan untuk mencari apa tujuan hidupnya melainkan untuk lari dari kenyataan, terus berangan-angan dan menghindari pencapaian tujuan hidupnya tersebut.

Ada orang yang sudah mengerti passionnya adalah bermain basket, namun mereka merasa bermain basket bukanlah pilihan karir yang menjanjikan karena mungkin tidak banyak pemain basket yang bisa sukses (kaya raya) dan terkenal. That’s the problem. Mereka menghindari passionnya sendiri, mereka akan pergi mencari motivasi atau arahan dari orang lain untuk menemukan apa passionnya, padahal passion tersebut sudah ada didepan mata. Mereka hanya takut mencoba dan tidak mau gagal.

Namun itulah sebabnya Anda harus mencoba, hidup bukanlah soal berhasil atau gagal, hidup adalah tentang melakukan sesuatu walaupun Anda tidak tahu hasilnya, that’s what makes life worth living isn’t it?


Memang ada orang-orang yang hidupnya tidak bisa bermain dengan resiko entah karena faktor ekonomi dan sebagainya, namun tidak ada yang mengharuskan Anda menjadikan passion sebagai karir utama Anda bukan? Apakah salah kalau Anda bekerja di perusahaan dan menjalani passion Anda di waktu luang?

Banyak orang mencari alasan seperti “saya harus mencari apa passion saya”, “saya harus mencari apa bakat saya”, dan “pencarian-pencarian bullshit” lainnya, padahal mereka sudah menemukan apa passion/bakatnya. Setiap hari Anda pasti melakukan sesuatu, lihatlah apa yang Anda lakukan sehari-hari, apa yang Anda lakukan dengan waktu Anda? Anda pasti memikirkan sesuatu, mengerjakan sesuatu, ada topik yang pasti menjadi minat dipikiran Anda, apa yang sering Anda diskusikan bersama teman/orang lain, lihatlah history browser Anda, apa yang mendominasi keseharian Anda, apapun itu yang Anda lakukan entah secara sadar atau tidak.

Passion sudah ada didepan mata Anda, hanya saja kita sering mengabaikannya, kita tidak betul-betul mencoba, kita masih menghindari kegagalan? Masalahnya bukan karena kurangnya passion, melainkan kemauan untuk bertindak, keinginan untuk mengambil resiko, dan keberanian untuk gagal.

Salah satu alasan terbesar seseorang menghindari passionnya adalah uang. Karena mereka merasa passion tersebut tidak bisa menghasilkan banyak uang. Lantas sejak kapan Anda harus menghasilkan uang dari passion Anda? Apakah saya menghasilkan banyak uang dari kegiatan ngeblog ini? No, bahkan sama sekali tidak. Saya suka menulis tentang pengalaman/opini dan tetap akan menulis entah menghasilkan uang atau tidak.

Ada 2 cara dalam menjalani passion Anda yaitu:

  1. Anda memonetize passion Anda (make money doing what you love).
  2. Anda bekerja/mencari uang untuk membiayai passion Anda (making money to do what you love).

Faktanya tidak ada yang 100% menyenangkan dalam hidup ini, Anda bisa saja bosan dengan passion Anda, Anda bisa bosan dengan pasangan hidup Anda, Anda bisa bosan dengan materi sebanyak apapun, that’s life, manusia tidak akan pernah puas, tidak ada yang namanya full passion dimana Anda tidak akan pernah jenuh sedetikpun dengan apa yang Anda kerjakan.

Kadang saya bosan dengan pekerjaan saya, kadang saya bosan dengan passion saya, karena itulah kita perlu keseimbangan, apakah Anda mau menjalani hidup dimana isinya 100% hanya kebahagiaan dan kesuksesan?

  • Kesuksesan tidak ada artinya jika Anda tidak pernah memahami arti dari kegagalan.
  • Kebahagiaan tidak ada artinya jika Anda tidak pernah memahami arti dari kesedihan.

Jika hidup ini hanya berisi kebahagiaan dan kesuksesan, lalu apa gunanya kita berusaha? Bukankah nikmat dari usaha itu adalah karena kita gagal berkali-kali dan akhirnya berhasil?

Lalu mengapa kita masih menghindari kegagalan? Mengapa kita takut mencoba?

Jangan sia-siakan waktu untuk mencari, passion sudah ada didepan mata, just do it.

  • Jika Anda harus mencari sesuatu untuk menikmati hidup ini, kemungkinan Anda tidak akan pernah menikmati apapun dalam hidup ini.
  • Jika Anda harus mencari kebahagiaan untuk bisa bahagia, kemungkinan Anda tidak akan pernah bahagia.
  • Jika Anda harus mencari passion untuk bisa sukses, kemungkinan Anda tidak akan pernah sukses.

Kenyataannya adalah Anda telah menemukan passion Anda, Anda telah menikmati banyak hal dalam hidup ini, namun ironisnya Anda terus mengabaikannya dengan terus mencari.

Berhentilah mencari.

Stop searching, start doing.

Good luck 🙂

berhenti mencari


Related Posts: