Arti Konsisten (Alasan Konsistensi Lebih Penting Dari Bakat / Luck)


Konsisten adalah kemampuan untuk terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian berhasil diraih, tidak ada satu hal didunia ini yang bisa menggantikan konsistensi. Bakat/talenta, skill, keberuntungan/luck, kepintaran, semua itu tidak ada artinya tanpa konsistensi, bahkan dalam kasus tertentu konsistensi bisa mengalahkan kualitas, kita sudah sering melihat daily vlogger yang isinya cenderung sampah bisa lebih sukses ketimbang konten kreator lain yang lebih berkualitas hanya karena mereka konsisten mengupload videonya setiap hari. Faktanya akan selalu ada orang yang lebih berbakat dari Anda, lebih kaya, lebih pintar, lebih baik, lebih rupawan, lebih kreatif, dan seterusnya, namun ada satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi lebih baik dari mereka yaitu Anda bisa lebih kuat bekerja/berusaha daripada mereka (konsisten). Komitmen pada sebuah usaha adalah satu-satunya jalan untuk Anda mengalahkan mereka-mereka yang lebih baik dari Anda.

They might have more talent than you, they might be smarter than you, they might be richer than you, they might be all of those things, but don’t let them outworked you. Mereka boleh saja lebih pintar, lebih kaya, lebih berbakat, dan lebih segalanya daripada Anda, tapi jangan sampai mereka mengalahkan Anda dalam hal konsistensi. Semua orang bisa menjadi konsisten, karena memang pada dasarnya konsistensi adalah sifat dasar manusia, ada orang yang konsisten malas-malasan dan ada orang yang konsisten terus bekerja.

Konsisten itu membosankan dan membuat Anda merasa seperti pecundang

Saya terus menulis diblog Solusik ini selama 2 tahun dan pastinya saya sering merasa bosan dan bahkan merasa seperti melakukan hal yang sia-sia (terutama diawal perjalanan ngeblog), namun saya terus konsisten membuat artikel dan tulisan-tulisan itu tetap terpublish di internet, hingga akhirnya sekarang blog ini memiliki 300 ribu visitor setiap bulannya, apakah Anda akan tetap ngeblog/menulis jika saya mengatakan Anda perlu waktu 2-3 tahun untuk bisa membuat blog yang sukses?


Most people wouldn’t do the work

Diluar sana banyak blogger yang lebih kaya, lebih punya modal, lebih berbakat, tulisannya lebih bagus, bahkan lebih populer/terkenal, namun sayangnya tidak banyak dari mereka yang konsisten menulis, itulah sebab sebagian besar dari mereka akan gagal, banyak sekali blogger-blogger top di Indonesia yang sudah tidak lagi mengupdate tulisannya, bahkan para master/suhu blogger yang suka berbagi tips internet marketing pun banyak yang hilang entah kemana, dan itulah sebabnya mengapa kita masih bisa sukses ditengah ketatnya persaingan dunia internet ini, bahkan blogger dan media yang menurut saya tulisannya kurang bagus/kurang berisi juga bisa lebih sukses ketimbang blogger lain yang berkualitas karena mereka lebih konsisten dalam menulis dan mengupdate websitenya, ya tidak heran akhirnya konsistensi juga bisa mengalahkan kualitas.

Pada awalnya konsistensi membuat kita merasa seperti pecundang, kita akan menghabiskan banyak waktu bekerja, bekerja, dan berusaha namun tetap merasa gagal, gagal lagi, dan terus merasa dibawah sampai akhirnya kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Melakukan sesuatu secara berulang-ulang dengan konsisten itu tentu membosankan, itulah sebab tidak banyak orang bersedia melakukannya, jadi jika Anda merasa tidak berbakat/hebat dalam bidang apapun, konsistensi akan membuat Anda menjadi lebih baik. Namun pastikan juga Anda konsisten dalam hal yang benar, karena konsisten/kerja keras pada hal yang salah justru akan menghabiskan waktu dan tenaga Anda secara sia-sia. Cobalah baca artikel dibawah ini untuk mengetahui apakah jalan yang sedang Anda ambil itu adalah langkah yang tepat atau tidak.

Baca juga: Apakah saatnya berhenti atau terus maju

Pada akhirnya kesuksesan bukanlah tujuan akhir hidup Anda, karena dibalik kesuksesan akan ada kesuksesan lain yang ingin Anda capai, kegagalan juga bukanlah akhir segalanya, karena dibalik kegagalan akan ada pintu baru menuju kesuksesan, apa yang terpenting adalah keberanian untuk terus maju dan menjalani hidup ini dengan konsisten.

Di Indonesia ada ribuan penulis/blogger yang lebih baik dari saya, mereka memiliki pengalaman yang lebih banyak, tulisan yang lebih bagus, modal yang lebih baik, namun begitu mereka berhenti menulis/menyerah disitulah saya siap untuk mengalahkan mereka, karena saya tidak lebih berbakat, tidak lebih pintar, tidak lebih hebat, namun saya akan bekerja lebih keras dan terus konsisten menulis, dan itulah sebabnya saya akan menang. You cant’ lose as long as you keep fighting, Anda tidak akan bisa kalah selama Anda masih terus berjuang dan berusaha.


Related Posts: