Apa Itu WordPress Hosting dan Perlukah Anda Menggunakannya


managed wordpress hosting adalahBelakangan ini banyak sekali perusahaan penyedia hosting yang menawarkan “WordPress Hosting” untuk para pemilik situs WordPress di Indonesia. Memang tidak dapat dipungkiri jumlah pemilik situs WordPress setiap hari semakin banyak dan diperlukan sebuah hosting khusus yang memadai untuk para pemilik/blogger WordPress tersebut.

Pada artikel kali ini saya akan bahas lengkap kelebihan dan kekurangan WordPress Hosting, perlukah blog/website Anda menggunakannya, termasuk beberapa situs penyedia WordPress Hosting Indonesia yang ada.

Biasanya para penyedia hosting akan menawarkan kepada Anda layanan WordPress Hosting dengan embel-embel yang tidak begitu penting seperti auto install/update WordPress, backup otomatis, security, dan semacamnya. Namun disini saya hanya membahas apa yang betul-betul penting (value) untuk blog Anda dan pertimbangan apakah Anda perlu menggunakan hosting tersebut atau tidak.

Pertama apa itu WordPress Hosting?


WordPress Hosting adalah sebuah layanan hosting yang dibuat khusus untuk para pengguna CMS WordPress sehingga para pemilik website bisa fokus pada konten blog/wordpressnya tanpa harus repot-repot mengurus masalah teknis seperti kecepatan loading (speed), keamanan (security), dan masalah resource limit yang membatasi.

Singkatnya hosting ini dibuat sedemikian rupa untuk menunjang performa sebuah situs WordPress semaksimal mungkin, mulai dari teknologi yang digunakan sampai arsitektur server semuanya didesain untuk keperluan situs WordPress, karena itu kadang disebut juga dengan istilah “Managed WordPress Hosting”.

Beberapa fitur utama (standar) yang bisanya ditawarkan adalah:

  • Resource limit yang jauh lebih besar
  • Setting dan penginstallan WordPress yang lebih mudah (setup tools/control panel khusus)
  • Auto update engine, plugin, dan theme
  • Auto backup
  • Keamanan yang lebih terjamin (virus & malware protection)
  • Free premium theme/plugin (tidak semua penyedia hosting memberikan fitur ini)

Kadang penyedia hosting juga menyediakan fitur-fitur lain seperti free SSL, setting CDN, dan sebagainya namun itu semua tidak begitu penting. Yang harus Anda perhatikan adalah resource limit yang mereka berikan karena inilah value utama dari WordPress Hosting yang akan Anda gunakan.

Setiap hosting memiliki resource limit yang berbeda-beda, jangan terpaku pada persentase resource yang mereka berikan mau itu 100%, 200%, unlimited dan semacamnya, server dan teknologi tiap hosting berbeda-beda karena itu jangan tertipu oleh besarnya persentase semata, yang harus Anda perhatikan adalah portofolio nyata dari pengguna WordPress Hosting tersebut.

Cobalah lihat pemilik situs lain yang sudah menggunakan jasa mereka dan lihat kecepatan loadingnya melalui website speed test seperti Google PageSpeed. Bandingkan kecepatannya dengan harga yang mereka tawarkan apakah worth it atau tidak.

Keuntungan utama menggunakan WordPress Hosting adalah resource limitnya yang tidak dibatasi sehingga kecepatan akses dan loading blog Anda bisa mencapai 5-10x lipat dari hosting yang biasanya, tetapi batasan sebenarnya ada pada disk space dan jumlah visitor yang mengunjungi blog Anda, selain itu harganya juga relatif lebih mahal.

Jumlah storage yang diberikan sangat kecil (sengaja dibatasi) dibandingkan paket shared hosting dengan harga yang lebih murah, selain itu beberapa penyedia WordPress Hosting ada juga yang membatasi trafik/jumlah visitor per bulan, jadi jika visitor (unique visitor) blog Anda melebihi kuota yang diberikan maka mereka akan menurunkan resource limitnya atau blog Anda jadi tidak bisa diakses.

Angka-angka yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Disk space yang diberikan
  • CPU sesuai kapasitas server hosting tersebut (number & percentage of CPU)
  • Besarnya RAM, virtual memory, physical memory, entry process, number of process, dan I/O
  • Batasan jumlah kuota visitor per bulan (jika ada)

Secara garis besar ada 2 batasan utama pada sebuah hosting yaitu resource limit dan disk space (storage). Jika Anda masih bingung mempertimbangkan antara resource limit dan disk space, berikut penjelasannya:

Jika blog Anda memiliki fitur-fitur theme/plugin yang berat dan dinamis (contoh seperti forum/marketplace) artinya aktivitas pengunjung blog Anda sangat tinggi dan sering terjadi perubahan pada situs Anda, maka saya sarankan Anda menggunakan hosting yang resource limitnya lebih besar. Resource inilah yang mempengaruhi kecepatan akses blog dan besarnya kapasitas visitor yang mampu Anda tampung secara bersamaan.

Sebaliknya jika blog Anda memakan banyak space karena jumlah konten yang sangat banyak tetapi situs Anda cenderung statis dan tidak memiliki fitur-fitur/plugin yang berat (misal seperti blog biasa dengan ratusan/ribuan artikel) maka saran saya Anda bisa akali kecepatan loadingnya dengan CDN/Cache dan pilih hosting yang disk spacenya lebih besar.

Jadi WordPress Hosting ini cocok untuk pemilik situs dengan aktivitas trafik yang tinggi seperti forum/marketplace termasuk blog dengan visitor yang sangat banyak, terlebih jika konten website Anda sering update dan berubah-ubah (dinamis).

keuntungan wordpress hostingInilah beberapa kelebihan dan kekurangan utama menggunakan WordPress Hosting:

+ Resource limit jauh lebih besar sehingga loading blog sangat cepat dan kuat menampung banyak pengunjung secara bersamaan.

+ Fitur penunjang WordPress seperti auto update dan backup (tidak begitu penting), fitur yang jauh lebih penting adalah dari sisi keamanannya yang lebih terjaga (advanced security).

– Harga yang relatif lebih mahal.

– Adanya batasan dalam bentuk lain, biasanya disk space yang diberikan jauh lebih kecil atau jumlah visitor per bulan dibatasi.

Sebagai penutup, inilah beberapa penyedia WordPress Hosting Indonesia yang bisa Anda jadikan pertimbangan (tidak ada link affiliate):

  1. Rumahweb (unlimited traffic)
  2. NiagaHoster (unlimited disk space)
  3. Beon (unlimited resource)

Perlu diperhatikan bahwa terkadang status “unlimited” bukan berarti betul-betul tidak terbatas, biasanya para penyedia hosting memang suka lebay mengatakan kapasitas yang sangat besar sebagai “unlimited”, jadi tidak ada salahnya Anda cek dulu melalui layanan CS mereka.

Menurut saya pribadi, WordPress Hosting dari Beon cukup bagus (no promo, just opinion) karena resource yang diberikan sangat besar sehingga akses blog Anda bisa sampai 10x lipat lebih cepat dibandingkan hosting lainnya. Namun sayang harganya relatif mahal dan yang lebih buruk ada batasan visitor setiap bulannya.

Ingat angka-angka yang harus Anda perhatikan diatas, terkadang beberapa pihak penyedia hosting kurang transparan terhadap angka resourcenya, jadi mintalah datanya dengan jelas berapa resource dan alokasi yang diberikan karena batasan sebenarnya ada pada angka-angka tersebut.

Sebagai estimasi blog ini menggunakan hosting dengan spesifikasi berikut:

  • Physical memory = 1 GB
  • Virtual memory = 2 GB
  • I/O = 200 MB

Karena konten blog ini statis (hanya artikel + plugin ringan seadanya) dan saya menggunakan plugin cache, blog Solusik mampu menampung sampai 5.000 visitor/hari dan 300 pengunjung bersamaan dalam 1 waktu. Biasanya kalau diatas itu blog akan mulai lemot, sulit diakses, dan yang paling buruk terjadi crash/eror karena resource limit.

Tentu masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti konten yang diakses dan sebagainya, tapi setidaknya Anda bisa mendapat sedikit gambaran dari ilustrasi yang saya berikan.

Jadi pikirkanlah dulu baik-baik sebelum memutuskan untuk menggunakan WordPress Hosting. Pahami dengan baik apa yang akan Anda beli dan apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan.


Related Post: